Tips & Trik Parent

Pentingnya Kedekatan Ayah dan Anak

Dalam sebuah keluarga, untuk mendapatkan anak yang memiliki karakter yang terbaik pasti membutuhkan kedua sosok orang tua baik itu ayah ataupun ibu. Namun terkadang dengan alasan kesibukan mencari nafkah, sosok ayah menjadi sangat jauh dari anak. Padahal sebenarnya ada banyak sekali hal yang hanya bisa dipelajari pada sosok ayah dan belum tentu didapatkan pada seorang ibu.

Sponsored: pemutih wajah

Pentingnya Kedekatan Ayah dan Anak

Pentingnya Kedekatan Ayah dan Anak inilah yang mengharuskan ayah harus meluangkan waktu paling tidak satu jam dalam sehari hanya sekedar bermain, bergurau ataupun bercerita pada anak. Apalagi untuk sosok seorang anak laki-laki dimana tentu akan sangat membutuhkan sosok ayah demi tumbuh kembang mereka. Berikut ini beberapa hal yang bisa dipelajari dari ayah oleh sosok anak laki-lakinya.

  1. Pembentukan Karakter

Bagian yang paling penting saat anak sedang mengalami masalah pertumbuhan adalah membentuk karakter agar mereka benar-benar menjadi anak yang berbakti dan sesuai dengan harapan orangtua. Bagi anak laki-laki, sosok yang paling dekat yang bisa ditiru adalah sosok ayah. Sifat-sifat mulai dari sifat jujur, pemberani, bertanggung jawab dan berbagai hal lainnya bisa dicontoh dari sosok ayah dimana mereka akan langsung merekam dan langsung melakukan apa yang ayah mereka lakukan. Jika tidak ada contoh yang dekat, pasti mereka akan meniru sosok lain yang bisa saja malah justru bertentangan dengan norma pada keluarga.

  1. Nilai Hidup

Sebagai sosok seorang pria yang paling dekat pada anak, ayah adalah contoh pertama yang langsung bisa mereka lihat. Sosok ayah yang baik pasti akan selalu memberikan contoh nilai-nilai hidup terbaik dimana hal tersebut bisa memotivasi anak untuk menjadi seperti ayah mereka. Mulai dari etos kerja yang tinggi, kedisiplinan dan berbagai hal lainnya adalah contoh dimana nilai hidup bisa langsung diserap oleh anak laki-laki dari ayahnya.

  1. Pembentuk Identitas

Sudah pasti, tanpa adanya identitas seseorang tidak akan bisa tampil dengan seutuhnya. Anak laki-laki yang memandang sesama lelaki seperti ayahnya pasti bisa menirukan bagaimana mereka seharusnya. Tanpa ada sosok ini yang mereka lihat, tentu akan membuat mereka kehilangan contoh dan panutan dan bahkan mereka bisa kehilangan identitas mereka. Hal ini bisa menjadi salah satu hal yang merugikan demi tumbuh kembang anak.

Anak laki-laki yang tidak mendapatkan sosok ayah tentu akan sangat berat dalam pembentukan identitas dan karakter. Sebagai contoh pertama bagi anak pastinya haruslah selalu ada menjadi contoh utama demi pembentukan karakter bagi anak. Dengan adanya sosok ayah pasti akan membuat mereka menjadi lebih lengkap dalam menjalani hidup dan mendapatkan jati diri seutuhnya.

 

Baca juga: Begini cara tepat untuk mengatasi Anak yang Susah Makan

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top