Entertaiment

Penting Menghindari Kebiasaaan Buruk Ini Mulai Sekarang

Disadari atau tidak kebiasaan sehari-hari akan berdampak pada nasib kita kedepan. Orang yang bekerja keras saat ini, kelak ia sukses di masa mendatang. Sebaliknya, orang malas, pasti masa depan suram. Maka ada beberapa kebiasaan yang harus dihindari. Apa alasan pentingnya menghindari kebiasaan buruk?

Pentingnya menghindari kebiasaan buruk

sponsor: kezia skin expert

Selagi kamu menghindari kebiasaan buruk, secara otomatis yang dilakukan ialah kebiasaan baik. Kebiasaan baik berpeluang besar mendapat kebaikan pula kedepannya. Lalu kebiasaan apa saja yang wajib dihilangkan?

  1. Tidak Ada Perencanaan

Tidak ada perencanaan/mengalir apa adanya merupakan salah satu kebiasaan mayoritas orang. Parahnya mereka sendiri tidak sadar akan pentingnya perencanaan. Salah satu kegunaan dari perencanaan ialah membantu dalam mengatur waktu dalam beraktivitas. Hari-harimu jauh lebih terarah.

Terdapat beberapa point di sebuah perencanaan:

  • Target: apa yang ingin kamu hasilkan
  • Kapan: waktu dan batas pencapaian target
  • List: apa saja yang harus dilakukan agar target tercapai
  1. Melakukan Hal-Hal Tak Berguna

Ini penting sekali. Jangan pernah melakukan kegiatan tidak berguna. Sebab selain tidak ada manfaat, waktumu terbuang percuma.

  1. Agendanya sih padat, tapi sudahkah produktif?

Nah…. Kamu sudah produuktif belum? Atau malah selama ini hanya sibuk tanpa menghasilkan apa-apa? Memang apa sih definisi produktif?  Banyak berpahaman jika banyak yang dikerjakan sama dengan produktif. Padahal belum tentu, lho. Karena ada kok pekerjaan-pekerjaan yang ternyata tidak membuahkan hasil sama sekali.

Sederhananya, produktif merupakan kondisi dimana setiap agenda yang kamu lakukan pasti menghasilkan sesuatu. Tida melulu uang, bisa juga berupa perubahan labih baik dari kondisi sebelumnya.

Sesekali setiap daftar agenda kamu cek apakah sudah produktif atau belum. Sayang, kan, waktumu habis untuk hal-hal tidak berguna (baca: tidak produktif)

  1. Bangun Kesiangan

Kamu sering bangun kesiangan? Wah… mulai sekarang hindari, deh. Terlambat bangun tidur hanya akan menyita waktumu. Waktu yang seharusnya bisa banyak kamu gunakan untuk beraktivitas, malah terbuang karena tidur. Misalnya, jam kerja pukul 08.00, tapi bangunnya pukul 06.30. Dtambah dengan waktu untuk mandi, makan pagi dan persiapannya. Akhirnya terburu-buru untuk datang ke tempat kerja. Belum lagi kalau terjebak macet di jalan. Kondisi begitu dapat mempengaruhi mood. Jalan macet, mood ikuta buruk. Padahal pagi hari seharusnya kamu lewati dengan mood bagus juga pikiran jernih.

Adapun tips-tips agar bisa bangun pagi:

  • Jangan tidur terlalu malam. Ini yang kerap membuat kita sulit bangun pagi
  • Pasang alarm.
  • Jangan mematikan alarm. Namun kamu harus langsung bangun, kemudian gerakan badan sedikit atau minum air putih, supaya mata segar.
  1. Gemar Tidur Larut Malam

Kenapa sih kok dilarang tidur larut malam? Tidur larut malam, akan menyebabkan waktu istirahatmu berkurang. Lalu kurangnya jam istirahat akan menyebabkan kondisi tubuh kurang fit, sehingga lebih mudah sakit. Ketika sakit atau lemas kerja otak pun tidak akan maksimal. Ingat bahwa keadaan fisik dapat mempengaruhi kerja otak. Pada akhirnya kamu tidak bisa bekerja secara optimal.

Kalau kamu senang tidur larut malam, bila tidak ada kebutuhan mendesak, hindari deh mulai saat ini. Beberapa penelitian menyebutkan orang yang suka di larut malam tidurnya mudah terserang berbagai penyakit. Kesehatan lebih penting dari selainnya. di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Lantas bagaimana caranya supaya waktu tidur teratur? Berikut tips yang dapat kamu terapkan:

  • Selesaikan pekerjaan sebelum jam tidur agar bisa tidur lebih awal.
  • Bila ada pekerjaan yang belum terselesaikan, akan lebih baik tunda dulu, baru pukul tiga dini hari bangun untuk melanjutkannya. Seperti ini lebih baik daripada tidak tidur semalaman.
  • Namun apabila masalahnya karena sulit tidur, sebelum istirahat konsumsi makan dan minuman yang bisa membuat tidur nyenyak. Salah satunya susu. Susu akan membantumu supaya lebih cepat tidur.
  1. Pelit Senyum

Simpel sih, tapi ternyata cukup banyak manfaatnya. Menurut hasil sebuah penelitian bahwa senyum dapat menurunkan kadar hormon seperti stres seperti kortisol dan adrenalin. Makanya sewaktu tersenyum dan tertawa membuat kita jadi riang. Sehingga secara tidak langsung akan memberikan energi positif. Dengan energi positif tersebutlah kita dapat melalui hari-harimu dengan bahagia. Sudah pasti pantang menyerah sesulit apapun masalahnya. Kamu pun akan selalu dalam keadaan optimis.

Mulai sekarang jangan segan-segan menyapa dan tersenyum pada orang-orang sekitarmu, ya.

  1. Suka Menunda-Nunda

Kamu suka tunda-tunda? Duh, mulai saat ini jangan dilakukan lagi, ya.

Kan sayang, sudah buat perencanaan, tapi tidak dijalankan. Kalau kamu sudah membuat rencana, ya berarti harus bertanggung jawab dengan rencana yang kamu canangkan. Jangan ditunda-tunda. Karena semakin ditunda, pekerjaan terbengkalai dan bertambah banyak. Serta waktumu pula akan terbuang sia-sia.

Menjalankan rencana dengan baik juga mengajarkanmu untuk disiplin dan tanggung jawab. Dua hal itulah modal awal yang wajib dimiliki untuk meraih kesuksesan.

Supaya tidak menunda:

  • Keras pada targetmu
  • Pikirkan dampak panjang jika terus menunda
  • Hukum dirimu sendiri apabila melakukan sekali menunda pekerjaan
  1. Tidak Menerima Evaluasi

Ya sih, kadang mendengar kritik dan saran itu menyakitkan. Tapi kritik dan saran juga diperlukan, lho. Ada beberapa manfaat dari evaluasi:

  • Mengetahui letak kesalahan
  • Dapat menelusuri sumber masalahnya

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top