Parenting Info

Pendidikan Dasar yang Penting Untuk Anak

Sangat penting bagi seorang anak untuk dibekali dengan berbagai jenis pendidikan dasar. Bukan hanya dari sekolah saja, tetapi berbagai Pendidikan Dasar yang Penting Untuk Anak  ini juga harus mulai diterapkan oleh orangtua dan lingkungannya. Nilai-nilai pendidikan dasar ini menjadi satu bekal nantinya untuk anak bisa hidup menjadi orang yang lebih baik dan menjadi sosok yang baik di masa yang akan datang.

Pendidikan Dasar yang Penting Untuk Anak

Sponsored by: perawatan wajah

Membentuk pendidikan dasar pada seorang anak bisa dikatakan sebagai hal yang susah-susah gampang. Tanpa ada bekal apa saja yang sekiranya yang memang harus menjadi nilai dasar pada anak, tentu hal ini akan menjadi sulit. Terutama untuk orang tua yang baru saja memiliki anak untuk pertama kalinya bisa jadi masih sangat bingung untuk memberikan pendidikan dasar seperti apa yang akan diajarkan dan diterapkan pada anak. Berikut ini berbagai pendidikan dasar yang harus mulai ditanamkan sejak dini pada anak.

1. Hidup Mandiri

Kemandirian bukanlah yang salah jika mulai diperkenalkan sejak dini pada anak. Justru jika kemandirian ini telat untuk diajarkan akan membuat anak menjadi pribadi yang terlalu manja dan terlalu bergantung kepada orang lain. Dibandingkan melihat anak menjadi sosok yang kurang mandiri dan bahkan cenderung manja, sebaiknya segera beritahu dan ajarkan tentang bagaimana sifat kemandirian yang baik itu. Anak yang terlalu bergantung dengan orang lain terutama dengan orang tua akan memberikan berbagai efek yang kurang baik untuk anak. Oleh karena itulah mulai ajarkan dari hal yang kecil misalnya merapihkan mainan setelah bermain, merapikan tempat tidur dan berbagai hal lainnya yang akan menciptakan suasana mandiri dari dalam diri anak.

2. Menjadi Teladan yang Baik

Dibandingkan dengan terus menasehati anak tanpa mempraktekkan sebaiknya sebagai orangtua juga harus bisa memberikan contoh yang baik kepada anak. Dengan terus mendorong anak dengan perbuatan yang baik yang dicontohkan oleh orangtuanya akan mendorong anak untuk melakukan hal yang sama. Tanpa diberitahu anak juga akan temotivasi untuk bisa menjadi sosok yang bisa memberikan teladan yang baik bagi teman ataupun lingkungannya. Hal ini sangat penting untuk diberitahukan pada anak sejak dini supaya anak tetap bisa menjadi sosok yang baik dan bisa menjadi contoh bagi orang sekitarnya. Dengan sifat dasar ini maka anak bisa menjadi seseorang yang berbudi pekerti baik, sopan dan santun dengan berbagai tindakannya. Ia selamanya akan bertekad untuk bisa menjadi pribadi yang baik dan menjadi tauladan bagi lingkungan dan keluarganya.

3. Menabung

Untuk melatih anak supaya tidak menjadi pribadi yang boros dan menghambur-hamburkan uang ketika ia bisa mendapatkannya dengan jerih payahnya sendiri nanti, maka sebaiknya selalu ajarkan supaya bisa untuk menabung. Bisa saja menabung dengan menggunakan celengan yang diletakkan dikamarnya dan jika ketika ia sudah beranjak lebih besar bisa membuka rekening sendiri. Sesekali juga persilahkan anak untuk membeli barang-barang yang ia inginkan dengan menggunakan uang yang sudah ia tabung tersebut. Dengan begitu ia akan jadi tahu apa manfaat dari menabung dan bagaimana keseruan dala menabung hingga membuatnya bisa mendapatkan barang-barang yang ia inginkan.

4. Mengurus Diri Sendiri

Hampir sama dengan mandiri, tetapi dalam hal ini memiliki arti yang lebih luas. Pendidikan dasar yang perlu ditanamkan pada seorang anak adalah jangan sampai anak tidak bisa mengurus dirinya dengan baik. Ia harus diajarkan dari awal untuk mengurus dirinya termasuk menjaga dirinya dari berbagai bahaya yang bisa mencelakannya kapan saja. Anak juga harus bisa mengatur waktunya dengan baik sebagai salah satu hal yang juga termasuk dalam mengurus diri sendiri. Misalnya saja saat akan sekolah, pastikan jika anak tahu harus bangun jam berapa dan harus berangkat jam berapa. Ia harus bisa untuk merencanakan sendiri tentang berbagai hal yang berhubungan dengan dirinya. Hal ini nantinya akan menjadi kebiasaan baik untuknya supaya lebih bisa dalam mengurus dirinya sendiri.

5. Berkomunikasi dan Bertutur yang Baik

Komunikasi adalah jembatan utama untuk bisa membuka pintu pertemanan dan sosialisasi kepada orang lain. Komunikasi yang baik akan membuat anak bisa mudah bergaul sehingga ia mudah diterima di lingkungannya yang baru dan bisa untuk mendapatkan teman yang baik dan dalam jumlah yang banyak. Sebaiknya ajarkan dari sedini mungkin untuk anak bisa berbicara dengan sopan, bagaimana bercakap dengan orang lain dan bagaimana mengajak kenalan dengan orang yang baru ia kenal. Dari sini ia akan terbiasa untuk berani untuk memulai komunikasi terlebih dahulu dan ia pun akan tumbuh menjadi orang yang bisa dengan mudah bergaul di lingkungan barunya.

6. Menjaga Kesehatan dan Keselamatannya

Sangat penting nih untuk bisa membuat anak bisa paham sejak awal tentang pentingnya kesehatan dan keselamatan dari dirinya. Orang tua bisa mengajarkan dengan cara-cara yang mudah yaitu dengan mengatur pola makan yang bagus, pola tidur yang tepat, akvitias yang sehat, olahraga, makanan yang sehat dan lain sebagainya. Dengan memperkenalkan berbagai hal ini maka akan membuat anak bisa lebih menjaga kesehatannya dengan baik dan bahkan anak tak akan segan untuk melakukannya hingga ia beranjak besar nantinya.

7. Transaksai Keuangan

Bukannya mengajarkan anak untuk menjadi sosok yang mata duitan, tetapi mengajarkan tentang bagaimana bertransaksi keungan dengan baik juga menjadi satu hal yang sangat benting untuk diketahui. Anak bisa dikenalkan dengan bagaimana berbelanja di toko atuapun dipasar modern. Dengan mengenalkan tentang transaksi keuangan ini juga bisa membuat anak lebih menghargai uang sehingga ia nantinya tak akan tumbuh menjadi pribadi yang boros.

Memberikan pendidikan dasar pada anak memang menjadi satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pendidikan dasar adalah bekal untuk anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang baik nantinya. Oleh karena itu, ajarkan anak dengan berbagai hal tersebut hingga nanti ketika ia dewasa ia akan tumbuh menjadi pribadi yang baik.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top