Inspiration

Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Di Bulan Ramadhan

Benar bila bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Nyatanya banyak para pedagang menggelar dagangannya di bulan ini dan berkahpun melimpah ruah. Selain itu, bulan Ramadhan juga bulan spesial yang penuh momen bahagian dan kebaikan. Selain menahan haus dan lapar, di bulan ini kita juga bisa mengambil banyak pahala seperti bersedekah, memberi takjil atau bertarawih dan mengaji.

Sponsor: cream perawatan wajah

Sangat disayangkan jika kita tidak mencari berkah dengan memanfaatkan bisnis. Bagi Anda yang berminat untuk mencari penghasilan tambahan, beberapa peluang bisnis yang menjanjikan di bulan Ramadhan bisa dicoba seperti:

Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Di Bulan Ramadhan

1. Jualan Takjil dan Minuman Segar

Takjil dan minuman segar merupakan menu wajib dan popules disaat puasa. Banyak para pedagang mengambil kesempatan untuk berjualan takjil dan minuman. Kedua menu ini tidak membutuhkan modal besar, namun hasil yang bisa didapat bisa berkali lipat. Untuk mengambil peluang bisnis, takjil dan minuman segar adalah hidangan sangat cocok untuk berbuka puasa. Cobalah berjualan di pinggir jalan, halaman rumah atau tempat kerja. Tak hanya menambah penghasilan juga membantu mereka sibuk menyiapkan takjil.

Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Di Bulan Ramadhan

2. Usaha Catering Makanan

Ingin buka usaha catering makanan, kayaknya Anda bisa memulainya di saat puasa. Tak butuh waktu lama usaha pun sedikit demi sedikit mulai dikenal dan dicari pelanggan. Banyak orang yang sibuk dengan segudang aktivitasnya sehingga tidak sempat menyiapkan sarapan untuk berbuka ataupun sahur. Selain itu, tak sedikit orang yang malas atau tidak punya waktu menyiapkan makanan untuk keluarga di hari puasa. Momen ini bisa digunakan untuk menambah tabungan lebaran dengan cara berjualan makanan siap saji. Anda juga bisa menyediakan jasa antar makanan untuk mempermudah orang-orang yang sibuk. Usaha ini bisa menggunakan biaya modal yang bervariasi tergantung jenis makanan yang disajikan dan bahan makanan seperti bumbu juga harus diperhitungkan.

Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Di Bulan Ramadhan

3. Menjajakan Buah-Buahan

Selama puasa banyak orang sibuk mencari buah untuk menu berbuka dan pencuci mulut. Buah juga bagus untuk pencernaan dan memberikan asupan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Anda bisa mencoba berjualan buah-buahan untuk di saat puasa. Bisnis ini termasuk yang munguntungkan dengan modal yang bervariasi tergantung jenis buah yang dijual. Bisa juga dengan membelinya langsung ke petani buah untuk mendapat harga yang murah. Beberapa buah favorit di bulan puasa yaitu kolang-kaling, timun suri, blewah atau semangka.

Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Di Bulan Ramadhan

4. Membuat Kue Kering

Seberapa sering Anda menemukan tumpukan kue kering berjajar disepanjang kios, supermarket atau basar di jalanan? Yah usaha kue kering di bulan puasa adalah peluang yang menjanjikan bagi para pengusaha rumahan. Tak perluenunggu jadi usahawan besar, dengan modal keterampilan dan pandai meracik adonan, Anda pun bisa memanfaatkan diri membuat aneka kue kering. Kue kering adalah makanan wajib di Hari Raya Idul Fitri, sehingga peminatnya pun ikut bertambah terutama menjelang lebaran. Kue kering juga sering dijadikan parcel untuk keluarga atau rekan kerja. Atau bisa sekalian membuka jasa pembuat parcel kue, parcel buah atau parcel perlengkapan lebaran. Jadi, Anda yang mahir membuat kue kering dan bisa mendesain parcel, bisa gunakan peluang usaha ini selama Bulan Ramadhan.

Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Di Bulan Ramadhan

5. Menjual Busana Muslim dan Perlengkapan Shalat

Berjualan buasa, adalah peluang bisnis yang tak ada matinya. Menjelang lebaran, ada banyak orang yang mencari busana muslim dan perlengkapan shalat. Bahkan selama puasa pun, harga busana dan pakaian yang dijual akan meningkat hingga 2 kali lipat. Maka tak heran, banyak pebisnis pakaian mendapat omset mencapai jutaan hingga ratusan juta di bulan puasa. Meski untuk memulai bisnis ini dibutuhkan modal besar, tapi keuntungan yang diraup juga sangat menjanjikan. Anda mungkin membutuhkan modal minimal sekitar 10-20 juta rupiah untuk busana muslim dan perlengkapan slahat.

Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Di Bulan Ramadhan

6. Rental Mobil

Memasuki lebaran, tak sedikit orang menggunakan jasa rental mobil untuk pulang ke kampung halaman. Rental mobik di hari lebaran juga bisa dipakai untuk acara halal-bihalal keluarga besar. Karena tak semua orang memiliki mobil atau kendaraan umum yang bisa mengangkut satu keluarga, maka Anda bisa manfaatkan kendaraan pribadi untuk dijadikan persewaan. Jika pesanan banyak sementara kendaraan Anda tak cukup, maka bisa join bersama teman atau rekan yang memiliki kendaraan dan sedang tidak terpakai. Sementara bila Anda tidak memiliki mobil untuk dirental, namun berbakat menyupir maka bisa membuka jasa supir.

Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Di Bulan Ramadhan

7. Berjualan Ketupat

Ketupat memang identik dengan Hari Raya Idul Fitri. Sehingga banyak orang mencari ketupat untuk dijadikan hidangan lebaran. Jika Anda bisa bisa membuat ketupat, maka jadikan peluang bisnis di hari raya bisa jadi pilihan untuk mencari penghasilan tambahan. Modal yang bisa digunakan yaitu, daun kelapa yang sudah dibentuk model ketupat, beras untuk isian, dan juga sayur ketupat. Modal yang Anda butuhkan untuk satu ketupat sekitar 2000 rupiah atau sesuai harga pasar.

Sebenarnya masih banyak peluang usaha menjanjikan yang bisa Anda lakukan di bulan puasa. Yang paling penting adalah tekun dan pandai melihat kesempatan adalah kunci suksesnya. Jika ingin peluang dan jasa lebih terjangkau oleh banyak calon pelanggan, Anda bisa mencoba memanfaatkan situs jasa online seperti media sosial dalam mempromosikan bisnis lebaran. Semoga beberapa bisnis unik diatas bisa menginspirasi. Selama berbisnis!

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top