Career Tips

Pedoman Berkarir Untuk Lulusan Baru

Salah satu tantangan bagi lulusan baru setelah menyelesaikan studinya adalah mendapatkan pekerjaan. Ya, mimpi lulusan baru adalah mendapatkan pekerjaan yang layak yang berada di perusahaan multinasional, berperan dalam posisi yang tepat, serta dapat menyesuaikan diri dengan mudah pada lingkungan pekerjaan yang baru. Apakah mimpi tersebut adalah salah satu mimpi yang mustahil untuk dicapai? Jawabannya bisa ya ataupun tidak. Anda tentu tidak akan bisa mencapai mimpi tersebut jika tidak memiliki beberapa skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Namun, jika Anda merupakan mahasiswa yang berwawasan luas dan mau mencari tantangan, maka mimpi tersebut dapat menjadi kenyataan. Berikut kita akan membahas beberapa pedoman berkarir untuk lulusan baru yang tentu saja akan membantu Anda untuk merealisasikan mimpi yang Anda miliki. Simak ulasan singkat mengenai hal tersebut di bawah ini. Selamat membaca.

Pedoman Berkarir Untuk Lulusan Baru.2

Sponsor : kezia skin expert

  1. Menejemen waktu yang baik

Salah satu dasar skill yang sangat penting dan harus menjadi prioritas bagi fresh graduated adalah menejemen waktu yang baik. Menejemen waktu adalah hal yang sangat penting dan akan mempengaruhi kesuksesan Anda di masa yang akan datang. Memang, pembagian waktu yang benar menjadi sesuatu yang sulit dan bahkan masalah yang sangat besar bagi seorang fresh graduated karena mereka cenderung hidup dengan sangat santai di waktu akhir perkuliahan. Nah, saat Anda sudah menyelesaikan studi Anda, tentu saja hal ini akan menjadi salah satu pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima Anda. Ketahuilah bahwa perusahaan memiliki aturan mereka sendiri yang mungkin berbeda dengan peraturan di tempat Anda kuliah sebelumnya. Jika Anda masih susah mengatur waktu anda, maka mulai sekarang Anda harus berusaha untuk lebih baik.

  1. Berani berinisiatif

Harapan dari Anda yang memiliki pendidikan yang lebih tinggi saat Anda lulus adalah memiliki inisiatif yang lebih. Inisiatif atau keberanian untuk berbuat lebih adalah salah satu hal yang biasanya dituntut oleh perusahaan dimana Anda akan bekerja. Persaingan di dunia kerja memang sangat besar dan berat. Jika Anda ingin mengalahkan pesaing Anda dan mendapatkan posisi Anda yang lebih baik, maka Anda harus memiliki inisiatif yang besar untuk berubah. Inisiatif ini akan melahirkan inovasi yang baru yang tentu saja akan dibutuhkan perusahaan untuk memperbesar pasar dan meningkatkan kinerja. Jangan pernah takut untuk mengambil sebuah tanggung jawab yang baru untuk menangani sebuah proyek. Kemampuan Anda akan di uji dengan tanggung jawab tersebut.

  1. Keseimbangan hidup

Banyak mahasiswa yang memiliki cita-cita untuk hidup bebas tanpa ikatan apapun. Hal ini tentu merupakan kesalahan jika Anda melakukannya. Dalam dunia kerja, keseimbangan dalam hidup adalah hal yang paling penting dan dapat menunjang karir Anda selanjutnya. Keseimbangan hidup yang dimaksud di sini adalah kemampuan Anda untuk bisa membagi prioritas antara kehidupan pribadi dan juga kehidupan di dunia kerja Anda. Anda memang dituntut untuk bersikap professional dimana Anda tidak bisa mencampur kehidupan Anda di dunia kerja dengan kehidupan pribadi Anda. Dengan keseimbangan yang sudah tertata dan terpola, tentu saja perusahaan akan lebih merasa percaya pada Anda dan tidak segan memberikan banyak proyek pada Anda. Pola pikir Anda saat kuliah dan mencari kerja tentu harus bisa dibedakan.

  1. Memperluas wawasan

Memiliki wawasan yang luas adalah salah satu kelebihan bagi seorang fresh graduated yang tentu akan membuatnya semakin diminati oleh perusahaan tempat dimana ia akan bekerja. Wawasan yang luas tentu akan sangat membantu perusahaan untuk memperluas jaringan dengan ide-ide brilian yang Anda miliki. Nah, oleh karena itu, jadilah seorang fresh graduated yang berwawasan. Di sisi lain, Anda juga seharusnya senantiasa peka dengan perkembangan informasi atau ilmu pengetahuan yang ada. Jadilah terbuka terhadap semua hal, baik perubahan sosial atau pengetahuan yang ada. Namun, jangan hanyut dalam keterbukaan tersebut. Perusahaan akan lebih mempercayakan pekerjaan pada seseorang yang senantiasa terbuka namun cenderung memiliki prinsip dalam menjalani kehidupannya.

  1. Mudah berkomunikasi

Salah satu soft skill yang sangat penting dalam dunia pekerjaan adalah komunikasi. Komunikasi menjadi faktor yang sangat penting dan memiliki pengaruh yang cukup besar dalam kesuksesan Anda saat berkarir. Dengan komunikasi yang lancar, tentu saja Anda akan lebih bisa mengeluarkan ide-ide Anda menjadi sebuah rencana yang matang dan bagus untuk keberlangsungan pekerjaan Anda. Salah satu masalah yang sering dialami oleh seorang fresh graduated adalah kemampuan public speaking yang masih kurang. Padahal, perusahaan memerlukan seseorang yang memiliki skill public speaking yang bagus, terutama untuk presentasi di depan rekanan perusahaan. Oleh karena itu, Anda tentu harus selalu melatih kemampuan public speaking Anda sejak dini.

Beberapa hal di atas menunjukkan skill yang cukup penting untuk Anda miliki saat Anda hendak mencari pekerjaan yang baru setelah lulus perkuliahan. Iklim dunia kerja tentu saja sangat berbeda dengan dunia perkuliahan dan Anda harus bisa menghadapinya. Persiapkan diri Anda dengan baik untuk meraih kesuksesan pada karir yang akan datang. Karena kesuksesan bisa Anda raih mulai sekarang dengan memperhatikan beberapa hal di atas. Selamat berkarir.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top