Olahraga

Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Lupus

 Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Lupus

Lupus merupakan suatu penyakit terbilang kronis dimana ia akan membuat sistem imun tubuh tidak mampu mengenali jaringan tubuhnya sehingga menyerang dan merusak sendiri jaringan tubuh yang normal. Orang dengan penyakit ini biasanya mudah merasa lelah sehingga memilih olahraga untuk penderita lupus yang tepat bermanfaat guna membantu meringankan gejala. Justru dengan memenuhi latihan fisik bisa meningkatkan kebugaran tubuh meski sistem imunnya sedang bermasalah.

Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Lupus

Sponsor: perawatan wajah

Manfaat olahraga untuk penderita penyakit lupus

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kebugaran tubuh. Melakukan olahraga justru tidak akan membuat kondisi tubuh penderita lupus melemah justru sebaliknya. Sangat salah jika beranggapan jika penderita lupus harus menghindari kegiatan fisik semacam olahraga. Manfaat olahraaga bagi penderita lupus diantaranya:

Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Lupus

  • Membuat tulang lebih kuat dan tubuh fleksibel

Lupus adalah suatu penyakit inflamasi kronis yang menyerang beberaoa organ dan jaringan tubuh seperti kulit, sel darah, paru-paru dan jantung serta sendi. Jika lupus menyerang bagian sendi dan tulang maka penderitanya bisa mengalami nyeri dan kaku pada otot. Olahraga merupakan salah satu terapi bagus untuk membuat otot dan sendi kembali rileks dan fleksibel. Bahkan dengan berolahraga secara rutin, gejala nyeri pada otot bisa berkurang dengan sendirinya. Untuk bisa melakukan olahraga dengan aman, pilih jenis olahraga ringan seperti lari, jogging atau bersepeda.

Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Lupus

 

  • Meningkatkan dan menjaga kesehatan mental

Olahraga bagi penderita lupus bermanfaat untuk menyehatkan mental. Menurut penelitian, sebanyak 60 persen penderitanya mengalami sakit kronis yang berakibat pada masalh mental seperti depresi ringan hingga berat. Olahraga bisa mengembalikan mental si penderita sehingga dapat berfungsi dengan normal. Menurut studi pada British Journal of Sports Medicine , melakukan aktivitas fisik sekitar 20 menit selama seminggu bisa membantu memperbaiki gangguan mental pada penderita  lupus kronis. Olahraga yang cocok adalah yoga atau tai chi.

Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Lupus

  • Menurunkan rasa lelah dan letih

Penderita lupus lebih banyak merasakan lelah dan letik ketika melakukan sesuatu, sehingga ia lebih memilih untuk menghindari olahraga. Justru sebaliknya, olahraga membantu memulihkan kondisi tubuh. Penelitian ini telah dibuktikan oleh lebih dari 70 penelitian yang menyebutkan saran yang sama bahwa dengan berolahraga secara rutin justru sangat ampuh mengatasi lelah. Untuk menjalankan program latihan, harus membutuhkan perencanaan agar penderita penyakit lupus tidak mengalami gangguan lain pada kesehatan. Atasi rasa lelah dengan peregangan, jogging atau latihan kelenturan.

Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Lupus

  • Mencegah berbagai efek samping dari pengobatan

Olahraga ternyata bisa menjadi terapi atasi efek samping penggunaan obat-obatan medis. Penderita lupus biasanya memerlukan obat khusus seperti prednison. Obat ini bisa menaiknya berat badan, bahkan efek samping lain bisa memicu timbulnya tekanan darah yang tinggi, kadar kolesterol dan gula darah. Mengkonsumsi obat jenis steroid ini bisa juga meningkatkan nafsu makan sehingga beradampak pada peningkatan berat badan. Untuk menjaga berat badan tetap normal, dibutuhkan olahraga rutin. Ada banyak pilihan olahraga penurun berat badan seperti aerobik ringan, berenang, atau jogging.

Demikian manfaat penting melakukan olahraga yang justru baik bagi penderita penyakit lupus. Olahraga bisa dilakukan kapan dan dimana saja asal tidak memberatkan si penderita. Untuk itu, lakukan gerakan yang ringan dan mudah dilakukan. Semoga informasi kali ini bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top