Info Kedokteran

Olahraga Unik Untuk Kesehatan Mata

Kita tahu bahwa mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Adanya mata membuat kita menjadi lebih mudah untuk menjalani aktivitas kita sehari-hari. Selain itu, mata juga bisa membuat kita melihat birunya langit dan cantiknya senja. Selain fungsinya yang sangat penting, mata juga tergolong salah satu organ tubuh yang sangat sensitive. Banyak gangguan mata terjadi disebabkan oleh beberapa hal, seperti iritasi pada mata karena debu, mata merah karena kelelahan, dan lain sebagainya. Fakta tersebut membuat kita tentu harus menjaga kesehatan mata kita. Mengkonsumi makanan sehat yang mengandung vitamin A merupakan salah satu cara menjaga kesehatan mata yang sangat baik. Selain itu, Anda juga sebaiknya melakukan olahraga mata. Nah, ada beberapa olahraga unik untuk kesehatan mata yang bisa Anda lakukan setiap hari demi kesehatan mata yang lebih terjaga. Lihat paparan singkat di bawah ini.

Olahraga Unik Untuk Kesehatan Mata.2

Sponsor : pemutih wajah

  1. Membaca koran jarak jauh

Salah satu jenis olahraga mata yang bisa Anda lakukan setiap hari dengan sangat mudah adalah membaca koran jarak jauh. Ide ini sangat tepat bagi Anda yang memiliki pekerjaan di depan komputer. Layar komputer memang terkadang akan membuat mata menjadi lebih mudah lelah dan membuat kepala menjadi pusing. Cara melakukan olahraga ini cukup mudah, yakni dengan menempelkan selembar koran atau tulisan lain, di dinding berjarak sekitar 2,5 meter dari tempat kerja Anda. Setiap 10 menit saat Anda menatap layar komputer, hentikan pekerjaan Anda sebentar dan baca tulisan di koran atau kertas yang sudah Anda tempelkan tadi. Selain mencegah mata lelah dan kepala yang pusing, olahraga mudah ini dapat secara efektif menurunkan resiko pandangan mata yang kabur yang banyak diderita oleh para pekerja di depan komputer.

  1. Mengikuti sorot lampu pada senter

Olahraga yang dilakukan pada mata salah satunya adalah fokus untuk menguatkan otot mata Anda. Otot mata yang sehat tentu saja akan membuat mata lebih bening memandang sesuatu dan menurunkan resiko rabun jauh yang bisa saja terjadi. Nah, untuk tujuan ini, Anda bisa melakukan olahraga mata dengan cara mengikuti sorot lampu pada senter tersebut. Caranya tentu saja sangat mudah, yakni hanya denga menyorotkan senter di dinding rumah Anda. Lakukan gerakan menyapu pada senter tersebut dan ikuti gerakan sorot lampu dengan mata Anda tanpa memalingkan kepala. Akan lebih baik jika Anda menyuruh teman Anda untuk memegang senter. Latihan yang teratur akan memberikan manfaat yang cukup besar bagi kesehatan otot mata Anda.

  1. Membuat untaian manik-manik

Ide olahraga mata yang lain yang cukup unik untuk Anda lakukan di rumah dengan cara yang cukup mudah adalah dengan membuat untaian manik-manik. Ya, ide ini tentu saja sudah cukup familiar bagi Anda. Dengan membuat untaian manik-manik, Anda sebenarnya juga bisa menyalurkan hobi Anda untuk membuat beberapa aksesoris unik yang dapat Anda gunakan sendiri. Lantas, apa manfaat ide ini bagi mata Anda? Dengan membuat untaian manik-manik, sebenarnya Anda belajar fokus pada sebuah benda. Dengan menyusun manik-manik yang berukuran kecil, tentu secara tidak langsung kita dapat meningkatkan fokus bola mata kita pada manik-manik tersebut. Dengan fokus mata yang terjaga, tentu mata akan selalu awas pada benda di sekitar Anda dan resiko rabun dapat diatasi dengan cukup baik.

  1. Memutar mata perlahan-lahan

Seseorang biasanya akan memutar mata sebagai salah satu ekspresi kekesalannya terhadap sesuatu. Namun, disadari atau tidak, memutar mata merupakan salah satu jenis olahraga mata yang sangat menarik untuk dilakukan. Ya, dengan memutar mata, Anda dapat meningkatkan daya penglihatan Anda secara efektif dan sangat mudah. Memutar mata tidak hanya meningkatkan daya penglihatan tetapi juga memperkuat sekaligus menjaga tingkat elastisitas otot mata Anda. Nah, Anda hanya perlu memutar bola mata Anda ke kiri lalu ke kanan. Ulangi gerakan ini sekitar 5 hingga 10 kali. Setelah itu, ubah arah putara bola mata dari kanan ke kiri dan lakukan dengan jumlah yang sama. Tidak perlu banyak waktu dan persiapan khusus untuk melakukan ide ini.

  1. Membuka mata lebar-lebar

Ide olahraga mata terakhir yang dapat Anda lakukan dengan sangat mudah setiap hari adalah dengan membuka mata lebar-lebar. Ya, membuka mata lebar-lebar sesekali merupakan salah satu tindakan yang cukup baik untuk kesehatan mata Anda. Dengan membuka mata lebar-lebar, Anda sudah berusaha untuk menjaga kondisi otot mata Anda agar tetap elastis. Selain itu, gerakan membuka mata lebar-lebar ini juga dapat menjadi solusi tepat untuk mengurangi resiko mata lelah. Anda tentu juga bisa mengkombinasikannya dengan gerakan sebaliknya, yakni memejamkan mata dalam-dalam. Lakukan gerakan-gerakan mudah ini jika Anda merasa mata Anda sedikit lelah karena terlalu lama memandang layar komputer atau hal lainnya. Disarankan untuk melakukan gerakan ini sebanyak 5 kali dalam satu sesi dengan masing-masing gerakan ditahan 5 detik.

Beberapa olahraga mata yang dijelaskan di atas tentu dapat Anda manfaatkan demi kesehatan mata. Lakukan olahraga mudah ini setiap hari demi menjaga kondisi mata Anda. Tentu, selain olahraga mata, asupan nutrisi sebagaimana di singgung di atas juga harus senantiasa diperhatikan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top