Olahraga

Olahraga Pembentuk Tulang Lebih Sehat

Olahraga Pembentuk Tulang Lebih Sehat

Menjaga kesehatan merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap orang. Menjaga kesehatan badan dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat serta olahraga yang teratur. Olahraga sangatlah berpengaruh besar pada kesehatan badan serta kesehatan tulang. Tulang merupakan anggota badan yang berfungsi untuk menopang tubuh agar mampu berdiri serta beraktivitas. Osteoporosis merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang tulang yang mengakibatkan kekeroposan pada tulang, maka penting melakukan olahraga pembentukan tulang lebih sehat agar terhindar dari bahaya turang rapuh.

Sponsor: kezia skin expert

Menurut Tom Lloid, PhD, seorang ephidemiologist di Penn State University College of Medicine melaporkan bahwa olahraga dan gaya hidup menjadi hal dominan membentuk tulang sehat selain makanan sehat. Menurut penelitian, usia 13-15 tahun adalah waktu tulang mengalami perkembangan, dan aakn mulai menurut di tahap usia selanjutnya. Dan wanita adalah yang paling rentan mengalami osteoporosis dibanding pria. Osteoporosis ditandai dengan berkurangnya masa dan mineral pada tulang penyebab tulang mudah rapuh, patah dan keropos. Penyebab lain karena kurangnya aktifitas fisik dan pola hidup seperti terbiasa mengkonsumsi alholoh atau rokok. Menurut Tom juga, aktivitas fisik yang dilakukan sejak anak-anak dan dewasa, dapat mengurangi dan mencegah rendahnya kepadatan tulang yang menyebabkan tulang keropos. Dengan begitu, latihan fisik yang benar, terukur, teratur dan seimbang dapat menjadi solusi pencegahan paling utama. Di usia anak-anak, mereka yang rajin melakukan aktifitas fisik selama 40 menit memiliki kepadatan tulang dan pembentukan tulang menjadi lebih sehat. Dibalik itu semua, tulang yang sehat dapat diperoleh dari asupan makanan yang menyehatkan serta berolahraga secara teratur agar tulang terhindar dari berbagai masalah seperti osteoporosis. Berikut ini beberapa olahraga pembentukan tulang lebih sehat yang perlu Anda ketahui yaitu:

1. Tai Chi

Tai chi merupakan jenis olahraga kuno yang berasal dari negeri china. Dahulu kala tai chi merupakan salah satu jenis latihan untuk kekuatan dan bukanlah sebuah olahraga. Namun seiring berkembangnya zaman tai chi bukan hanya latihan untuk kekuatan semata akan tetapi lebih condong menjadi sebuah olahraga. Olahraga tai chi merupakan kombinasi gerakan lambat yang dilakukan sebagai latihan untuk memperkuat serta menyehatkan tulang. Gerakan lambat yang dilakukan saat melakukan tai chi sangat bermanfaat menjaga kesehatan tulang serta mencegahnya dari pengeroposan tulang. Olahraga ini sangat baik dilakukan bagi Anda yang sudah berusia lanjut agar tulang tetap sehat dan juga kuat.

2. Yoga

Yoga juga merupakan salah satu jenis olahraga yang bermanfaat menjaga kesehatan tulang. Gerakan pada yoga yang kebanyakan fokus pada latihan pernafasan serta kelenturan tubuh sangatlah bermanfaat memperkuat tulang Anda. yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa mengenal batasan usia. Karena yoga merupakan jenis olahraga yang tidak banyak membutuhkan tenaga akan tetapi sangat bermanfaat bagi kesehatan badan serta menjaga kesehatan tulang.

3. Berjalan

Berjalan merupakan jenis olahraga yang bisa dibilang murah meriah karena tidak memerlukan banyak sarana untuk melakukannya. Berjalan bermanfaat membuat badan menjadi lebih sehat, bugar, dan juga sangat baik untuk kesehatan tulang. Dengan berjalan maka secara otomatis seluruh tulang dalam tubuh akan ikut bergerak sehingga jika rutin dilakukan maka tulang akan menjadi lebih sehat, kuat, serta mengurangi resiko terjadinya pengeroposan tulang serta masalah tulang lainnya. selain baik untuk tulang berjalan juga bermanfaat menjaga kesehatan persendian tulang. Seperti telah diketahui tulang dan sendi adalah satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan.

4. Angkat Beban

Angkat beban merupakan salah satu jenis olahraga yang membutuhkan tenaga ekstra. Angkat beban sangat ampuh untuk membentuk kesehatan tulang. Dengan mengangkat beban maka tulang akan terbiasa menanggung beban yang berat pada tubuh. Beban berat yang diangkat bermanfaat membuat tulang menjadi lebih kuat dan juga sehat. Ada baiknya bagi Anda yang sudah berusia lanjut tidak malakukan olahraga ini karena dapat membahayakan kesehatan tulang Anda karena dapat mengakibatkan cidera serta masalah tulang lainnya.

5. Senam Aerobik

Senam aerobik yang dilakukan rutin diusia muda dan dewasa dapat membantu mencegah terjadinya masalah pada tulang seperti tulang rapuh. Aerobik dapat membentu tubuh dan tulang lebih lentur sehingga dapat menghindarkan tubuh dari cidera akibat aktivitas padat setiap harinya. Aerobik juga membantu melatih pernafasan, kesehatan mental, mengurangi lemak dan masalah kegemukan, juga mencegah osteoporosis. Melakukan latihan rutin selama 30 menit di rumah dengan senam aerobik, dapat membantu kesehatan tulang dan otot serta jantung dan paru-paru.

6. Resistance exercises lifting weights

Resistance exercises lifting weights adalah bentuk program latihan mudah yang bisa dilakukan di rumah. Bentuk-bentuk latihan ini terdiri dari sit up, push up, skipping atau latihan berat menggunakan mesin olahraga dapat membantu ketahanan tubuh dan tulang. Jenis latihan-latihan ini berupa latihan yang menggerakkan anggota tubuh seperti tangan, kakai, perut, dan punggung untuk membantu menguatkan tulang, membantu meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas tulang. Latihan ini juga baik untuk memperbaiki postur tubuh dan resiko kelainan tulang. Hasilnya, tulang makin padat dan tubuh menjadi sehat dan bugar sepanjang hari.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top