Olahraga

Olahraga Malam di Bulan Puasa yang Bisa DiLakukan Setelah Tarawih

Olahraga Malam di Bulan Puasa yang Bisa DiLakukan Setelah Tarawih

Olahraga adalah bagian penting dalam menjaga kebugaran tubuh. Tanpa olahraga maka tubuh, otot, dan tulang mudah sekali lemas dan tidak bertenaga. Olahraga pun bisa dilakukan kapan dan dimana saja termasuk pada waktu puasa.

Sponsor: halojasa

Meski tengah puasa, bukan alasan untuk tidak melakukan olahraga. Jika Anda merasakan lemas pada pagi hari, maka bisa atur dan ganti waktu olahraga menjadi malam hari. Karena olahraga di malam hari tetnyata bisa membantu atasi stres dan menjernihkan pikiran. Menurut studi berolahraga 35 menit sebelum tidur bisa tingkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak. Untuk mengetahui jenis olahraga apa dimalam hari yang baik, ini jenis olahraga malam di bulan puasa yang bisa dilakukan setelah tarawih.

1. Yoga

 

jenis olahraga malam di bulan puasa

Olahraga cocok dilakukan setelah tarawih adalah senam yoga. Di dalam yoga Anda bisa melatih irama napas dan gerakan tubuh sekaligus menjernikan pikira. Dan hati. Yoga di malam hari dapat tingkatkan hormon oksitosin, serotonin, serta kadar GABA tubuh. Ketiga hormon ini sangat penting sebab berperan dalam membuat tubuh dan pikiran jadi lebih bahagia, mengurangi tekanan darah, dan mencegah munculnya hormon stres.

2. Kardio ringan

Olahraga Malam di Bulan Puasa yang Bisa DiLakukan Setelah Tarawih

Tak hanya yoga, latihan kardio juga baik untuk kualitas kebugaran. Melatih diri dengan kardio ringan sebelum tidur mampu membakar kalori serta memangkas lemak lebih banyak. Menurut tim dari peneliti Duke University, melakukan gerakan aerobik bisa menurunkan berat badan dibanding latihan kekuatan seperti push-up, squat, angkat beban dan sebagainya. Anda bisa mencoba beberapa latihan kardio seperti bersepeda, senam aerobik, lompat tali, naik-turun tangga, atau burpees. Lakukan burpees selama 30 detik istirahat, lalu ulangi lima kali. Tambahkan juga lari di tempat selama 60 detik. Karena kardio itu bersifat kumulatif maka lebih baik melakukan sesi singkat di malam hari dan lanjutkan pada pagi harinya.

3. Latihan kekuatan (strength training)

Olahraga Malam di Bulan Puasa yang Bisa DiLakukan Setelah Tarawih

Bentuk latihan yang bisa dilakukan sehabis tarawih betikutnya adalah strength training atau latihan yang melatih kekuatan otot dan tulang. Latihan ini dapat memicu kontraksi otot sehingga dapat membangun kekuatan, ketahanan anaerobik, dan ukuran otot. Anda bisa lakukan cara strength training di rumah mulai dari push-up, squat, plank, pull-up, dan sebagainya. Jika perlu gunakan alat seperti barbel, atau dumbell untuk melatih otot bisep. Lakukan latihan ini sebanyak 8-10 jenis latihan 2 kali hari dalam seminggu. Panduan sederhana yang bisa dilakukan yakni 20 kali push up, 20 detik elbow plank, 20 detik plank menyamping kiri-kanan, 20 kali squat, 20 kali lunge, dan 20 kali jump squat.

4. Jalan kaki

jenis olahraga malam di bulan puasa

Latihan sederhana yang bisa dilakukan setelah tarawi adalah jalan kaki. Bentuk olahraga ini sangat ringan dan mudah dilakukan. Rutin jalan selama tika kali dalam satu minggu dapat membakar 350 kalori dan jika dilakukan sehabis makan bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan pencernaan pun akan meningkat. Jalan kaki juga bisa meningkatkan hormon endorfin sehingga kita jadi mudah merasa bahagia, mencegah depresi dan kualitas tidur jadi lebih baik.

Demikian cara tingkatkan kebugaran meski tengah berpuasa. Jika Anda ingin melakukan latihan intens dan lebih semangat, bisa coba berolahraga bersama teman atau rekan. Dan paling penting adalah melakukan pijatan setelah berolahraga dapat membantu merilekskan kembali otot yang kaku dan tegang. Gunakan jasa trainer sport massage jika diperlukan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top