Olahraga

Olahraga Efektif Menjaga Persendian

Persendian pada tulang manusia sangat rentan mengalami masalah seperti kesleo. Semakin tua usia manusia, maka semakin penting menjaga persendian. Bagi yang sudah berusia lanjut menjaga kesehatan persendian merupakan hal yang wajib dilakukan. Orang yang sudah berusia lanjut sangat rentan mengalami masalah. Selain mengkonsumsi makanan sehat dan mengkonsumsi nutrisi untuk tulang dan sendi, berolahraga juga sangat mempengaruhi kesehatan persendian. Namun, tak semua jenis olahraga bisa digunakan, ada beberapa olahraga efektif menjaga persendian dari masalah yang bisa mengancam di kemudian hari.

Olahraga Efektif Menjaga Persendian

Sponsor: dr rochelle skin expert

Seperti yang kita ketahui, hampir semua bentuk aktifitas fisik melibatkan gerakan seperti berjalan, membungkung hingga berlari, pasti melibatkan persendian. Saat persendian kita sehat, mudah untuk melakukan kegiatan seperti  melompat, berlari, jonggok, melakukan pekerjaan atau kegiatan ekstrim lainnya. Beberapa cara untuk merawat persendia diantaranya, selalu menjaga berat badan, latihan kekuatan sendi dan otot, menjaga postur tubuh dengan baik, pola makan yang sehat dan patinya melakukan olahraga yang tepat seperti pemanasan atau peregangan sebelum memulai. Berikut beberapa olahraga yang cocok untuk menjaga persendian teteap kuat.

1. Senam kebugaran ringan

tidak diragukan lagi senam dapat membuat badan menjadi sehat dan bugar. Selain menyehatkan badan senam juga dapat menyehatkan persendian dalam tubuh. Kebanyakan gerakan senam adalah melatih kelenturan otot-otot dan persendian dalam tubuh. Melakukan senam ringan secara teratur setiap hari selain dapat menyehatkan persendian Anda, senam juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung Anda terutama bagi yang sudah berusia lanjut.

2. Angkat beban

Selain senam olahraga angkat beban juga berperan menjaga kesehatan persendian. Dengan mengangkat beban maka otot dan persendian dilatih untuk bekerja keras. Ada baiknya tidak terlalu sering melakukan olahraga jenis ini karena dikhawatirkan akan menimbulkan masalah atau cidera pada persendian Anda. cukup lakukan 2 atau 3 kali dalam seminggu.

3. Berenang

Banyak yang tidak tahu bahwa renang juga termasuk olahraga yang dapat menyehatkan persendian. Berenang dapat bermanfaat bagi penderita radang persendian. Karena dengan berenang semua anggota tubuh akan bergerak sehingga membuat badan menjadi sehat dan bugar.

4. Thai chi

Olahraga thai chi merupakan jenis olahraga tradisinal yang berasal dari Cina. Olah raga ini juga termasuk ampuh untuk menjaga kebugaran badan serta persendian. Hal ini dikarenakan gerakan- gerakan yang dilakukan seperti senam kebugaran. Thai chi merupakan jenis Olahraga yang menyatu dengan alam dimana biasanya dilakukan ditempat terbuka atau dibawah pepohonan. Udara yang sejuk membuat fikiran tenang dan fokus serta membuat aliran oksigen yang masuk kedalam tubuh menjadi lancar sehingga dapat menyehatkan tubuh Anda.

5. Olahraga yoga

Sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Yoga dan thai chi mempunyai kemiripan dengan senam kebugaran yaitu sama-sama jenis olahraga yang banyak menggerakkan tubuh seperti layaknya sebuah senam. Yoga juga dikenal sangat ampuh untuk menjaga kesehatan badan termasuk persendian.

Beberapa olahraga di atas merupakan jenis olahraga yang efektif menjaga persendian. Anda dapat memilih olahraga mana yang sesuai dengan minat Anda. pada dasarnya semua olahrag sama saja yaitu untuk kesehatan serta kebugaran badan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top