Tips dan Trik

Olahraga Air Yang Membakar Kalori

Olahraga Air Yang Membakar Kalori

Bermain air merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi hampir sebagian besar orang. Selain digunakan untuk dikonsumsi air juga merupakan sarana yang dapat dimanfaatkan untuk bermain serta berolahraga. Selain dilapangan serta daratan lainnya, olahraga juga dapat dilakukan menggunakan air sebagai media utamanya. Olahraga air banyak digunakan oleh orang untuk mendapatkan tubuh indah seperti contohnya berenang. Selain menyenangkan untuk dilakukan olahraga air yang membakar kalori bisa kita temui diataranya:

Sponsor: dr rochelle skin expert

1. Renang

Renang merupakan salah satu olahraga air yang sudah sangat populer serta banyak dilakukan di tengah masyarakat.Seiring berkembangnya zaman dan banyaknya penelitian yang menyatakan tentang berbagai manfaat kesehatan yang didapatkan dengan berenang, maka renang kemudian dikategorikan sebagai olahraga air. Hal ini dikarenakan dengan berenang dapat melatih pernafasan serta menyehatkan badan. Manfaat lain berenang adalah menjaga tubuh tetap bugar karena saat melakukan gaya bebas, maka hampir seluruh bagian otot tubuh bergerak aktif yang bisa membakar banyak kalori dan menghilangkan lemak. Menurut penelitian, sekitar 25% kalori akan terbakar saat melakukan olahraga renang. Selain itu dengan melakukan olahraga ini, dapat mengusir ketegangan sendi-sendi  hingga 50% jika merendam air hingga sepinggang, dan 75% jika merendam tubuh hingga sebatas dada. Sedangkan bagi ibu hamil, air yang menopang berat badan ibu hamil bermanfaat untuk trimester terakhir kehamilan sehingga memudahkan proses persalinan nantinya. Berenang juga menjadi terapi untuk penderita asma yang membantu menguatkan otot-otot di organ pernapasan. Untuk bisa melakukan olahraga ini disarankan meminum air putih agar tidak dehidrasi. Jangan juga lupakan tabir surya juntuk melindungin sinar matahari.

2. Aquarobik

Olahraga pembakar kalori selanjutnya adalah aquarobik. Olahraga ini masih sama dengan olahraga berenang yaitu melibatkan air sebagai medianya. Bagi orang yang mampu berenang, olahraga aquarobik adalah pilihan yang tepat. Olahraga aquarobik adalah salah satu jenis olahraga kardiovaskular yang menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Pada dasarnya, olaraga aquarobik sama dengan istilahnya olahraga aerobik hanya saja tempat yang dilakukan berada di dalam air atau kolam renang. Olahraga ini membutuhkan kelincahan, energi dan ekstra beban yang melibatkan hampir seluruh sendi, tulang dan otot tubuh maka sangat baik untuk mencegah terjadinya otot, sendi dan tulang yang rapuh. Aquarobik juga sangat cocok untuk mereka yang memiliki masalah dengan persendian, gangguan tubuh karena cidera tulang otot, bermanfaat untuk para lansia, dan wanita hamil dan bagi mereka yang memiliki kelebihan berat badan. Olahraga ini cocok untuk semua orang baik pemula ataupun mahir.  Agar tidak menimbulkan cidera sebaiknya lakukan latihan ini pada kolam yang dangkal agar lebih leluasa melakukan gerakan.

3. Polo Air

Polo air merupakan jenis olahraga yang hampir mirip sepak bola namun dilakukan di dalam air. Polo air merupakan gabungan dari olahraga renang, sepak bola dan juga bola voli. Olahraga ini menggunakan media kolam renang sebagai tempatnya serta bantuan sebuah bola yang harus dimasukkan ke gawang lawan. Layaknya olahraga sepak bola, polo air juga merupakan jenis olahraga air yang dilakukan oleh banyak orang atau beregu. Dalam satu regu bisa terdiri dari 3 orang atau lebih.

4. Menyelam (Diving)

Menyelam pada awalnya hanyalah kebiasaan yang dilakukan oleh orang – orang dipesisir pantai untuk mencari ikan serta melakukan kegiatan yang ada didalam air. Menyelam adalah kegiatan yang dilakukan di dalam air dengan menahan nafas. Seiring berkembangnya zaman saat ini menyelam merupakan salah satu jenis olahraga air yang dapat dibilang sangat mahal. Karena segala macam peralatan yang digunakan untuk menyelam sangat beragam serta berharga yang tidak murah. Alat seperti tabung oksigen, baju menyelam, dan lain sebagainya merupakan sarana yang wajib disediakan jika Anda ingin melakukan olahraga ini. Menyelam banyak dilakukan untuk melihat keindahan dunia bawah air seperti terumbu karang serta bermacam-macam ikan yang ada di dalam laut.

5. Selancar (Surving)

Selancar merupakan salah satu jenis olahraga air yang akhir-akhir ini sangat diminati terutama oleh kalangan muda. olahraga ini menggunakan papan selancar sebagai alat utamanya serta menggunakan bantuan ombak laut. Ombak laut berperan sangat penting dalam olahraga ini, jika tidak ada ombak laut maka olahraga ini tidak akan berjalan maksimal. Namun seiring berkembangnya zaman olahraga selancar juga dapat dilakukan dilautan tenang atau di danau tanpa menggunakan bantuan ombak melainkan menggunakan bantuan tarikan dari perahu. Perahu akan menarik peselancar sehingga membuat peselancar melaju di atas air menggunakan papan selancarnya. Olahraga ini bermanfaat untuk menyehatkan jantung, membakar kalori ekstra dan tentunya membuat otot terlihat baik.

6. Flyboarding

Olahraga seru dan menarik paling baru adalah flyboarding. Olahraga flyboarding dilakukan diatas air dan dilakukan dengan cara menaiki board sejenis papan khusus yang kemudian diluncurkan dengan cara menggunakan tekanan dari semprotan air bertenaga. Olahraga ini menjadi olahraga populer saat ini sekaligus menanntang. Pertama kali diciptakan oleh Franky Zapata berkebangsaan Perancis pada 2012 dan menjadi salah satu olahraga air yang unik. Olahraga ini mengandung 4 elemen jenis olahraga lain yaitu ski air,  jetski, snowboard,  dan acrobatic dive. Manfaat olahraga ini bagi tubuh yaitu dapat menguji keseimbangan tubuh, melenturkan otot tubuh jika dilakukan dengan manuver serta mampu menguras banyak kalori.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top