Tips Kesehatan

Obat Tradisional Asam Urat Yang Ampuh

Asam urat adalah penyakit peradangan sendi. Penyebabnya adalah penumpukan kristal asam urat. Penyakit ini disebabkan oleh makanan mengandung zat purin yang dikonsumsi secara berlebihan. Purin diolah dalam tubuh menjadi asam urat. Jika kadarnya dalam tubuh berlebihan, maka ginjal tidak mampu mengeluarkannya. Akibatnya berdampak pada penumpukan kristal asam urat pada persendian, sehingga timbul nyeri sendiri, bengkak dan meradang.

Purin sendiri merupakan zat yang banyak dijumpai pada hampir semua jenis bahan makanan. Sayuran dan buah pun juga mengandung purin. Jadi, bahan makanan yang dikonsumsi banyak sekali yang mengandung purin. Hanya saja kadar purin ini yang harus dipertimbangkan dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Beberapa bahan makanan yang mengandung purin tinggi antara lain  jeroan, makanan laut (seafood), makanan sungai (riverfood), daging-dagingan, makanan yang dikalengkan, kacang-kacangan. Contoh sayuran yang mengandung purin tinggi adalah bayam, kangkung, asparagus, daun pepaya , buncis, daun singkong. Buah yang mengandung prin tinggi contohnya durian, nanas, melinjo, alpukat

Jika Anda merasa terkena asam urat, hal yang paling sesuai untuk mengobati asam urat adalah dengan cara pola hidup sehat dengan diet rendah makanan yang mengandung purin. Dengan pola hidup sehat diharapkan sesorang bisa menjaga berat badannya dan terhindar dari obesitas. Tanpa obesitas, menurunkan resiko terjadinya penumpukan asam urat di persendian. Selain itu, untuk menurunkan kadar asam urat bisa dilakukan melalui obat tradisional asam urat, yang bisa diambil dari bahan-bahan yang mudah ditemukan, antara lain:

  1. Jahe

Obat Tradisional Asam Urat

Caranya adalah dengan menyiapkan 2 potong jahe kira-kira sebesar ibu jari. Jahe tersebut dipotong-potong serta dimemarkan / digeprak. Selanjutnya dicampur dengan air 1 gelas, sedikit gula dan madu. Setelah matang diminum sekali sehari secara teratur.

  1. Cengkeh

Caranya dengan menumbuk cengkeh dan jahe dengan perbandingan jumlahnya 1:1. Jika sudah halus, bisa digunakan sebagai obat oles luar pada bagian yang terasa sakit secara teratur.

  1. Daun salam dan sereh

Daun salam merupakan obat alami untuk penyakit asam urat karena mengandung flavonoid dan tannin. Cara yang dilakukan adalah dengan membersihkan 15-20 lembar daun salam dan 3 batang sereh. Setelah itu, dicampur dengan air 1 gelas, dan direbus hingga mendidih. Air rebusan yang telah dingin kemudian diminum 1 kali sehari.

  1. Bunga rosella

Caranya adalah dengan menyiapkan 5 kelopak bunga rosella kering yang telah dicuci bersih. Dengan menggunakan air panas, bunga rosella tersebut diseduh dalam gelas kira-kira 200 ml (1 gelas). Sebagai pemanis bisa ditambahkan madu. Diminum secara teratur 1 kali sehari.

  1. Daun kumis kucing

Tumbuhan dengan nama Latin Orthosiphon Aristatus, dapat digunakan untuk obat tradisonal asam urat. Daun kumis kucing memiliki sifat diuretik, yang bisa mengurangi kandungan asam urat dalam tubuh melalui buang air kecil. Caranya dengan menyiapkan kira-kira 5 lembar daun kumis kucing dicuci bersih. Selanjutnya dicampur dengan air sebanyak 3 gelas dan direbus hingga sisa setengahnya. Air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top