Rambut ku

Obat Penumbuh Rambut Alami

Obat penumbuh rambut alami– Masalah gangguan kesehatan rambut memang sering kali terjadi dan membuat kita merasa khawatir. Salah satu masalah rambut yang biasa terjadi adalah kerontokan, bahkan hingga membuat rambut menjadi botak. Karena itu, penting bagi kita untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut. Namun, jangan khawatir bagi Anda yang mengalami kerontokan rambut, di bawah ini ada beberapa jenis tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat penumbuh rambut alami.

Obat Penumbuh Rambut Alami

sponsor: kezia skin expert.

Obat Penumbuh Rambut Alami Dari Tanaman:

  1. Daun mangkokan

Daun mangkokan mempunyai kandungan yang sangat baik diantaranya adalah lemak, kalsium, zat besi, fosfor, protein, vitamin A, B, dan C. Kandungan tersebut mampu untuk memberikan nutrisi terhadap kulit kepala, sehingga dapat menumbuhkan rambut secara alami dan mengatasi kebotakan.

Cara membuat ramuan ini adalah dengan cara menghaluskan daun mangkokan, dapat dengan cara ditumbuk. Setelah halus, Anda dapat mengoleskan tumbukan tersebut pada kulit kepala. Tunggulah beberapa saat hingga kering, kemudian keramas seperti biasa menggunakan sampo dan bilas hingga bersih.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya sudah dikenal secara umum memiliki manfaat yang baik untuk rambut. Lidah buaya mampu menumbuhkan dan melebatkan lambut secara alami. Selain dapat menumbuhkan rambut, tumbuhan ini juga mampu membuat rambut terlihat lebih hitam dan lembut.

Ambillah daging lidah buaya secukupnya, kemudian haluskan. Setelah halus, Anda dapat mengusapkannya ke rambut yang telah dibasahi terlebih dahulu. Biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

  1. Daun kacang panjang

Daun kacang panjang mengandung nutrisi penting yang dapat membantu untuk menumbuhkan rambut. Anda dapat membuat masker rambut dari daun ini.

Pertama sediakan beberapa daun kacang panjang lalu cuci hingga bersih. Setelah bersih, tumbuk dan haluskan, kemudian tambahkan 2 sendok makan minyak kastor dan campur hingga rata. Oleskan masker tersebut pada kulit kepala dan pijatlah kulit kepala Anda dengan perlahan dan lembut agar masker tersebut dapat meresap ke dalam kulit kepala. Lakukan cara ini secara rutin saat mandi sore, untuk hasil yang lebih sempurna Anda dapat membungkus rambut dengan handuk selama beberapa menit.

  1. Bayam

Selain baik untuk kesehatan tubuh, bayam juga dapat dimanfaatkan untuk obat alami penumbuh rambut. Cucilah setengah genggaman bayam, kemudian haluskan. Lalu, tambahkan 1 sendok air hangat dan madu secukupnya. Proses selanjutnya adalah Anda harus memeras bayam yang telah ditambahkan air dan madu tadi, kemudian saring. Minumlah perasan bayam yang telah disaring secara rutin.

  1. Kelapa hijau

Kelapa hijau yang dapat dimanfaatkan untuk menumbuhkan rambut secara alami adalah airnya. Cara untuk membuat ramuan dari kelapa hijau adalah dengan membuat lubang pada salah satu sisi dari buah kelapa hijau. Kemudian tambahkan 1 sendok teh garam, setelah itu letakkan di luar rumah agar mendapatkan embun selama 1 malam penuh.

Pada keesokan harinya, Anda dapat menggunakan air kelapa tersebut untuk keramas. Jangan lupa memijat kepala Anda secara lembut dan perlahan saat menggunakan air kelapa tersebut. Sebaiknya lakukan hal ini pada sore hari saat mandi.

  1. Nyamplung

Nyamplung yang diambil bijinya dapat dimanfaatkan sebagai obat penumbuh rambut yang alami. Siapkan segenggam biji nyamplung, kemudian jemur menggunakan piring hingga biji tersebut mengeluarkan minyak. Oleskan minyak tersebut pada kulit kepala, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

  1. Klerak

Klerak biasa disebut juga dengan lerak. Untuk memanfaatkannya Anda harus mengambil biji dari klerak. Sediakan 12 biji klerak, kemudian bersihkan. Sediakan air hangat dalam wadah, lalu rendam biji klerak tadi hingga air menjadi dingin.

Air rendaman tersebut dapat Anda gunakan untuk keramas, jangan lupa untuk memijat kepala Anda agar air tersebut dapat meresap dan merata pada kulit kepala. Sebaiknya lakukan hal tersebut pada sore atau malam hari, sehingga Anda dapat membungkus rambut dengan handuk semalam penuh untuk mendapatkan hasil yang maksimal

  1. Pisang

Pisang yang diambil umbinya dapat dimanfaatkan untuk membantu proses penumbuhan rambut secara alami. Siapkan umbi pisang yang telah dibersihkan, kemudian buatlah lubang sedalam 18 cm atau sekitar 1 jengkal. Cara ini bertujuan untuk mendapatkan air dalam umbi pisang tersebut sebanyak mungkin. Setelah mendapatkan airnya, Anda dapat mengoleskannya pada kulit kepala hingga merata.

  1. Teh

Siapa sangka, ternyata teh juga mampu untuk menumbuhkan rambut secara cepat. Anda hanya perlu menyeduh teh dengan air panas. Kemudian tunggulah hingga dingin. Setelah dingin, air teh tersebut dapat Anda gunakan untuk keramas. Untuk hasil terbaik, sebaiknya gunakan air teh saat keramas di pagi hari.

  1. Urang-aring

Tanaman ini memang cukup sulit untuk ditemukan. Jika ada tanaman urang-aring yang tumbuh liar di sekitar rumah Anda, maka dapat dimanfaatkan untuk membantu menumbuhkan rambut yang rontok. Ambil beberapa daun urang-aring, kemudian haluskan. Campur dengan sedikit air, kemudian gunakanlah saat keramas. Lakukan secara rutin, hingga Anda merasakan ada perubahan.

Tanaman memang memiliki segudang manfaat yang luar biasa, termasuk sebagai obat penumbuh rambut alami. Dari beberapa tanaman di atas, Anda dapat mulai mencobanya dari bahan yang paling mudah didapat. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top