Makanan Kesehatan

Nutrisi Yang Dibutuhkan Wanita Menopause

Nutrisi Yang Dibutuhkan Wanita Menopause

Setiap orang pasti akan mengalami tua seiring dengan bertambahnya usia dan sangat beresiko mengalami beberapa masalah seperti menurunnya fungsi organ tubuh, kepikunan, dan menopause bagi wanita selalu menghantui. Menopause adalah kondisi dimana wanita tidak lagi mengalami menstruasi dan telah berhenti secara permanen.

Sponsor: kezia skin expert

Ketika mengalami menopause maka secara otomatis fungsi dari organ tubuh juga akan menurun dan sangat rentan mengalami berbagai masalah kesehatan. untuk itu bagi manula yang mengalami menopause sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh agar selalu sehat. Nutrisi yang dibutuhkan wanita menopause diantaranya adalah sebagai berikut :

Nutrisi Yang Dibutuhkan Wanita Menopause

  • Vitamin D

Vitamin D sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh terutama bagi kesehatan tulang. Bagi Anda yang kekurangan asupan Vitamin D dalam tubuh maka beresiko mengalami berbagai masalah pada tulang seperti osteoporosis (pengeroposan tulang), dan masalah tulang lainnya. untuk itu kebutuhan Vitamin D haruslah dipenuhi agar tulang selalu sehat dan terhindar dari berbagai masalah tulang. Bagi wanita yang sudah mengalami menopause dan lansia lainnya tulang sangatlah rentan mengalami masalah seperti pengeroposan untuk itu asupan vitamin D haruslah selalu dipenuhi. Sinar matahari merupakan sumber Vitamin D yang sangatlah besar. Selain sinar matahari vitamin D juga banyak ditemukan pada susu. Untuk itu bagi Anda yang sudah berusia lanjut hendaknya rutin mengkonsumsi susu agar asupan vitamin D terpenuhi dan kesehatan tulang Anda terjaga.

  • Kalsium

Selain asupan vitamin D bagi wanita menopause juga membutuhkan asupan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium bermanfaat membentuk sel-sel tulang baru sehingga tulang menjadi sehat dan terhindar dari berbagai masalah. Kandungan kalsium banyak ditemukan dari berbagai jenis makanan selain susu, diantaranya adalah kedelai, tahu, tempe, brokoli, ikan sarden, dan ikan salmon. Beberapa jenis makanan tersebut sangatlah kaya akan kandungan kalsium sehingga sangat dianjurkan dikonsumsi bagi wanita menopause.

  • Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 sangatlah bermanfaat bagi kesehatan otak dan membantu kecerdasan dalam berfikir. Nutrisi ini sangat dianjurkan dan sangat baik dikonsumsi bagi anak-anak untuk mendukung masa pertumbuhannya. Selain bermanfaat bagi anak asam lemak omega 3 juga dianjurkan untuk dikonsumsi bagi wanita yang sudah menopause dan manula. Hal ini dikarenakan makanan yang banyak mengandung omega 3 mampu mencegah resiko terjadinya masalah pada jantung. Asam lemak omega 3 bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh sehingga masalah seperti stroke atau serangan jantung dapat dicegah dan diminimalisir.

  • Vitamin B 12

Vitamin B12 juga sangat bermanfaat bagi manula dan wanita menopause. Hal ini dikarenakan vitamin B12 berfungsi untuk mencegah berbagai masalah kesehatan seperti sakit kepala, menurunnya daya ingat, dan depresi. Berbagai masalah tersebut dapat dicegah dan diatasi jika kebutuham vitamin B12 terpenuhi. Jenis makanan yang banyak mengandung B12 diantaranya ikan, daging, telur, susu, dan sereal. Bagi Anda yang sudah mengalami menopause ada baiknya rutin mengkonsumsi bahan makanan tersebut agar kebutuhan Vitamin B12 dapat terpenuhi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top