Makanan Kesehatan

Nutrisi Sehat Ini Terkandung Dalam Ampela Ayam

Nutrisi Sehat Ini Terkandung Dalam Ampela Ayam

Ampela ayam merupakan jeroan yang banyak disukai selain rasanya kenal dan gurih. Meski termasuk kedalam makanan yang ditakuti karena dianggap memiliki kandungan kolesterol, tetapi ada nutrisi sehat ampela ayam yang bisa didapat. Berikut ini fakta-fakta seputar ampela ayam yang lezat dikonsumsi.

Nutrisi Sehat Ini Terkandung Dalam Ampela Ayam

Sponsor: cream perawatan wajah

Kandungan nutrisi di dalam ampela ayam

Ampela ayam termasuk jeni jeroan yang mengandung purin cukup tinggi. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak atau berlebihan, tentunya tidak baik bagi kesehatan karena bisa berdampak pada penumpukan purin penyebab asam urat dan sebagainya. Meski termasuk kedalam jeroan, namun ampela ayam masih bisa dikonsumsi. Untuk mengkonsumsinya biasanya dicampur dengan beragam jeroan lain seperti hati, jantung atau usus. Lantas apakah masih bermanfaat? Dan apa saja nutrisi yang terkandung didalam ampela ayam?

Nutrisi Sehat Ini Terkandung Dalam Ampela Ayam4

1. Rendah lemak dan rendah sodium

Ampela ayam mengandung lemak manun terbilang lebih rendah ketimbang bagian kulit atau jeroan lainnya. Selain itu ampela juga mengandung rendah sodium. Mengkonsumsi setiap 4 ons ampela ayam, kandungan lemaknya hanya sekitar 2,34 gram dam 78 miligram sodium. Sementara total kalori yang bisa didapat berkisar sampai 107 kalori. Itu artinya, ampela masih bisa dikonsumsi oleh mereka yang ingin mengurangi porsi makan.

Nutrisi Sehat Ini Terkandung Dalam Ampela Ayam

2. Zat besi

Ampela ayam mengandung zat besi cukup tinggi. Setiap 4 ons ampela mengandung sekitar  3 miligram zat besi atau sekitar 35 persen dari jumlah takaran konsumsi harian untuk mereka yang berusia lebih dari 51 tahun. Sementara jika dikonsumsi oleh wanita berusia lebih dari 51 tahun, maka jumlah takaran saji hampir mencapai 16 persen. Menurut risert dari Institute of Medicine, jumlah takaran yang direkomendasikan yakni 8 dan 18 miligram zat besi setiap hari untuk orang dewasa. Lalu, manfaat zat besi sendiri berguna untuk menghasilkan sel darah yakni hemoglobin dan mioglobin. Kedua protein ini berfungsi sebagai zat pembawa oksigen yang diperlukan tubuh.

Nutrisi Sehat Ini Terkandung Dalam Ampela Ayam

3. Niacin (Vitamin B3)

Niacin lebih sering dikenal dengan istilah vitamin B3. Vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan kulit, hati, mata, rambut dan sistem imun. Mengkonsumsi vitamin B3 sebaiknya tidak lebih dari 16 miligram untuk laki-laki dan 14 miligram untuk perempuan. Wanita hamil diharuskan menambah jumlah asupan vitamin ini sebanyak 18 miligram dan wanita menyusui yaitu 17 miligram. Mengkonsumsi tiap 4 ons ampela ayam terdapat kadar vitamin B3 sejumlah 4 miligram, atau setara dengan 23-30 persen angka kecukupan gizi orang dewasa.

Nutrisi Sehat Ini Terkandung Dalam Ampela Ayam

4. Riboflavin (Vitamin B2)

Ampela ayam juga mengandung vitamin B2 yang berperan aktif sebagai zat antioksidan alami. Zat ini berguna untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Tiap 4 ons ampela terkandung vitamin B2 sebanyak 0,262 miligram. Mengkonsusmi sumber zat ini setiap harinya harus berjumlah sekitar 1,3 miligram.

Meskipun kandungan bahan alami dalam ampela ayam begitu bermanfaat namun Anda tetap harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Anda juga harus membatasi mengkonsumsi jeroan dengan porsi sedikit atau kurang dari 85 g tiap bulan. American Heart Association menyarankan untuk mengkonsumsi ampela ayam sekitar 200 miligramsaja per hari, sedangkan ampela ayam mengandung tinggi kolesterol yakni sebanyak 272 miligram. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top