Tips & Trik Parent

Nilai Ujian Anak Tidak Memuaskan, Mesti Bagaimana?

 Nilai Ujian Anak Tidak Memuaskan, Mesti Bagaimana?

Tips agar nilai ujian anak memuaskan  Ketika pembagian rapor menjadi hal yang paling membuat detak jantung berdebar, tak hanya bagi anak itu sendiri namun juga orang tua. Rasanya tak sabar ingin segera melihat rapot anak, apakah anak anak Anda termasuk anak yang berprestasi atau belum. Meski ada sedikit atau banyak rasa cemas, orang tua takut jika nilai anak tak sesuai yang diharapkan. Meskipun Anda sudah berkali kali mengingatkan anak untuk rajin brlajar, namun kenyataan tak sesuai harapan. Jika sudah begitu, ibarat nasi sudah menjadi bubur maka nilai anak yang buruk juga tak bisa diperbaiki ulang.

Sponsor: halojasa

Melalui berbagai pengalaman yang dirasakan oleh banyak para orang tua, tentu Anda tak ingin terjadi pada buah hati bukan. Jangan khawatir, pasalnya Anda bukanlah satu-satunya orang tua yang cemas jika nilai rapot anak merosot. Ada tiga hal yang kemungkinan akan anak dapatkan atas nilainya, memuaskan, biasa saja, bahkan kurang memuaskan. Mulai dari sekarang cek kembali nilai rapot anak Anda jangan sampai kedepannya mendapat nilai yang merosot. Berikut tips agar nilai ujian anak memuaskan. Langkah ini bisa Anda lakukan mulai sekarang.

     tips agar nilai ujian anak memuaskan

1. Jangan panik

Panik saat pertama kali melihat nilai anak merosot tajam adalah hal paling umum dialami oleh orang tua. Apakah Anda menampakkan reaksi sama jika nantinya nilai anak jauh dari yang diharapkan? Orang yang mengetahui bahwa nilai anak buruk dan bereaksi cemas justru bisa memengaruhi pikiran dan sikap anak. Rasa panik yang Anda tampakkan justru bisa membuat anak merasa tertekan. Oleh sebab itu, bersikaplah sebagai sosok dewasa yang tenang dan kontrol emosi dengan lakukan hal dengan bijak.

Nilai Ujian Anak Tidak Memuaskan, Mesti Bagaimana?

2. Mencari sebab

Jika Anda memiliki waktu longgar, usahakan untuk meluangkan kesempatan mengajak anak ngobrol. Bermula dari obrolan sederhana dan lanjutkan dengan menanyakan tentang nilai rapot. Tanyakan mengapa nilai rapotnya menurut di semester ini. Sebenarnya, banyak anak tak ingin bercerita kepada orang tuanya terlebih jika nilai rapotnya jelek. Oleh sebab itu, pancing anak dengan perkataan yang baik dan membuatnya nyaman. Sesekali hibur anak dengan sedikit candaan sehingga ia mau berkomunikasi ke inti permasalahan dengan senang hati. Semakin anak tersudut dan terpaksa, maka semakin sulit ia menceritakan hal mengapa nilai rapotnya tak memuaskan.

Nilai Ujian Anak Tidak Memuaskan, Mesti Bagaimana?

3. Diskusikan solusi

Jangan lupa untuk mendiakusikan solusi dari permasalahan tersebut. Jangan menyalahkan diri sendiri karena gagal membuat anak cerdas atau tidak mengecek cara belajarnya. Memang sebagai orang tua, Anda memiliki tanggungjawab besar dalam mengarahkan anak belajar dan menyelesaikan tugas-tugasnya dengan telat dan disiplin. Meski banyak anak yang tak mudah menerima tugas atau PR yang diberikan guru padanya. Banyak anak masih membutuhkan proses agar bisa menyesuaikam diri dengan tugas baru. Jadi, meski nilai rapot anak banyak yang turut, bukan berarti anak tak mampu menyelesaikan namun kadang butuh proses untuk membuatnya bisa. Motivasi anak yang berkurang juga perlu orang tua dukung agar aktif kembali. Diskusikan dengan anak bagaimana cara belajar agar solusi nilai buruk yang terjadi dapat segera diatasi. Jika perlu ajaklah anak membuat jadwal belajar dan ajak anak mengatur waktu dengan baik, bail waktu belajar, bermain atau waktu lainnya.

Nilai Ujian Anak Tidak Memuaskan, Mesti Bagaimana?

4. Ambil peran

Guru adalah peran penggati selama anak berada di sekolah. Sentara di rumah, orang tua adalah peran utama dalam membentuk lehidupan anak lebih baik dan teratur. Jika Anda menyayangi anak, maka tunjukkan kepedulian dengan bersedia membantunya saat anak kesulitan belajar atau mengerjakan tugas sekolah. Jadilah orang yang setiap saat ada saat anak membutuhkan bantuan. Namun, bukan berarti Anda bersedia menyelesailan PR anak seorang diri, tetapi pancing agar ia mau memahami pelajaran dengan benar sehingga pekerjaan sekolah bisa diselesaikan dengan benar. Jangan lupa berikan anak kesempatan dan ruang untuk privasinya.

Nilai Ujian Anak Tidak Memuaskan, Mesti Bagaimana?

5. Tawarkan hadiah

Setelah semua masalah terselesaikan, dan Anda bijak menerima bahwa ada masalah dengan belajar anak maka tak ada salahnya menawarkan ia hadiah. Setiap anak tentu menyukai hadiah dan untuk memacing semangatnya, berikan anak hadiah kecil yang ia senangi sekaligus bermanfaat. Beberapa hadiah yang bisa ditawarkan seperti jalan-jalan atau barang kesukaan anak jika ia berhasil memperoleh nilai sempurna di semester betikutnya.

tips agar nilai ujian anak memuaskan

 

Cara Tingkatkan Nilai Anak di Semester Baru

Kenaikan kelas baru saja usai dan pembagian rapor sudah dilakukan. Jika anak Anda masih memiliki prestasi belajar, sikap, atau perilaku yang kurang memuaskan di semester lalu, kini saatnya tingkatkan prestasi anak jelas semester berikutnya. Langkah pertama adalah berikan anak kesempatan menjawab pertanyaan yang Anda ajukan misalnya ” kapan kamu bisa mendapat rankin 1 “, ” kapan kamu mau mendapatkan nilai sempurna ” , dan sebagainya.

Setelah itu bantu anak membuat target yang bisa ia ukur. Buatlah target yang bisa mendorong anak melihat kesempatan untuk berkembang dan mengemvangkan potensi dalam dirinya. Jangan ajarkan anak membandingkan dirinya dengan orang lain justru bisa membuatnya tertekan bahkan bertabiat keras. Jika perlu tanyakan pada anak bagaimana cara agar nilai matematikanya di sekolah meningkat atau cara agar anak bisa menulis dengan rapi. Tanyakan pula pada anak apa yang bisa Anda bantu untuknya.

Salah satu kunci keberhasilan belajar anak adalah keterlibatan orang tua. Hargai pula upaya anak dan dukung setiap tidakan belajarnya. Jangan lupa hargai setiap pendapat anak dan paling penting adalah selalu berkonsisten dengan komitmen yang Anda ucao untuk selalu mendukung belajar anak selama di rumah.

Mendapat nilai rapot anak yang sempurna adalah suatu kebanggaan. Namun apa daya jika nilai anak masih rendah, menyalahkan anak karena malas belajar bukanlah solusi. Nilai anak baik adalah cermin dari keterampilan belajarnya, bahwa semakin baik anak belajar semakin berpeluang mendapat nilai sempurna. Dan salah satu hal yang bisa membantu keterampilan belajar anak selain dukungan dari Anda adalah menambahkan jam belajar anak melalui les bimbingan belajar yang menarik dan menyenangkan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top