Makanan Kesehatan

Ngaku Vegetarian, Coba Trancam Si Kuliner Sehat

Ngaku Vegetarian, Coba Trancam Si Kuliner Sehat

Anda ngaku vegetarian coba trancam si kuliner sehat yang satu ini. Trancam makanan dari olahan kecambah ini banyak disajikan dalam menu-menu atau kuliner khas daerah. Bahkan menurut catatan sejarah, makanan ini pertama kali ada di daerah Jawa Tengah. Jadi bagi masyarakan yang tinggal di jawa, kuliner trancam tentu tidak asing lagi.

Sponsor: dr rochelle skin expert

Trancam sekilas mirip dengan urap namun bedanya, trancam dibuat dari sayuran segar seperti kacang panjang, kol, mentimun dan parutan kelapa. Hasilnya, trancam akan gurih saat disantap. Karena bahan dasarnya yang terbuat dari beberapa sayuran maka banyak menyebut bahwa makanan ini memiliki manfaat sehat. Apa sajakah?

Trancam sering dijadikan sebagai menu pendamping masakan lain seperti goreng atau bakar. Campuran mentimun dan juga kacang panjang memiliki gizi cukup baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Mentimun mengandung kalium yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah serta mengurangi kadar natrium dalam tubuh. Tak hanya mentimun, sayuranentah lainnya juga baik untuk kesehatan. Mengkonsumsi sayuran mentah bisa memberikan enzim yang dibutuhkan oleh tubuh yang membantu menyehatkan pencernaan. Kemudia sayuran juga tinggi serat sehingga membantu mencegah resiko penyakit degeneratif seperti jantung dan diabetes. Serat juga baik untuk membantu program diet dan membersihkan usus. Mentimun memiliki vitamin dan mineral.

Kacang Panjang mengandung betakaroten, klorofil, vitamin B1 dan B2, tiamin, riboflavin, protein, fosfor, zat besi, serat dan pektin. Kacang panjang membantu mengendalikan kadar gula darah, memperkecil resiko stroke dan jantung juga mengatasi hipertensi, sembelit dan organ pencernaan. Kemudian adan tauge atau kecambah  putih yang mengandung senyawa antioksidan cukup lengkap seperti vitamin A, B dan C. Manfaat tauge diantaranya menghambat penuaan dini, mencegah sel kanker, kesuburan dan sehat untuk pencernaan lambung. Tauge juga sehat untuk kecantikan, menghaluskan kulit dan rambut.

Campuran lain dalam trancam paling nikmat adalah kemangi. Kemangi saat dikonsumsi akan membantu mencegah bau mulut dan badan. Kemangi akan memberi rasa segar juga terdapat kandungan alami yang penting bagi kesehatan tubuh. Daun kemangi berkhasiat untuk mengobati diare, masalah pada vagina, nyeri dada, mengatasi batu ginjal, mengatasi flu, sembelit, cacingan, dan perut kembung. Kemangi mengandung zat yang mampu merangsang hormon androgen dan hormon estrogen, senyawa Arginine, dan mencegah kemandulan.

Demikian beberapa manfaat trancam yang bisa kita ketahui. Meski terlihat sederhana, makanan khas Jawa Tengah ini sangat baik dikonsumsi dan menyehatkan tubuh. Sejatinya mengkonsumsi makanan mentah seperti trancap atau lalpan trancam bisa memberikan tubuh nutrisi yang baik. Tapi jika Anda ingin membuatnya sendiri pastikan untuk mencuci bersih semua sayur sebelum dikonsumsi. Mengkonsumsi sayur dalam keadaan mentah memang bermanfaat namun pastikan bersih dahulu sebab sayuran juga telah mengalami penyemprotan pupuk kimia yang tidak baik untuk tubuh.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top