Info Kedokteran

Nekat Minum Pil Diet Demi Kurus, Ini Dampaknya Bagi Tubuh

Dampak minum pil diet bagi tubuh bisa dibilang sangat berbahaya mengingat banyak kasus orang merasakan dampaknya bagi kesehatan. Karena tidak sedikit orang memilih jalan pintas untuk dapatkan tubuh langsing, sehingga rela mengabaikan kesehatan. Pil diet atau obat-obatan penurun berat badan, jika dikonsumsi secara smbarangan mampu menghasilkan efek negatif terlebih pada organ tubuh.

Nekat Minum Pil Diet Demi Kurus, Ini Dampaknya Bagi Tubuh

Sponsor: cream pemutih wajah

Pendapat yang disampaikan oleh Leona Victoria Djajadi, MND, seorang ahli nutri bahwa obat diet merupakan salah satu obat yang paling sering disalahgunakan. Obat tersebut adalah obat pencahar yang bersifat diuretik. Jadi ketika seseorang mengkonsumsinya, bisa mengakibatkan tubuh sering buang air kecil dan besar.

Efek Buruk Minum Pil Diet Bagi Kesehatan

Nekat Minum Pil Diet Demi Kurus, Ini Dampaknya Bagi Tubuh

1. Masalah pada organ pencernaan

Kebiasaan minum obat pencahar dalam jangka waktu lama akan mengakibatkan masalah pada organ pencernaan. Sifat obat itu bisa membuat pencernaan jadi malas bergerak sehingga berefek pada sulitnya buang air. Victoria menambahkan kalau obat diet hanya membuat badan kurus karena kekurangan air dan bukan mengurangi lemak. Ditambah lagi, semua obat pasti memiliki efek samping, sementara obat berlabel ‘herbal’ dikhawatirkan tidak bersertifikasi. Alih-alih ingin mendapat hasil instan, ajaib dan praktis justru pil diet mampu mengganggu kerja organ. Efeknya menyebabkan diare, mulat dan kram perut.

Nekat Minum Pil Diet Demi Kurus, Ini Dampaknya Bagi Tubuh

2. Ketidak seimbangan nutrisi dalam tubuh

Selain berisiko pada organ tubuh, dampak minum pil diet yakni sanggup mempengaruhi nutrisi dalam tubuh. Nutrisi yang dibutuhkan jadi tidak seimbang lagi, padahal jika diingat nutrisi memiliki peran dalam mengatur sistem metabolisme tubuh. Beberapa nutrisi penting seperti kalium, natrium, fosfor bahkan magnesium jadi terbuang sia-sia. Padahal ke empat unsur nutrisi itu berperan penting untuk saraf dan otot dan kesehatan usus dan hati. Berkat ketidakseimbangan mineral penting, maka organ dalam tubuh menjadi tak berfungsi dengan baik.

Nekat Minum Pil Diet Demi Kurus, Ini Dampaknya Bagi Tubuh

3. Belum terbukti bisa turunkan berat badan

Menurut penulis selaku peneliti dari Oregon State University, Melinda Manore, dalam jurnal yang berjudul International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism jika selama ini belum ada bukti bahwa pil diet atau suplemen bisa turunkan berat badan secara sehat. Bahkan suplemen itu juga belum terbukti bisa mempertahankan berat badan. Pentingnya berkonsultasi sebelum mengkonsumsi pil diet bisa berisiko memicu efek samping seperti perut kembung, stroke hingga gangguan pada jantung.

     Nekat Minum Pil Diet Demi Kurus, Ini Dampaknya Bagi Tubuh

4. Mengalami keluhan pada organ lambung

Efek samping lain meminum suplemen diet tanpa pengawasan dari dokter bisa menyebabkan lambung bermasalah. Obat pelangsing bisa memblocker lemak yang akhirnya timbul gangguan pencernaan termasuk diare, gas berlebihan, hingga komplikasi maag. Banyak elemen kimia dalam pil diet mampu membuat organ tubuh kekurangan kemampuan untuk menyerap vitamin. Padahal tubuh yang kekurangan vitamin adalah salah satu dampak pil diet, sehingga diperlukan tambahan multivitamin.

Jadi apa solusinya?

Cara paling aman menurunkan berat badan yakni dengan merubah gaya hidup. Konsumsi makanan sumber serat, protein dan kalsium yang cukup. Tambahkan teh hijau dapat membantu menjadikan minuman alternatif pengganti pil diet. Semoga apa yang disampaikan ini bisa lebih bermanfaat untuk Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top