Inspiration

Naik Pangkat Tapi Gaji Masih Tetap, Apa Yang Harus Saya Lakukan?

 Naik Pangkat Tapi Gaji Masih Tetap, Apa Yang Harus Saya Lakukan

Menjadi pegawai atau karyawan sebuah perusahaan adalah pilihan banyak orang karena dianggap lebih mudah dapatkan gaji bulanan. Tetapi apa langkah jika gaji tak kunjung naik meski sudah naik pangkat? Menjadi karyawan teladan bisa mengantarkan Anda naik jabatan. Dan biasanya seiring naiknya pangkat, gaji juga bisa naik. Namun sebaliknya, tidak semua usaha itu dilakukan oleh perusahaan lain yang mana meski pangkat sudah naik, gaji tetap saja tidak mengalami perubahan nominal. Hal ini sudah banyak dialami oleh beberapa karyawan di banyak perusahaan.

 

langkah jika gaji tak kunjung naik

Sponsor: halo jasa

Tips supaya Anda tidak kebingungan meski pangkat sudah naik namun gaji tetap saja bisa dilakukan dengan beberapa tips. Berikut penjelasannya.

Naik Pangkat Tapi Gaji Masih Tetap, Apa Yang Harus Saya Lakukan

1. Jangan Emosi Dulu, Coba Kumpulkan Informasi

Cukup berat menerima kenyataan bahwa Anda telah berada di posisi setingkat lebih tinggi namun gaji tak kunjung naik. Lagkah pertama jangan panik dan marah tak jelas sehingga orang lain jadi sasarannya. Lebih baik tenanglah dan kumpulkan informasi tentang kebijakan gaji di perusahaan Anda bekerja. Tanyakan dulu pada rekan yang sudah senior atau tentang keadaan keuangan. Mungkin saja keuangan perusahaan tengah tidak sehat atau ada kebijakan baru tentang periodisasi gaji. Jika bertanya kepada rekan belum mendapat jawaban yang memuaskan, bisa langsung bertanya ke atasan. Tak usah ragu atau takut dan bertanyalah dengan sikap profesional.

Naik Pangkat Tapi Gaji Masih Tetap, Apa Yang Harus Saya Lakukan

2. Mungkin Ada Alasan Khusus

Bisa saja ada banyak kemungkinan soal gaji dengan kenaikan pangkat. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin juga pertimbangkan alasan lain. Bisa jadi perusahaan tak menyampaikan soal kenaikan gaji kepada Anda atau hanya sekedar menguji. Misal jika Anda mendapat kenaikan pangkat karena perusahaan ingin lihat kemampuan sebelum akhirnya mengijinkan Anda mendapat kenaikan gaji sesuai kemampuan. Atau bisa saja kenaikan pangkat jadi program perusahaan guna mengembangkan skill Anda menjadi benar-benar sesuai.

Naik Pangkat Tapi Gaji Masih Tetap, Apa Yang Harus Saya Lakukan

3. Mungkin Bukan Gaji yang Dinaikkan

Bertanya soal gaji pada atasan atas kenaikan pangkat Anda, boleh saja. Tetapi kemungkinan saja perusahaan punya pertimbangan lain soal gaji sehingga lebih memberikan hal lain diluar gaji. Misalnya, kelebihan mendapat jam kerja yang longgar, mendapat fasilitas ekstra atau kesempatan mendapat pengalaman lebih dari sekedar perusahaan biasa. Mendapat fasilitas penunjang adalah hal sangat penting mengingat kerja Anda mungkin bisa disibukkan dengan deadline.

langkah jika gaji tak kunjung naik

4. Tanyakan Langsung Pada Perusahaan hingga Cari Solusi Mudah

Upaya terakhir supaya Anda bisa mendapat kejelasan adalah bertanyalah langsung pada perusahaan soal karir dan gaji dengan cara profesional. Tahan emosi dan bertanyalah dengan sopan mengenai kebijakan gaji perusahaan. Cara ini bisa dipakai untuk mengevaluasi karir Anda di masa depan.

Jika sudah naik pangkat namun belum juga bisa membuat Anda nyaman atau masih mengganjang dengan kebijakan perusahaan maka segera sampaikan saja. Menyikapi semua itu dengan cara bijak dan profesional jauh lebih baik. Jangan hanya berburu emosi saja tetapi bisa lepas dengan kegiatan lain yang lebih positif misal mencari tambahan uang di luar pekerjaan. Caranya jika Anda kesulitan memulai perencanaan bisa minta bantuan Halo Jasa financial plan. Disini Anda akan dipandu oleh pakar perencana keuangan dengan baik dan benar.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top