Tips Kesehatan

Musim Hujan Telah Tiba, Begini Caranya Agar Tidak Mengundang Demam Berdarah

  Musim Hujan Telah Tiba, Begini Caranya Agar Tidak Mengundang Demam Berdarah

Cara agar tidak mengundang demam berdarah. Memasuki musim pancaroba atau musim panas menuju hujan adalah waktu terbaik nyamuk demam berdarah berkembang biak. Musim transisi pancaroba, alangkah baiknya untuk meningkatkan kewaspadaan diri terhadap bahaya penyakit mulai dari penyakit flu, batuk, hingga demam berdarah.

Musim Hujan Telah Tiba, Begini Caranya Agar Tidak Mengundang Demam Berdarah

Sponsor: perawatan wajah terbaik

Seperti yang diungkap oleh dr Kevin William Hutomo dari RS Permata Depok, ada sejumlah langkah mudah dalam menghalau munculnya nyamuk demam berdarah. Cara efektif tersebut adalah dengan menjaga kebersihan di sekitar lingkungan. Curah hujan yang banyak di musim penghujan, menjadi banyak tempat menjadi tergenang. Genangan air inilah yang  menjadi tempat nyamuk demam berdarah untuk berkembang biak dan bertelur. Jadi jika air dalam genangan tersebut mengalir maka nyamuk tidak akan datang untuk bertelur.

Cobalah perhatikan di sekitar lingkungan kita apakah ada banyak tempat tergenang. Misalnya pot-pot terbuka atau kaleng bekas adalah tempat nyaman untuk nyamuk demam berdarah bertelur. Jika sudah begitu, bisa dipastikan tempat tergenang tersebutlah akan ditemulan banyak nyamuk DB.

Berbeda dengan air genangan yang selalu mengalir airnya. Aliran air tersebut akan menyulitkan telur nyamuk menetas di lingkungan Anda. Jadi supaya nyamuk tak bersarang di air yang tergenang, Anda dapat membuatnya mengalir. Dengan begitu tak ada lagi tempat yang nyaman untuk nyamuk bertelur dan berkembang biak.

Selain menjaga kebersihan di lingkungan Anda, dr Kevin juga menyarankan untuk rajin melakukan 3M atau menguras, menutup dan mengubur. Pertama menguras tempat penampungan air dalam bak atau gentong mandi. Kedua lakukan menutup tempat-tempat penampungan seperti di bak air atau tempat-trmpat lain di rumah Anda. Dan ketiga, lakukan penguburan pada barang-barang bekas seperti kaleng dan sebagainya.

Meskipun cara 3M merupakan cara jadul, akan tetapi cukup efektif mencegah munculnya nyamuk demam berdarah selama musim hujan. Selain 3M, alangkah baiknya jika Anda menambah asupan gizi agar daya tahan tubuh tetap baik dan terhindar dari serangan berbagai penyakit termasuk demam berdarah. Jadi, saat tubuh  terkena virus maka mekanisme daya tahan tubuh akan membantu melawannya.

Daya tahan tubuh yang kuat akan mrmbantu mencegah infeksi nyamuk, sebaliknya jika daya tahan tubuh lemah dan trombosit semakin berkurang, tubuh sangat membutuhkan perawatan penuh. Itulah yang dapat disimpulkan dari langkah mudah menjaga tubuh di musim hujan dari serangan demam berdarah. Jika memungkinkan selalu lindungi tubuh dari lotion anti gigitan nyamuk.

Demikian cara mudah yang mudah-mudahan dapat membantu Anda terhindar dari bahaya demam berdarah. Sudah saatnya Anda menjadi bagian dari gaya hidup sehat yang senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. Dan jangan sampai ada keluarga atau kerabat kita yang mengalami demam berdarah akibat dari kurangnya kesadaran diri dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top