Manfaat Tanaman

Musim Hujan Awas Demam Berdarah. Cegah Dengan Tanaman Pengusir Nyamuk

Musim Hujan Awas Demam Berdarah. Cegah Dengan Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman pengusir nyamuk di rumahSelama ini nyamuk menjadi musuh manusia yang sulit dihindari. Sepanjang hari populasi nyamun kian bertambah dan tentu membuat manusia sulit mencegahnya. Belum lagi gigitan nyamuk dapat menyebabkan ragam penyakit seperti demam berdarah, malaria dan gigitannya pun bisa sebabkan gatal, kemerahan atau bentol-bentol. Beberapa cara mengusir bisa dengan menyemprotkan obat, obat nyamuk bakar atau elektrik dan bisa juga dengan cara aman salah satunya dengan menanam tanaman pengusir serangga ini. Tanaman pengusir nyamuk bisa dipilih sebagai alternatif aman. Dan berikut daftar tanaman yang bermanfaat untuk mengusir nyamuk di rumah Anda.

Musim Hujan Awas Demam Berdarah. Cegah Dengan Tanaman Pengusir Nyamuk

Sponsor: kezia skin expert

1. Serai wangi

Tanaman serai selain bisa digunakan untuk bumbu penyedap makanan, ternyata sudah lama dipakai oleh masyarakat tradisional sebagai tanaman pengusir nyamuk. Aroma serai yang begitu tajam ternyata tidak terlalu disukai oleh nyamuk. Maka tak heran jika kini banyak dimanfaatkan lilin aroma terapi, lotion maupun sabun dengan aroma serai yang berguna melindungi tubuh dari gigitan nyamuk. Serei bisa menjadi tanaman alternatif pengusir nyamuk yang sangat ramah terhadap lingkungan. Tanaman serei bisa Anda ambil manfaatnya dengan memeliharanya di pekarangn rumah atau dekat dengan jendela kamar. Tanaman ini memang kurang cocok jika ditanam didalam pot akan tetapi solusinya bisa Anda tanaman dibawah jendela, dekat pintu atau sekitar rumah. Wangi serei membantu mengusir nyamuk dan aromanya membantu relaksasi penghuni rumah.

Musim Hujan Awas Demam Berdarah. Cegah Dengan Tanaman Pengusir Nyamuk

2. Lemon balm

Lemon balm sebenarnya tanaman yang lebih mirip mint. Merupakan herbal mint yang memiliki bunga berwarna putih dan aromanya wangi mirip aroma buah lemon. Tanaman herbal ini bermanfaat untuk bumbu penyedap rasa salah satunya pelengkap aroma teh herbal. Selain itu, aromanya yang tajam membuat tanaman ini bisa dijadikan obat pengusir nyamuk. Lemon balm mengandung senyawa sitronelal yang ampuh usir nyamuk mengingat aroma jeruk merupakan wewangian yang tidak disukai oleh nyamuk. Supaya bisa memperoleh manfaatnya untuk usir nyamuk dengan cepat, gunakan beberapa daun segar, hancurkan dan gosok pada kulit. Anda juga bisa menanamnya dipekarangan rumah akan tetapi harus berhati-hati sebab tanaman ini bersifat invasif atau pertumbuhannya cenderung lebih cepat. Supaya tumbuhnya tidak melebihi 2 meter, panggas secara rutin.

Musim Hujan Awas Demam Berdarah. Cegah Dengan Tanaman Pengusir Nyamuk

3. Lavender

Bunga lavender masuk kedalam tanaman beraroma angin dan dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk. Bunga ini mudah dikenali dari warnanya yang ungu dan wanginya yang khas. Minyak lavender sering dijadikan bahan campuran untuk lotion atau aroma terapi. Aroma lavender termasuk yang tidak disukai oleh nyamuk karena wanginya mengadung zat linalool dan lynalyl asetat. Kedua zat ini adalah wangi yang tidak disukai oleh nyamuk untuk itu Anda dapat letakkan bunga lavender didalam pot dan dekatkan dengan jendela kamar atau dekat pintu masuk rumah. Meski tanaman ini berasal dari Swiss akan tetapi mudah sekali ditanam dan berkembang didaerah tropis Indonesia.

Musim Hujan Awas Demam Berdarah. Cegah Dengan Tanaman Pengusir Nyamuk5

4. Catnip

Tanaman selanjutnya dapat bantu usir nyamun dengan sangat aman adalah Nepeta cataria atau tanaman catnip. Tanaman ini lebih sering digunakan untuk merangsang kucing supaya lebih aktif. Tanaman liar catnip selain dapat membuat perilaku kucing menjadi aktif ternyata ampuh mengusir nyamuk. Menurut penelitian, catnip mengandung senyawa berupa minyak essensial yang dikenal dengan nama nepetalactone. Senyawa inilah yang berperan mengusir nyamuk dan manfaatnya lebih tinggi ketimbant obat Diethyl-meta-toluamide atau obat DEET yang mengandung unsur kimia yang berpotensi buruk bagi kesehatan. Anda bisa menanam catnip di pekarangan rumah atau area dekat pagar. Tanaman ini pertumbuhannya sangat cepat sehingga Anda bisa memangkasnya dengan rutin agar tidak menghalangi pemandangan.

Musim Hujan Awas Demam Berdarah. Cegah Dengan Tanaman Pengusir Nyamuk

5. Bawang putih

Bawang putih memang kaya manfaat bagi tubuh. Aroma khasnya yang ditimbulkan ternyata juga ampuh mengusir nyamuk. Bawang putih dapat digunakan untuk mengusir serangan gigitan nyamuk dan mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan. Menurut sumber luar negeri, penelitian menyebut bahwa aroma bawang putih sangat tidak disukai nyamuk. Cara membuat ramuan untuk melindungi tubuh dari gigitan nyamuk adalah mencampur petroleum jelly, minyak lebah dengan bawang putih. Akan tetapi jika ingin melindungi satu rumah coba letakkan bawang putih yang sudah diiris dan letakkan ke tempat yang memiliki sirkulasi udara seperti dekat jendela atau pintu. Biar aromanya tak terlalu menyengat bisa tambahkan minyak essensial lavender.

     Musim Hujan Awas Demam Berdarah. Cegah Dengan Tanaman Pengusir Nyamuk

6. Geranium atau tapak dara

Pernah dengar tentang tanaman geranium? Bunga dari tanaman ini cukup indah untuk kita tanam dipekarangan rumah karena warnanya yang beragam, ada merah, pink, putih bahkan biru. Selain fungsinya sebagai tanaman hias, geranium mengandung minyak essensial untuk obat tradisional. Ternyata bunga geranium memiliki aroma khas yang ampuh usir nyamuk sementara mengoleskannya ke permukaan kulit dapat mencegah gigitan nyamuk. Bunganya yang dikenal dengan nama tapak dara juga mengandung zat geraniol dan sitronelol, dimana kandungan zat inilah yang tidak disukai oleh nyamuk. Saat bunganya tertiup angin, aromanya yang khas keluar dan membuat nyamuk menjauh darinya. Cobalah tanam bunga geranium didalam pot lalu letakkan didalam ruangan. Atau letakkan dipekarangan rumah dekat denagn jendela kamar atau sampik pintu masuk. Bukan hanyak ampuh usir nyamuk, ternyata geranium juga cantik ditanaman sebagai bunga hias.

Demikian tanaman-tanaman yang bermanfaat usir nyamuk di dalam rumah. Beberapa tanaman bahkan memiliki bunga yang indah sehingga cocok ditanaman untuk pagar tanaman rumah. Bisa juga dijadikan lotion atau minyak gosok. Semoga jenis tanaman pengusir nyamuk di rumah Anda ini dapat bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top