Motivation

Musim CPNS Telah Tiba. Ini Dia Tips Agar Lancar Seleksi

Musim CPNS Telah Tiba. Ini Dia Tips Agar Lancar Seleksi

Tips agar lancar seleksi CPNS. Pada tahun 2017, penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil telah kembali dibuka. Peluang besar yang sudah lama dinanti para pelamar kerja Indonesia sudah didepan mata. Baik yang baru lulus atau yang sudah lulus lama juga bisa melamar menjadi Pegawai Neger Sipil atau PNS. Meski antusias para pencari kerja tidak sebesar dulu, tetapi masih ada juga orang yang memimpikan bisa bekerja sebagai bagian dari Negeri. Melalui situs resminya, pemerintah Indonesia membuka kesempatan kerja bagi pegawai baru sebanyak 17.928 lowongan. Anda berminat menempuh karir dengan bekerja di salah satu dari 60 kementrian berbeda? Agar bisa lancar menghadapi seleksi, berikut ini penting disiapkan tips agar bisa lolos seleksi PNS.

Musim CPNS Telah Tiba. Ini Dia Tips Agar Lancar Seleksi

Sponsor: halo jasa

1. Telitilah membaca peraturan & persyaratan dan selama mengirim berkas lamaran

Usahakan untuk tidak malas dalam membaca serta memahami peraturan yang diterbitkan panitia seleksi CPNS. Jeli juga dalam membaca setiap peraturan penting yang ada, jika perlu catat seluruh informasi penting. Jika Anda sudah mendaftar, periksa kembali informasi pembaharuan baik itu jadwa tes, pemilihan berkas atau seleksi tahap awal dan akhir. Usahakan menuntaskan semua berkas yang harus dikirim dan pahami mekanisme perekrutan CPNS.

tips agar lancar seleksi cpns

2. Siapkan berkas dan surat penting jangan sampai deadline

Sebaik mungkin menyiapkan semua berkas dan surat penting sebelum akhir perekrutan ditutup. Baca dengan teliti tentang semua syarat yang diminta oleh lembaga yang Anda lamar. Lebih cepat tidak usah menunda melamar atau mengirim berkas karena siapa tahu kuota sudah memenuhi dan ditutup sebelum tanggal deadline. Biasanya beberapa surat keterangan sehat atau berkelakuan baik sangat dibutuhkan untuk itu cobalah urus berkas tersebut secepat mungkin. Begitu juga dengan legalisir ijazah atau surat penting lainnya. Kelengkapan berkas jadi kunci tidaknya Anda lolos pendaftaran.

Musim CPNS Telah Tiba. Ini Dia Tips Agar Lancar Seleksi

3. Usahakan mempelajari kembali pelajaran semasa sekolah 

Mulailahlah kembali mempelajari pelajaran yang sudah diterapkan selama sekolah dulu mulai dari matematika dasar, pengetahuan umum hingga pelajaran undang-undang. Umumnya pelajaran yang dibahas adalah mata pelajaran yang sudah dipelajari di masa sekolah bukan semasa kuliah. Jadi jangan sepelekan buku-buku pelajaran sekolah karena itu bisa membantu Anda mengingat kembali pelajaran penting. Jika buku Anda sudah hilang bisa meminjam buku milih adiknya atau meminta bantuan pada sejumlah bimbingan belajar khusus yang memiliki soal-soal ujian CPNS.

Musim CPNS Telah Tiba. Ini Dia Tips Agar Lancar Seleksi

4. Tes psikologi usahakan mengerjakan dengan jujur dan sesuai kata hati

Bila tiba waktunya tes psikologi maka usahakan untuk mengerjakan dengan jujur dan jangan mengarangnya. Biasanya, soal-soal tentang psikotes justru mengharuskan Anda memikirkan jawaban dengan singkat dan bukan terlalu banyak mengarang. Tes seperti ini umumnya dibuat oleh ahlinya dengan dengan sedemikian rupa sehingga meski Anda berusaha mengarang banyak maka bisa jadi akan sia-sia. Paling penting adalah jujur dan konsisten, tanyakan pada hati apakah Anda sudah benar-benar siap menjadi PNS.

Musim CPNS Telah Tiba. Ini Dia Tips Agar Lancar Seleksi

5. Percaya diri bahwa Anda pantas diterima

Percaya diri selama mengikuti jalannya seleksi CPNS bisa membantu Anda ketika proses seleksi wawancara. Dengan begitu tip pewawancara akan menilai apakah Anda layak untuk menjadi bagian dari pegawai negeri. Bagaimana caranya? Ya tentunya harus mempelajari dengan cermat tentang posisi yang sedang dilamar. Usahakan menyesuaikan sesuai dengan skill dan minat, jangan sampai nanti Anda tidak mengerti soal lembaga yang dilamar hanya kerana ikut-ikutan teman atau pesan orangtua. Saat seleksi wawancara dimulai, coba berbaur dengan menggunakan bahasa tubuh yang sopan dan santun. Saat memberikan jawaban usahakan tepat, tegas dan dapat dipraktekkan. Jangan terlalu menjawab dengan diplomatis saja tetapi akan lebih baik dengan menunjukkan pengalaman Anda sebelumnya.

Musim CPNS Telah Tiba. Ini Dia Tips Agar Lancar Seleksi

6. Periksa tempat ujian sehari sebelum ujian dimulai

Sebelum ujian PNS dimulai, pastikan Anda memiliki waktu longgar sehari untuk memeriksa tempat ujiannya. Jika perlu datanglah di lokasi ujian lebih awal. Biasanya hal ini sering disepelekan oleh para pelamar kerja sehingga tak sedikit dari mereka yang terlambat tiba sehingga gagal mengikuti ujian. Jadi, tidak ada adalah untuk meluangkan sedikit waktu melihat dimana tempat ujian tulis yang sudah dipesiapkan panitia. Jika ujian dilaksanakan tepat pukul 7 pagi, maka satu jam sebelumnya Anda sudah harus berada di lokasi untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan seperti tertinggalnya kartu ujian atau lain sebagianya.

tips agar lancar seleksi cpns

7. Jangan sepelekan kesehatan dan jaga kebugaran

Satu hal lagi yang tak kalang penting selama melangsungkan seleksi CPNS yakni menjaga kebugaran tubuh. Bukan hanya pengetahuan dan prestasi akademis saja yang jadi faktor penentu kelulusan namun juga kesehatan. Gaya hidup yang sehat harus Anda terapkan mulai dari sekarang misalnya makan dengan porsi benar, rutin berolahraga dan periksa kesehatan dengan rutin. Mengapa hal ini penting? Sebab tak sedikit calon PNS yang gagal di tahap tes kesehatan meski nilai ujiannya memuaskan. Walau penampilan dan tubuh Anda ideal, belum tentu kesehatan akan sama. Oleh sebab itu periksalah kadar gula, kolesterol atau darah Anda untuk menjaga-jaga.

Demikian tips mudah yang bisa Anda praktikkan agar tes CPNS sukses dan berjalan lancar. Sebenarnya peluang untuk sukses dan diterima sebagai pegawai juga tidak harus bergantung pada CPNS, Anda pun bisa berpeluang menjadi karyawan suatu perusahaan sesuai impian. BersAma ini Halo Jasa memberi kesempatan Anda untuk bisa memiliki pekerjaan impian melalui berbagai pilihan jasa outsorcing.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top