Manfaat Tanaman

Mulailah Rawat Kecantikan Anda Lewat Manfaat Minyak Biji Jarak

Mulailah Rawat Kecantikan Anda Lewat Manfaat Minyak Biji Jarak Dan Cara Memakainya

Manfaat minyak biji jarak. Tanaman jarak bisa diolah menjadi bahan yang bermanfaat salah satunya berupa minyak jarak. Minyak jarak yaitu berasal dari biji tanaman jarak yang telah diektrak dan sering dipakai untuk keperluan medis. Tanaman jarak atau bahasa Latin nya riccnius communis merupakan tanaman yang dapat tumbuh di dareah tropis khususnya di Indonesia. Cukup lama dijadikan obat pencahar serta obat untuk persalinan. Memasuki tahun 2012, minyak jarak bukan hanya dipakai sebagai obat bagi kesehatan tubuh tetapi juga dimasukkan ke dalam bahan produk kosmetik. Jadi seperti apakah manfaat minyak dari biji jarak bagi kesehatan kulit dan wajah?

Mulailah Rawat Kecantikan Anda Lewat Manfaat Minyak Biji Jarak Dan Cara Memakainya

Sponsor: cream pemutih wajah

Sejumlah manfaat minyak biji jarak untuk kecantikan

Manfaat menakjubkan minyak biji jarak bagi kecantikan berasal dari informasi yang dilansir di salah satu media online luar negeri. Disebutkan bahwa telah dilakukan sebuah studi ilmiah pada tahun 2012 dimana minyak biji jarak sangat baik untuk kulit wajah. Ditemukan bahwa minyak biji jarak mengandung kaya anti oksidan dan bersifat antibakteri. Sekitar 90% kandungan minyak terbuat dari asam risinoleat atau istilahnya asam lemak poten. Inilah yang menjadi bahan yang dikenal oleh para ilmuan sebagai bahan yang beranfaat untuk kulit. Dan berikut manfaat baik minyak biji jarak untuk kecantikan dan wajah.

Mulailah Rawat Kecantikan Anda Lewat Manfaat Minyak Biji Jarak Dan Cara Memakainya

1. Mencegah jerawat muncul

Ada banyak faktor penyebab jerawat pada wajah. Bukan hanya kebersihan tetapi juga pola makan, pola minum bahkan pengaruh hormon. Menurut penelitian dari North Carolina State University, ektrak biji jarak berperan sebaga bahan anti bakteri yang ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat. Ektrak biji mengandung asam sebagai senyawa pembunuh bakteri agne. Selain itu, minyak biji jarak bisa dipakai untuk mencegah jerawat semakin meradang. Jadi alangkah baiknya untuk rajin mencuci wajah lalu oleskan minyak biji jarak pada area yang terkena jerawat.

Mulailah Rawat Kecantikan Anda Lewat Manfaat Minyak Biji Jarak Dan Cara Memakainya

2. Mencegah keriput atau penuaan dini

Keriput dan garis halus di wajah, sekitar dahi atau area mata merupakan hal yang wajar. Apalagi semakin bertambahnya usia, keribut dapat muncul kapan saja. Selain itu, kemunculan keripun bukan hanya faktor usia teapi juga lingkungan. Polusi, radikal bebas, makanan atau gaya hidup menjadi faktor utama penyebab keriput. Masalah tersebut dapat diminamilir dengan meoleskan minyak biji jarak pada area wajah yang mulai kendur. Kandungan antioksidan sangat penting untuk melawan radikal bebas penyebab keriput. Dan minyak ini termasuk minyak alami yang kaya antioksidan.

Mulailah Rawat Kecantikan Anda Lewat Manfaat Minyak Biji Jarak Dan Cara Memakainya

3. Mengobati bibir kering

Bibir kering bisa menimbulkan iritasi dan rasa tidak nyaman. Bibir kering juga akan membuat lapisan kulit di area bibir mudah terkelupas atau pecah-pecah sehingga membuat penampilan kurang maksimal. Cara melembabkan kembali bibir yang kering adalah dengan mengoleskan minyak biji jarak sebagai pelembab bibir. Minyak biji jarak mengandung senyawa emolien yang baik untuk melembabkan bibir kering. Anda bisa mengoleskan minyak sebagai lip gloss setiap saat. Jika perlu oles pada malam hari supaya di pagi hari bibir menjadi elastis dan lembut.

Mulailah Rawat Kecantikan Anda Lewat Manfaat Minyak Biji Jarak Dan Cara Memakainya

4. Melembapkan kulit tubuh

Selain melembabkan area bibir, minyak essensial ini juga bisa menjaga kelembabpan kulit tubuh, mencegahya kering dan bersisik. Senyawa emolien dan trigliserida pada minyak ampuh membuat kulit kembali elastis sehingga tidak terasa kering sepanjang hari. Minyak biji jarak juga memiliki sifat humektan atau sifat yang bisa menarik uap air dari udara ke dlaam kulit. Sehingga meskipun cuaca tengah panas, kulit tetap terhidrasi dengan baik. Semakin lembab kulit Anda maka semakin sehat. Kulitpun akan bersih dan mulus.

Mulailah Rawat Kecantikan Anda Lewat Manfaat Minyak Biji Jarak Dan Cara Memakainya

5. Anti peradangan

Sifat lain dari minyak biji jarak adalah sebagai zat yang ampuh untuk mengatasi peradangan dan pembengkaan di area kulit. Sifatnya yang antiradang akan membantu meringankan rasa sakit dan melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Sementara untuk jerawat yang muncul, minyak bersifat anti pembengkakan meski jerawat tengah meradang. Minyak juga baik dipakai pada area bawa mata yang bengkak dan muncul kantung mata.

Mulailah Rawat Kecantikan Anda Lewat Manfaat Minyak Biji Jarak Dan Cara Memakainya

Cara tepat menggunakan minyak biji jarak untuk wajah

Tekstur dari minyak biji jarak cupup pekat dan padat, sehingga agar komposisinya tepat digunakan pada wajah Anda dapat mencampurkan minyak dengan minyak kelapa, minyak zaiatun, minyak alpukat, minyak almond atau butter. Cara ini bisa membantu supaya minyak dapt terserap sepenuhnya oleh kulit wajah karena teksturnya yang terlalu pekat. Langkah untuk mengaplikasikan minyak adalah sebagai berikut;

Pertama bersihkan wajah Anda dengan air atau pembersih wajah. Pembersihan dilakukan supaya wajah bebas dari kotoran atau sisa make up yang dapat menghambat penyerapan minyak ke dalam pori-pori. Selanjutnya siapkan minyak biji jarak dan minyak lain seperti yang sudah disebutkan. Anda dapat menakar perbandingan 50:50 atau sesuai selera agar tekstur minyak jarak lebih cair. Berikutnya segera aplikasikan pada area wajah dengan mengoleskan minyak sedikit demi sedikit sambil pijat kulit wajah dengan perlahan. Diamkan wajah yang telah dibeeri minyak sekitar 3 menit sebelum dibersihkan. Siapkan kain lembut dan masukkan ke dalam air hangat. Bilas wajah dengan kain yang telah dibasahi tadi. Agar hasilnya maksimal, lakukan perawatan ini setiap malam secara rutin.

Terkait efek samping yang mungkin ditimbulkan adalah bisa mengakibatkan iritasi untuk jenis kulit yang sensitif. Untuk itu sebelum mengoleskan minyak, alangkah baiknya melakukan uji sensitivitas pada kulit. Setiap efek yang ditimbulkan akan berbeda tergantung jenis kulit. Ada yang muncul alergi seperti ruam merah atau pembengkakakn. Namun apabila kulit Anda tak menimbulkan iritasi apapun, Anda bisa mulai mengaplikasikan pada wajah dan bibir. Demikian yang bisa disampaikan terkait manfaat luar biasa minyak biji jarak untuk kecantikan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top