Tips & Trik Parent

Mudik Dengan Buah Hati, Amankah?

Apakah Anda memiliki buah hati yang masih kecil? Pernahkah Anda merasa khawatir saat membawa buah hati tersebut untuk mudik? Beberapa orang mungkin akan merasakan hal tersebut. Wajar saja karena buah hati yang masih kecil rentan terkena flu dan juga penyakit lainnya saat perjalanan berlangsung. Beberapa orang tua lainnya menyarankan untuk tidak membawa buah hati saat bila perjalanan yang ditempuh sangat lama dan jauh. Bagaimana menurut Anda, mudik dengan buah hati, amankah?

mudik dengan buah hati, amankah.2

Sponsor : perawatan wajah terbaik

Aman tidaknya buah hati saat ikut bersama orang tua mudik sebenarnya tergantung dengan bagaimana orang tua tersebut melakukan beberapa hal termasuk persiapan sebelum mudik. Tak hanya itu, bila orang tua benar-benar bisa menjaga kondisi buah hati saat dijalan, bukan tidak mungkin keamanan bisa dirasakan oleh sang buah hati. Apa saja yang harus kita lakukan sebagai orang tua agar sang buah hati merasa nyaman, aman dan dalam kondisi sehat saat melakukan perjalanan mudik? Berikut adalah beberapa hal yang harus kita lakukan.

  1. Bawa perlengkapan buah hati

Bagaimana membuat buah hati aman dan nyaman saat mudik bersama kita? Hal pertama yang harus kita persiapkan ialah perlengkapan buah hati. Bila buah hati berusia kurang dari 10 tahun tentu ada banyak perlengkapan yang harus dipersiapkan. Meski begitu, tidak semua perlengkapan harus dibawa ya. Pastikan untuk memilah-milah perlengkapan yang wajib dibawa dan kurang begitu pas untuk dibawa saat mudik. Bila Anda mudik menggunakan mobil maka perlengkapan buah hati yang berukuran besar bisa dibawa akan tetapi, bagaimana bila kita mudik menggunakan transportasi umum? Bila kita mudik dengan menggunakan transportasi umum sebaiknya kita hanya membawa barang-barang yang berukuran kecil dan sederhana saja. Perlengkapan seperti minyak khusus buah hati juga tak boleh dilupakan.

  1. Perhatikan cuaca saat mudik

Tak hanya membawa sejumlah perlengkapan praktis khusus buah hati, saat mudik bersama buah hati, sebagai orang tua kita juga harus mempertimbangkan cuaca dan kondisi. Cuaca sedikit banyak akan mempengaruhi kesehatan sang buah hati. Bila ingin mudik, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu prediksi cuaca pada saat Anda berangkat mudik. Bila pada saat mudik cuaca berubah, tak ada salahnya sebelum berangkat mudik, Anda mempersiapkan beberapa perlengkapan untuk menangkis cuaca. Misalnya bila Anda mudik pada saat cuaca musim penghujan, Anda bisa mempersiapkan payung ataupun jas hujan. Bila Anda mudik pada saat cuaca dingin, jangan lupa untuk melengkapi buah hati Anda dengan jaket yang tebal. Lengkapi pula tubuh buah hati dengan sarung tangan khusus bayi dan pakaian yang nyaman.

  1. Bawa mainan praktis buah hati

Agar membuat buah hati nyaman dan aman saat perjalanan mudik, sebagai orang tua kita juga harus mempertimbangkan untuk membawa mainan yang disukai oleh buah hati. Meski begitu, tidak semua mainan yang disukai anak harus selalu dibawa saat mudik. Sebaiknya bawalah mainan yang terlihat praktis saat dibawa kemana-mana. Mainan semacam ini akan mudah dibawa dan mudah disimpan saat mudik. Bila perlu bawalah mainan kesukaan anak Anda yang berukuran kecil. Beri pengertian pada anak Anda bahwa tidak semua mainan yang dimiliki harus dibawa mudik. Agar buah hati setuju dengan apa pendapat kita, buatlah alasan yang tepat kepada anak. Salah satu keuntungan membawa mainan kesukaan saat mudik ialah anak tidak akan bosan selama perjalanan. Perjalanan yang panjang terkadang akan membuat buah hati rewel. Oleh karena itu, jurus jitu agar anak tetap tenang ialah dengan membawa mainan kesukaan sang anak.

  1. Bawa kotak obat untuk anak

Selain beberapa hal di atas, Anda juga perlu membawa kota obat. Mengapa kota obat sangat penting? Saat perjalanan, kita harus menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Meski sebagai orang tua kita pasti tidak menginginkan kesehatan buah hati terganggu. Oleh karena itu, untuk memastikan kesehatan sang buah hati tetap terjaga dengan baik, tidak ada salahnya meminta anak untuk meminum vitamin sebelum perjalanan. Pastikan pula bahwa buah hati tidak mabuk perjalanan karena hal tersebut akan mengganggu perjalanan dan membuat buah hati tidak nyaman. Cara jitu mencegahnya ialah dengan memberikan obat anti mabuk perjalanan kepada anak sebelum memulai perjalanan. Simpan pula obat lainnya seperti obat batuk, flu, obat anti mabuk serta obat-obat lainnya. Bila anak kita memiliki riwayat penyakit tertentu, obat wajib yang harus ada di kotak obat ialah obat tersebut. Pastikan Anda sudah mengecek jumlah obat agar tidak kehabisan obat karena obat untuk penyakit tertentu tidak bisa didapatkan di sembarang toko obat.

Nah, itulah beberapa cara yang sebaiknya dilakukan apabila kita mudik dengan buah hati. Keamanan dan kenyamanan sang buah hati saat mudik tergantung dari persiapan yang kita lakukan. Terakhir, bila kita menggunakan kendaaraan pribadi cek terlebuh dahulu keamanan kendaraan tersebut. Berikan ruang untuk anak agar anak-anak kita bisa istirahat saat perjalanan mudik masih berlangsung. Para orang tua yang mudik bersama anak juga sebaiknya tidak memaksakan diri untuk melajukan kendaraan dalam keadaan lelah. Dalam kasus ini, istirahat di beberapa kesempatan harus dilakukan agar keamanan keluarga juga terjamin.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top