Fashion

Model Baju Muslim Modern

Mengenakan busana muslim terutama wanita memang merupakan kewajiban yang tidak bisa ditunda. Berbusana muslim merupakan suatu cara untuk menutup aurat sesuai dengan tuntunan syariat agama Islam bagi semua wanita muslim, dari ujung kepala hingga kaki, kecuali wajah dan telapak tangan. Dengan perkembangan mode seiring dengan perkembangan jaman, baju muslim mengalami perkembangan menjadi lebih modern. Modernisasi ini terlihat dari semakin banyaknya variasi model, bahan kain, warna, dan pernik-pernik yang berhubungan desain busana muslim itu sendiri. Cukup ditekankan bahwa mengenakan busana muslim sebenarnya bukan merupakan suatu tren mode saja, melainkan suatu kewajiban yang harus dilakukan, bukan hanya dilihat dari segi penampilan semata. Berbusana muslim hendaknya mengutamakan unsur syar’i yaitu tidak ketat alias longgar, tidak tipis, tidak transparan, dan tidak berlebihan.

Model Baju Muslim Modern

Baju muslim modern untuk wanita mulai berkembang dengan beberap model. Namun tidak semua orang cocok untuk mengenakannya. Setiap orang memiliki karakteristik tubuhnya sendiri untuk mengenakan suatu busana muslim yang cocok untuknya, dilihat dari desain, bahan kain, warna, dan motif busananya. Berikut ini ulasan tentang jenis-jenis desain busana muslim modern yang wajib dimiliki untuk mendukung penampilan:

  1. Gamis atau dress

Gamis merupakan desain baju muslim bertema one piece, maksudnya terdiri satu potong busa terusan mulai dari tubuh atas hingga ke bawah menutupi keseluruhan aurat wanita. Selain istilah gamis, bisa disebut pula dengan sebutan dress panjang. Gamis ini biasanya cocok digunakan kapan saja, tinggal menyesuaikan kondisi situasi. Gamis yang cocok untuk pesta misalnya, bisa ditambahkan sentuhan renda, brokat, bordir dan payet agar tampak bercorak dan detailnya lebih menarik sehingga bisa disebut sebagai busana pesta sebagai baju muslim modern. Untuk lebih mempercantik lagi, terkadang bisa diberikan sentuhan tambahan berupa draperi yang menjuntai. Dengan banyaknya variasi desain sentuhan ornamen yang menghiasi baju muslim akan semakin menunjukkan kesan modern pada baju muslim. Hal ini karena desain baju muslim yang konvensional biasanya cenderung monoton dan hanya digunakan untuk kegiatan keagamaan saja.

  1. Kaftan

Kaftan adalah salah satu jenis baju muslim modern yang cukup in pada tahun-tahun belakangan ini. istilah kaftan merupakan baju longgar yang panjang dengan potongan mirip seperti baju berbentuk kelelawar atau batwing. Kaftan merupakan baju muslim yang diadaptasi dari daerah Timur Tengah. Kaftan merupakan baju muslim yang cukup modern dengan desain dan bahan kain yang bervariasi. Kaftan bisa dibuat dari bahan brokat, kain satin, sutra bahkan bahan bermotif sekelas kain batik Indonesia. Keragaman inilah yang menjadikan kaftan menjadi salah satu jenis baju muslim modern yang digemari di Indonesia.

  1. Kebaya muslim

Kebaya merupakan baju yang “Indonesia banget”. Model kebaya merupakan warisa budaya Indonesia terutama di tanah Jawa. Kebaya bisa didesain dengan model one piece ataupun two pieces. Kebaya muslim one piece mirip seperti gamis atau dress, namun dengan ciri potongan yang agak berbeda. Kebaya muslim menjadi tren budaya yang cukup mengalami modernisasi cukup pesat, termasuk beradaptasi dengan budaya Islam yang syar’i menutup aurat. Untuk model two pieces, kebaya bisa dipadukan dengan rok bawahan atau kain jarik bernuansa batik. Untuk bahan kain kebaya saat ini juga cukup beragam dari awalnya dulu yang sering menggunakan kain brokat.

  1. Tunik

Tunik merupakan salah satu jenis baju muslim modern atasan, yang bisa dikombinasikan dengan bawahan berupa rok atau celana. Modelnya pun kini beraneka ragam, termasuk dilihat dari jenis bahan kain, motif dan warnanya. Baju tunik akan terkesan lebih modern, biasanya dilihat dari variasi dan bentuk desainnya. Sebagai contoh variasi lengan yang bervolume seperti balon, atau penambahan kerutan di bagian bawah lengan. Untuk tunik sebagai baju musli, identik dengan atasan yang cukup pajang menutupi pinggul dan pantat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top