Gosip

Mitos Tentang Rambut Yang Sama Sekali Tidak Benar

Mitos Tentang Rambut Yang Sama Sekali Tidak Benar

Rambut bagi wanita dan pria adalah mahkota oleh sebab itu perlu untuk kita merawatnya sebaik mungkin. Sayangnya ada mitos salah kaprak tentang rambut yang ternyata sudah lama tidak kita sadari. Bahkan kadang masyarakat mempercayai begitu saja. Mau tahu mitos apakah itu? Berikut mitos tentang rambut yang sama sekali tidak benar.

Sponsor: pemutih wajah

1. Rambut akan cepat memanjang kalau sering dipotong

Menurut Dr. Doris Day, ahli dermatolog dari New York, tidak ada kaitanya antara terlalu sering memotong rambut dengan efek yang membuat rambut akan lebih cepat panjang. Tumbuhnya rambut sebenarnya dipengaruhi oleh folikel pada kulit kepala yang menjadi penentu seberapa cepatnya rambut tumbuh. Sementara memangkas rambut bisa memberikan efek seolah rambut cepat tumbuh dan tebal. Hal tersebut akibat pengaruh dari rambut yang bercabang dan rusaknya ujung rambut sehingga membuatya tampak kusam dan tipis. Jadi setelah rambut dipangkan akan memberi efek lebih tebal dan sehat.

2. Uban di rambut muncul akibat stres

Banyak yang percaya bahwa rambut beruban akibat kita sering stress. Padahal semua itu tidak benar. Uban sebenarnya diakibatkan oleh melanosit tubuh yang menghasilkan pigmen warna rambut. Jika pigmen rambut berwarna putih atau abuabu artinya pigmen melanosit mulai berkurang. Selain itu, faktanya adalah uban bisa diakibatkan oleh genetik, gaya hidup dan makanan.

3. Kalau dicabut, uban akan muncul dua kali lebih banyak

Munculnya uban adalah proses alami yang dihasilkan oleh tubuh berkat perubahan pigmen rambut. Jika rambut beruban dicabut nyatanya tidak membuat uban makin banyak. Justru sebaliknya, bisa berdampak pada peradangan folikel rambut dan memicu kerontokan dan berkurangnya jumlah rambut di kepala.

4. Sering menyisir akan membuat rambut jadi tambah sehat

Menurut penata rambut prifesional Mika Fowler dari Beverly Hills menegaskan bahwa menyisir rambut terlalu sering justru tidak baik dan bisa membuatnya makin tak sehat. Jadi kunci agar rambut tetap sehat dengan menyisir perlahan dari ujung kepala ke seluruh rambut agar minyak alami rambut dapat merata sehingga rambut jadi lembab bercahaya. Selain itu, kebiasaan menyisir rambut terlalu sering bisa menimbulkan kerusakan kutikula rambut, terkikisnya folikel rambut dan membuatnya makin tipis.

5. Rambut berminyak tidak boleh pakai conditioner

Munculnya minyak berlebih di rambut akibat banyaknya sebum rambut penghasil minyak. Sebenarnya fungsi minyak rambut adalah untuk melembabkan dan melindungi dari kekeringan rambut. Sementara fungsi conditioner adalah menutrisi, sekaligus melembabkan, dan menjaga rambut tetap kuat. Jadi tips agar rambut yang berminya tidak makin berminyak dengan menggunakan sampo khusus. Sementara yang ingin menggunakan conditioner bisa gunakan hanya di tengan dan ujung rambut saja.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top