Tubuh ku

Mitos Tentang Diet Yang Salah

Apakah sekarang anda sedang berusaha menurunkan berat badan? Sebelum anda menyerah dalam menerapkan diet, mungkin anda harus membaca mitos tentang diet yang salah yang akan di bahas dalam artikel berikut ini. Jadi bukan berarti diet anda tidka berhasil, karena mungkin disebabkan anda juga menerapkan diet yang salah. Simaklah ulasan singkat di bawah ini.

Mitos Tentang Diet Yang Salah

sponsor: dr rochelle skin expert.

Mitos Tentang Diet Yang Salah

1. Mitos Pertama
Mitos
Diet rendah lemak atau tanpa lemak baik untuk anda.
Fakta
Seorang ahli gizi mengatakan, orang-orang cenderung berpikir mereka harus melakukan diet rendah lemak untuk menurunkan berat badan, tapi tahukah anda sepertiga kalori berasal dari lemak. Tubuh sangat membutuhkan lemak untuk stamina, perbaikan jaringan, dan menyalurkan vitamin A, D, E, dan K ke seluruh tubuh.
Sebagai pedoman, anda perlu mencukupi 70 gram lemak sehari untuk wanita, dan 95gram lemak sehari untuk pria. Anda tidak perlu lagi mengikuti diet bebas lemak. Anda hanya perlu mengurangi lemak jenuh dan mengonsumsi makanan lemak tak jenuh yang biasa ditemukan dalam alpukat.

2. Mitos Kedua
Mitos
Diet atau puasa akan menurunkan berat badan dengan cepat
Fakta
Hal ini dapat dikatakan benar. Seorang ahli gizi mengatakan, diet atau puasa tidak hanya menghilangkan lemak tetapi bahkan jaringan dan otot. Hilangnya otot menyebabkan kelebihan metabolisme basal, yaitu jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Ini berarti tubuh anda akan membutuhkan lebih sedikit kalori dari pada biasanya, sehingga berat badan anda akan menurun.
Puasa memang sebuah cara yang direkomendasikan untuk menurunkan berat badan. Puasa juga sangat baik untuk menurunkan berat badan dalam jangka panjang

3. Mitos Ketiga
Mitos
Makan ketika malam hari menyebabkan gemuk
Fakta
Mungkin anda selalu mendengar bahwa makan di malam hari dapat menyebabkan gemuk dan jangan pernah melakukannya jika sedang berusaha menurunkan berat badan. Alasannya, tubuh akan menyimpan lebih banyak lemak, karena di malam hari kita kurang beraktivitas sehingga lemak tidak terbakar.
Sebuah penelitan justru menunjukkan hasil yang sebaliknya. Seorang yang diletakkan kalorimeter yaitu alat penghitung kalori pada tubuhnya, mereka diberi makan dengan porsi makan yang besar di siang hari dan porsi makan yang kecil di malam hari dalam satu periode tes. Pengujian kedua dilakukan dengan cara sebaliknya, yaitu makan dalam porsi yang ringan di siang hari dan porsi yang berat di malam hari. Hasilnya menunjukkan besarnya porsi makanan malam atau makan di malam hari tidak akan menyimpan lemak yang berlebih jika dibandingkan dengan siang hari.

4. Mitos Keempat
Mitos
Mitos tentang diet yang salah selanjutnya adalah metabolisme yang lambat dapat menurunkan berat badan.
Fakta
Ini adalah mitos yang banyak dikenal oleh orang-orang yang sedang berjuang menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan ketika metabolisme sedang beristirahat atau sedang lambat, maka jumlah kalori yang digunakan oleh tubuh juga lebih sedikit sehingga berpotensi menjadi gemuk.
Dengan kata lain, metabolisme yang lambat dan kurang lancar justru akan menimbun lebih banyak kalori dan meningkatkan berat badan.

5. Mitos Kelima
Mitos
Mitos tentang diet yang salah yang terakhir adalah semakin banyak makan semakin cepat dalam meningkatkan berat badan.
Fakta
Tahukah anda, berat badan adalah suatu proses yang lambat. Anda perlu mengonsumsi makanan dengan 7.000 kalori untuk mendapatkan 1 kilogram berat badan. Jika anda mendapati berat badan anda bertambah ketika mengonsumsi makanan dalam jumlah yang besar, mungkin ini karena cairan di dalam tubuh. Namun memang benar, makan dalam jumlah yang besar akan menambah berat badan dalam jangka panjang.

Demikian beberapa mitos tentang diet yang salah dan mungkin anda masih mempercayainya selama ini. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top