Gosip

Mitos Kesehatan Payudara Yang Terlanjur Banyak Dipercaya

Mitos Kesehatan Payudara Yang Terlanjur Banyak Dipercaya

Pernahkah mendengar seputar mitos kesehatan payudara yang terlanjur banyak dipercaya oleh wanita? Namun jangan asal percaya jika mitos tersebut telah beredar di masyarakat. Seperti yang kita tahu, payudara adalah bagian tubuh wanita yang ternyata rentang mengalami gangguan seperti penyakit kanker. Kondisi ini makin parah jika tidak dikuti dengan kebersihan dan pola sehat. Meski banyak informasi seputar payudara dan kesehatan, kamu pasti terkejut dengan mitos yang terlanjur dipercayai oleh banyak wanita. Agar kamu tak terjebak lagi, berikut mitos seputar kesehatan payudara wanita yang terlanjur banyak dipercayai.

Sponsor: cream perawatan wajah

Mitos 1: Menyusui Bisa Merusak Bentuk Payudara

Faktanya, menyusui tidak merusak bentuk payudara karena bagian tubuh ini sebenarnya bisa berubah bentuknya saat kamu hamil. Pada fase itu, kelenjar susu yang diproduksi makin banyak. Meski kamu tidak menyusui kelenjar susu juga masih diproduksi. Bahkan menurut penelitian, menyusui dapat melindungi payudara dari risiko kanker.

Mitos 2: Lari, Lompat, dan Olahraga Berat Lain Bisa Membahayakan Payudara

Bukan lari, lompat atau olahraga berat yang membuat payudara kamu kendur atau rusak melainkan usia. Yah usia adalah faktor utama terjadi perubahan pada bentuk dan volume payudara. Jadi meski kamu melakukan aktifitas harian, tak akan membuat payudara rusak melainkan usia yang membuatnya berubah. Bahkan olahrag seperti angkat beban bisa membuat bentuk payudara lebih kencang dan padat.

Mitos 3: Bisa Merasakan atau Melihatnya Sendiri Ketika Kamu Terkena Kanker Payudara

Banyak terapis atau bahkan dokter yang menyarankan melakukan tes diaknosa kanker atau tumor payudara sedini mungkin. Dengan memeriksa apakan terdapat benjolan atau rasa tak nyaman maka segeralah lakukan pemeriksaan. Ada yang menyarankan menggunakan mammography untuk mengetahui lebih detai tentang kesehatan payudara. Bahkan lebih baik berkonsultasi dengan dokter atau spesialis adalah hal yang lebih baik.

Mitos 4: Wanita Berpayudara Kecil Tidak Perlu Memakai Bra

Sama seperti tubuh, bentuk payudara setiap wanita juga berbeda-beda. Namun sayangnya ada mitos yang menyebut bahwa bentuk payudara yang kecil tidak mesti harus menggunakan bra. Padahal ada kelebihan bra yang baik digunakan oleh setiap wanita. Bra akan membuat kamu lebih nyaman saat mengenakan. Tak hanya itu, belum ada alasan yang menyebut bahwa ukuran bra berapa pun itu penting. Lebih baik pilih yang membuat kamu nyaman.

Mitos 5: Bra Berkawat Bisa Memicu Kanker Payudara

Pernahkah kamu mendengar mitos seputar kawat bra yang bisa memicu penyakit kanker? Padahal menutur payudara bernama Denduluri Neerima, M.D., yang bertugas menangani kesehatan dalam bidang Medical Oncology, Hematology and Internal Medicine  mengungkapkan bahwa memakai bra berkawat justru tidak menyebabkan kanker payudara. Namun pemakaian yang tidak tepat dengan bentuk payudara bisa membuat nyeri di tulang dada. Jadi meski kamu memakai bra berkawat, tidaklah masalah selain nyaman dan sesuai.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top