Rambut ku

Mitos Kebiasaan Merawat Rambut

Mitos Kebiasaan Merawat Rambut

Banyak kebiasaan atau tradisi dalam merawat rambut yang dilakukan orang tua kita pada zaman dahulu sehingga menjadi tradisi yang turun temurun dan menjadikan pegangan kita dalam merawat kencantikan dan kesehatannya, walaupun sebenarnya tidak semua kebiasaan tersebut dapat dibuktikan tingkat kebenarannya. Dikarenakan situasi tersebut timbullah berbagai mitos dalam dunia kecantikan. Berikut beberapa mitos kebiasaan merawat rambut, sehingga Anda bisa memahami dengan baik mana yang benarkan dan mana yang sebenarnya disalahkan .

Mitos Kebiasaan Merawat Rambut

sponsor: kezia skin expert.

  1. Sering Mencuci Rambut Membuat Rambut Kering Dan Rontok

Ternyata hal tersebut dinyatakan tidak benar. Frekuensi dalam berkeramas tidak berkaitan langsung dengan masalah rambut yang kering dan rontok. Batasi frekuensi mencuci rambut maksimal 3x dalam seminggu dan menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut anda. Jika anda merasa perlu keramas lebih dari 3x dalam seminggu, sebaiknya anda gunakan jenis shampo berbahan mild shampoo.

  1. Semakin Banyak Sampo Semakin Baik

Hal tersebut adalah tidak benar. Tidak perlu banyak menggunakan sampo, gunakanlah shampo secukupnya saja . keramas yang baik adalah ketika sampo sudah menutupi seluruh bagian rambut dan kulit kepala, itu tandanya sudah cukup. Bahkan apabila terlalu banyak menggunakan shampoo dan tidak bersih dalam membilas hal tersebut menimbulkan ketombe pada kulit kepala.

  1. Kondisioner Dapat Mengatasi Rambut Pecah-Pecah dan Bercabang

Hal tersebut tidaklah benar. Fungsi kondisioner sendiri adalah untuk melembutkan serta menghaluskan lapisan kutikula pada rambut, sehingga kondisi batang rambut menjadi lebih lembut dan mudah untuk diatur. Dengan demikian , fungsi kondisioner merupakan cara untuk mencegah sebelum terjadinya kerusakan pada rambut anda.

  1. Tidur Keadaan Rambut Basah Dapat Menyebabkan Jamur Di Kulit Kepala

Hal tersebut dinyatakan salah. Jamur tidak hanya ditimbulkan karena rambut dalam keadaan basah yang dibiarkan menempel begitu saja pada bantal selama anda tidur. Infeksi pada kulit kepala disertai hubungan dengan sumbernya langsung, seperti manusia, binatang atau alat untuk menata rambut yang kotor/tidak terjaga kebersihannya. Jamur di kulit kepala (tinea capitis) biasanya menyerang anak-anak, karena kekebalan tubuhnya masih lebih lemah dibanding orang dewasa.

  1. Penggunaan Sisir Secara Bersama Dapat Menyebarkan Penyakit

Hal tersebut dinyatakan benar. Kemungkinan penyakit kulit yaitu kutu dan berbagai hewan parasit lainnya dapat menular melalui sisir atau alat penata rambut lainnya. Biasakanlah Anda menggunakan sisir atau alat-alat penata rambut lainnya yang bersentuhan langsung ke rambut Anda, tidak bersamaan dengan orang lain.

  1. Memotong Rambut Akan Membuat Rambut Lebih Tebal

Tidaklah benar sebab memotong rambut tidak akan mempengaruhi percepatan pada pertumbuhan rambut ataupun membuat rambut anda lebih tebal. Karena rambut selalu memiliki waktu yang konsisten untuk tumbuh dengan sendirinya, kecuali apabila Anda terkena sebuah penyakit tertentu. Jika Anda ingin membuat rambut Anda terlihat lebih lebat dan panjang dalam waktu singkat, gunakan jenis produk rambut yang dapat menambah volume rambut atau bahkan anda dapat mencoba untuk mengubah model rambut.

  1. Kontak Langsung Dengan Terik Matahari Dapat Menyebabkan Rambut Rontok

Hal tersebut adalah salah . fungsi rambut adalah sebagai pelindung kulit kepala Anda dari berbagai macam faktor eksternal termasuk salah satunya adalah sinar matahari. tetapi sinar matahari menembus hanya sampai pada permukaan rambut saja, sedangkan penyebab kerontokan pada rambut yaitu berasal dari dalam (folikel rambut).

  1. Stress Penyebab Rambut Rontok

Stress dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Stress dapat menghentikan pertumbuhan rambut sehingga Anda akan mengalami kerontokan sementara. Tetapi seiring dengan semakin membaiknya kondisi fisik dan mental tubuh, pertumbuhan rambut akan kembali normal seperti semula.

  1. Merokok Mempercepat Tumbuhnya Uban (Rambut Putih)

Hal ini adalah benar. Sebuah penelitian yang membuktikan bagi para perokok memiliki resiko 4x lebih cepat tumbuhnya rambut beruban dari pada mereka yang tidak merokok. Bahkan merokok juga dapat memperbesar kemungkinan kerontokan rambut.

  1. Penggunaan Hair Vitamin Menyebabkan Kulit Kepala Berminyak

Hal tersebut dinyatakan benar. Karena penggunaan vitamin rambut hanyalah untuk bagian batang rambut saja tidak untuk kulit kepala. Biasanya vitamin rambut diformulasikan dalam bentuk minyak karena agar dapat melembabkan dan mempermudah rambut anda agar mudah diatur, dengan penggunaan yang salah anda akan mendapatkan kulit kepala yang berminyak.

  1. Menyisir Membuat Rambut Cepat Panjang

Hal tersebut tidaklah benar sebab dengan menyisir rambut tidak akan mempengaruhi percepatan pada pertumbuhan panjang rambut. Karena rambut memiliki waktu yang konsisten untuk tumbuh panjang dengan sendirinya.

  1. Perubahan Warna Rambut Karena Sinar Matahari

Apabila anda beranggapan bahwa dengan berjemur dibawah paparan sinar matahari langsung dengan sengaja dapat merubah warna rambut secara alami dengan demikian tidaklah benar. Paparan sinar matahari yang sangat menyengat dapat membuat berbagai macam kerusakan pada rambut anda seperti rambut kering, bercabang, kusam, dll. Dan juga dapat membahayakan kesehatan rambut dan kulit kepala.

  1. Rambut Yang Berminyak Tidak Cocok Menggunakan Minyak Rambut

 Justru minyak rambut baik untuk kesehatan rambut karena dapat menjaga kelembaban rambut, rambut tidak kering asalkan menggunkan dengan cara yang benar dan dengan dosis yang sesuai.

Mitos Kebiasaan Merawat Rambut

Itulah beberapa mitos dari perawatan rambut yangbelum kita ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top