Kulit ku

Mitos Dan Fakta Tentang Perawatan Kulit

Mitos Dan Fakta Tentang Perawatan Kulit
Berbagai cara perawatan kulit dilakukan demi mendapatkan kulit yang cantik dan sehat. Namun beberapa cara tersebut terkadang tidaklah memberikan manfaat, seperti apakah pasta gigi mampu menghilangkan jerawat? Apakah stres dapat menyebabkan keriput? Nah, untuk menjawab pertanyaan seperti itu Anda harus mengetahui mitos dan fakta tentang perawatan kulit di bawah ini. Sehingga Anda tidak lagi salah dalam menerapkan berbagai cara perawatan kulit.

sponsor: cream perawatan wajah.

Mitos dan Fakta Tentang Perawatan Kulit

  1. Makanan berminyak, makanan cepat saji, dan coklat dapat menyebabkan jerawat, mitos atau fakta?

Ini adalah mitos! Makanan seperti coklat, pizza, kentang goreng, dan semisalnya hanya akan menambah lemak di sekitar perut, paha, dan pinggul. Walaupun makanan ini tidak menyebabkan jerawat namun Anda tetap harus menghindari dan membatasinya. Makanan jenis ini mampu mengganggu kesehatan tubuh dalam jangka waktu yang lama.

Sedangkan penyebab jerawat adalah sebum dan sekresi lemak yang terbentuk di kulit. Ketika sebum ini menyumbat pori-pori ,maka akan menyebabkan jerawat. Jadi, mengonsumsi makanan berminyak tidak akan menyebabkan jerawat.

  1. Lebih baik memecah jerawat dan mengeluarkan nanah secepatnya agar jerawat cepat menghilang, mitos atau fakta?

Pernyataan ini tidak sepenuhnya benar, Anda mungkin akan merasa lega ketika telah mengeluarkan nanah dari jerawat Anda. Namun pada saat yang sama masih terdapat nanah di bagian kulit yang lebih dalam. Ketika hal ini terjadi, hasilnya dapat menyebabkan peradangan dan menyebar ke semua kulit wajah. Selain itu, memecah jerawat dapat memicu infeksi dan mendorong bakteri lebih masuk ke dalam kulit.

Jadi, jika Anda memiliki kebiasaan memecah jerawat segera hentikan. Tetapi jika Anda harus melakukannya, gunakan alat-alat yang telah tersedia dan aman.

  1. Jangan menggunakan pelembap jika Anda memiliki kulit yang berminyak dan mudah terserang jerawat, mitos atau fakta?

Ini tidak benar, kulit berminyak bahkan masih memerlukan pelembap. Minyak bukan berfungsi sebagai kelembapan pada wajah. Kulit berminyak juga harus dijaga dan dihidrasi menggunakan pelembap. Anda dapat menggunakan pelembap bebas minyak untuk kulit wajah jenis ini.

Pilihlah pelembab bebas minyak dengan bahan anti penuaan sekaligus mampu memberikan perlindungan terhadap sinar matahari. Hindari juga pelembab non-comedogenic yang berarti pelembap tersebut tidak mampu menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.

  1. Pasta gigi dapat membersihkan jerawat, mitos atau fakta?

Ini adalah mitos! Sekarang ini pasta gigi banyak mengandung bahan untuk memutihkan gigi dan justru dapat mengiritasi kulit wajah Anda jika diterapkan. Dengan demikian pasta gigi dapat menyebabkan peradangan, jerawat, dan bahkan bekas luka pada kulit Anda.

  1. Stres adalah penyebab keriput, mitos atau fakta?

Ini adalah fakta, stres menyebabkan hormon yang dikenal sebagai kortisol akan meningkat dan mengurai kolagen. Stres menyebabkan serat kolagen, elastin, dan juga aktivitas kelenjar minyak menjadi terurai. Hal ini akan membuat kulit Anda lebih mudah untuk terserang jerawat dan juga memungkinkan Anda untuk mengalami penuaan dini.

  1. Produk yang lebih mahal memberikan hasil yang lebih baik, mitos atau fakta?

Ini tidak benar! Banyak sekali produk dengan harga yang relatif murah namun memberikan hasil yang lebih baik daripada produk dengan harga yang lebih mahal. Anda harus memilih bahan-bahan terbaik seperti pencegah keriput retinol, peptida yaitu protein kecil yang mempercepat produksi kolagen, antioksidan vitamin C, yang semuanya juga terdapat pada produk dengan harga yang relatif murah.

Jangan melihat kemasan sebuah produk saja, namun yang lebih penting adalah Anda harus melihat bahan dan kandungannya. Banyak produk-produk kecantikan terbaik yang dijual di toko lokal ataupun klinik kecantikan.

  1. Rutin menggosok wajah dengan sabun akan menjaga kesehatan kulit dan melindunginya dari jerawat, mitos atau fakta?

Ini tidak benar! Menggosok wajah menggunakan sabun terlalu sering dapat menghilangkan minyak pelindung pada wajah Anda. Sebaiknya, Anda menggunakan pembersih ringan dan tabir surya.

  1. Saat mendung Anda tidak perlu tabir surya, mitos atau fakta?

Ini tidak benar! Bahkan pada hari yang mendung sekalipun, sinar UV dari matahari dapat menembus awan dan mencapai permukaan bumi. Oleh karena itu, penggunaan tabir surya sebelum keluar rumah juga masih sangat penting bahkan ketika hari sedang mendung.

Itulah beberapa mitos dan fakta tentang perawatan kulit. Jika masih ada sesuatu yang salah dalam merawat kulit selama ini, segera tinggalkan karena hal itu tidak akan memberikan manfaat apapun. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top