Gosip

Mitos Dan Fakta Saat Menstruasi

Mitos Dan Fakta Saat Menstruasi

Mitos dan fakta saat menstruasi – Hampir semua orang terutama di Indonesia masih percaya akan adanya mitos. Hal tersebut dipengaruhi karena budaya di Indonesia sendiri masih kuat serta beberapa ajaran nenek moyang masih dipraktekkan di kehidupan sehari-hari. Termasuk ketika seorang wanita mengalami menstruasi. Menstruasia atau haid yaitu siklus bulanan yang dialami setiap wanita. Ada yang mengalaminya lancra setiap tanggal tertentu ada juga yang tidak lancar. Kebanyakan wanita yang lancar dengan siklus haidnya yaitu wanita yang sudah menikah. Namun ada juga beberapa orang yang mengalami menstruasi 3 bulan sekali atau dua bulan sekali bahkan ada juga yang mengalaminya sebulan dua kali.

sponsor: dr rochelle skin expert.

Banyak larangan yang harus dihindari ketika sedang menstruasi. Namun biasanya larangan tersebut terjadi karena kebiasaan orang jaman dahulu, atau kebiasaan orang tua atau nenek moyang yang diturunkan pada anak dan cucunya sehingga menjadi tradisi bagi anak jaman sekarang.

Mitos Dan Fakta Saat Menstruasi

Supaya anda tidak bingung mengenai mitos-mitos dan fakta ketika haid, berikut ada beberapa hal secra medis mengenai menstruasi:

  1. Meminum Minuman Dingin Dapat Memperlambat Menstruasi

Banyak orang yang mengira bahwa ketika menstruasi dilarang untuk meminum es atau minuman dingin. Sebagian orang juga ad ayang tidak mempercayainya. Secara logika orang berfikir jika sedang menstruasi dan minum es akan menghambat keluarnya darah sehingga dapat memperlambat proses menstruasi bahkan hingga menyisakan darah haid pada dinding rahim. Yang ditakuti akan terjadinya kanker pada rahim. Pandangan tersebut sangat tidak benar. Siklus menstruasi dipengaruhi oleh kondisi fisik dan keadaan psikologis seseorang. Siklus ini dipengarui dan diatur oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Minuman dingin tidak dapat mempengaruhi keseimbangan hormon tersebut. Sehingga tidak ada kaitannya dengan pembekuan darah haid dan lain sebagainya.

  1. Larangan Keramas Saat Menstruasi

Masa menstruasi biasanya terjadi selama 7 hari. Jika ada larangan bahwa dilarang keramas ketika haid maka selama 7 hari tersebut rambut kita tidak dicuci dan lain sebagainya. Dapat dibayangkan jika dalam sehari saja kita melakukan aktivitas berat yang mengeluarkan banyak keringat di badan maupun rambut. Jika tidak dicuci selama 7 hari maka rambut akan terasa lembab, bau dan gatal. Karena banyak bakteri yang beredar. Apalagi jika seorang wanita yang berhijab. Kesehariannya rambut tersebut selalu tertutupi. Anggapan bahwa tidak boleh keramas saat haid adalah salah. Pada saat menstruasi seorang wanita harus menjaga kebersihannya, baik itu kebersihan bdan ataupun rambut. Keramas saat haid akan membuat badan terasa lebih nyaman dan segar di bagian kepala. Boleh-boleh saja anda keramas saat haid hari pertamapun. Pola hidup yang sehat dan seimbang akan menjaga kesehatan tubuh dan menjaga keseimbangan hormon siklus menstruasi anda. Jadi keramas saat menstruasi hanyalah mitos karena tidak ada hubungannya dengan darah yang keluar.

  1. Minum Soda Dapat Mempercepat Menstruasi

Pandangan masyarakat mengenai minuman soda dapat mepercepat proses menstruasi salah besar. Bahkan ada beberapa orang yang berpendapat bahwa meminum minuman bersoda dapat memancing menstruasi. Kesalahpahaman masyarakat tersbut sudah sangat lama diyakini. Namun hal yang perlu diluruskan yaitu minuman bersoda memiliki kandungan nutrisi yang rendah. Konsumsi minuman bersoda secara rutin bisa mempengaruhi keseimbangan hormon dan nutrisi pada tubuh yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Jadi minuman bersoda tidak bisa mempercepat proses menstruasi karena belum ada juga penelitian mengenai hal ini. Namun minuman bersoda bisa mempengarui siklus haid jika dikonsumsi secara rutin.

  1. Berhubungan Intim Saat Haid Tidak Hamil

Berhubungan intim saat haid memiliki kemungkinan kecil untuk hamil. Sperma tetap bisa masuk kedalam vagina namun masih bertahan dalam vagina selama 7 hari. Sedangkan sel telur dapat bertahan selama 3 hari. Jika siklus haid tidak lancar dan terjadi salah perhitungan maka kemungkinan untuk hamil tetap ada. Jadi sebaiknya dihindari terlebih dahulu untuk melakukan hubungan intim saat sedang menstruasi.

  1. Larangan Berolahraga Saat Menstruasi

Banyak orang mengira bahwa saat menstruasi dilarang untuk berolahraga. Namun hingga saat ini belum ada penelitian yang mengira adanya efek buruk ketika berolahraga saat haid. Namun nampaknya pandangan ini ahrus diluruskan. Ada beberapa jenis olahraga yang harus dihindari ketika haid. Misalnya untuk olahraga berat sebaiknya dihindari dulu saat siklus menstruasi. Lakukanlah olahraga ringan secara teratur karena dapat membantu peredaran darah disekitar rahim serta mengurangi nyeri saat menstruasi. Olahraga berat harus dihindari dulu karena takutnay akan mengalami rasa sakit yang luar biasa sampai bisa mengakibatkan pendarahan. Jadi anggapan mengenai berolahraga saat haid ada benarnya dan ada salahnya. Sebaiknya kita pahami betul fungsi dari olahraga yang akan kita lakukan terhadpa menstruasi.

  1. Meminum Obat Saat Menstruasi Dapat Mengehentikan Menstruasi

Ketika menstruasi memang beberapa orang mengalami efek yang berbeda. Efek yang umum terjadi yaitu kram pada perut, pinggang, sakit badan, sakit kepala, dan lain sebagainya. Ketika haid respon orang berbeda-beda. Ada yang masih mampu mengatsinya, dan ada juga yang tidak mampu. Bahkan sampai pingsan ketika menstruasi hari pertama hingga hari kedua. Penggunaan obat-obatan atau jamu biasanya dikonsumsi orang untuk meredakan rasa nyeri tersebut. Namun ada beberapa orang beranggapan bahwa obat-obatan tersebut bisa menghentikan menstruasi. Pendapat tersebut tidak benar, karena obat-obatan yang dikonsumsi hanyalah meredakan rasa sakit saja tidak bisa menghentikan menstruasi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top