Gosip

Mitos Asal Usul Gempa Bumi Dari Berbagai Negara

Gempa bumi adalah sebuah gejala alami yang disebabkan oleh pergerakan lempeng bawah laut ataupun karena adanya ledakan besar dari gunung meletus sehingga mengakibatkan permukaan tanah akan bergoyang dan kerap kali juga dapoat merusakkan apa saja yang berdiri di atas permukaan tanah. Terlepas dari semua itu menurut kepercayaan kuno gempa bumi terjadi karena adanya hewan raksasa atau dewa yang sedang mengamuk. Berikut ini mitos asal usul gempa bumi dari berbagai negara yang unik dan menarik untuk Anda ketahui.

Sponsor: pemutih wajah

  • Kisah Lele Raksasa, Namazu – Jepang

Mitos Asal Usul Gempa Bumi Dari Berbagai Negara

Masyarakat Jepang sangat identik dengan gempa bumi dan stunami. Di negara matahari terbit itu telah muncul  mitos yang sangat lama mengenai asal usul dari sebuah gempa. Gempa yang sering kali terjadi di wilayahnya tersebut diakibatkan oleh gerakan kuat yang dilakukan oleh Namazu atau lele raksasa. Menurut kepercayaan turun temurun dari warga setempat lele raksasa tersebut dikurung dan di segel oleh Kashima (Dewa Perang) dan ditempatkan pada lapisan lumpur dibawah permukaan tanah. Gempa terjadi ketika segel yang digunakan untuk menyegel lele tersebut melemah dan membuatnya dapat bergerak sehingga mengakibatkan gempa yang luar biasa.

  • Dewa Ruaumoko, Selandia Baru

Mitos Asal Usul Gempa Bumi Dari Berbagai Negara

Setelah masyarakat Jepang yang percaya mitos gempa, suku Maori yang merupakan penduduk asli Selandia Baru juga mempunyai sebuah keyakinan tersendiri mengenai gempa bumi yang terjadi. Keyakinan tentang gempa bumi itu yaitu mereka percaya apabila bumi ini bernama Papatunuku. Papatunuku atau bumi sedang mengandung sebuah bayi yaitu seorang dewa yang bernama “Ru”. Lazimnya seorang bayi, Ru atau dewa yang sedang di dalam kandungan tersebut juga akan bergerak-gerak serta menendang sehingga mengakibatkan Papatunuku menjadi bergetar dan terjadilah gempa.

  • Loki, Skandinavia

Mitos Asal Usul Gempa Bumi Dari Berbagai Negara

Pernahkan Anda medengar kisah jahat Loki di film Advenger? Ternyata karakter jahat Loki tak hanya di film saja tetapi juga dimitoskan. Bagi penduduk asli Skandinavia telah mempunyai sebuah kepercayaan mengenai terjadinya gempa, yaitu Loki yang seorang dewa sedang menerima sebuah hukuman dari para dewa lainnya karena telah membunuh Balder yaitu dewa kecantikan dan cahaya. Sebagai hukumannya maka Loki dihukum dikuring di sebuah gua dengan seokor ular beracun berada di atasnya. Setiap ular itu meneteskan racunnya dan mengenai kepala Loki maka Loki akan memberontak dan akan mengakibatkan terjadinya gempa.

  • Dewa Tuli, Rusia

Mitos Asal Usul Gempa Bumi Dari Berbagai Negara

Bangsa Rusia mempunyai sebuah kepercayaan jika Bumi ini terbaring di atas dewa anjing yang bernama Tuli. Layaknya seekor anjing lainnya Tuli juga mempunyai kutu di tubuhnya. Ketika Tuli menggaruk tubuhnya karena gigitan kutu maka bumi yang berada di atasnyapun akan ikut bergetar sehingga terjadilah gempa.

  • Legenda Kura-Kura, Babi, Sapi, Ular, dan Ular di India

Mitos Asal Usul Gempa Bumi Dari Berbagai Negara

Orang India kuno memiliki kepercayaan unik seputar gempa bumi. Gempa bumi menurut kepercayaan oramg-orang India disebabkan karena adanya hewan-hewan yang menyangga bumi bergeser dan berpindah tempat. Menurut mereka, beberapa hewan dipercaya bertugas untuk memikul bumi yaitu babi hutan dengan gadingnya, ular dengan 7 kepalanya, sapi dengan tanduknya, dan 8 ekor gajah yang berdiri di atas tempurung kura-kura. Bumi pun akan berguncang apabila salah satu diantara hewanhewan tersebut sedang berpindah tempat.

  • Dosa Manusia, Rumania

Mitos Asal Usul Gempa Bumi Dari Berbagai Negara

Bangsa Rumania juga mempunyai sebuah kepercayaan unik tentang gempa bumi yang mengguncang. Mereka sangat percaya bahwa dunia ini atau bumi sejatinya bersandar pada beberapa pilar yang terbuat dari harapan, kepercayaan, serta amal manusia. Disaat amal-amak manusia itu berkurang terutama amal baiknya, maka pilar tersebut akan menjadi retak dan seketika melemah sehingga akan terjadi pergeseran serta gioncangan yang mengakibatkan gempa.

  • Poseidon Galau, Yunani

Mitos Asal Usul Gempa Bumi Dari Berbagai Negara

Meski tak banyak yang tahu, Poseidon bagi masyarakat Yunan merupakan dewa legenda yang menguasai samudra. Poseidon yang terkenal dengan Dewa laut sejatinya juga merupakan Dewa Gempa Bumi. Poseidon akan menghentakkan pusakanya ke tanah jika suasana hatinya sedang tidak enak sehingga terjadilah gempa serta tsunami. Trisula atau pusakanya itu akan dihantamkan dengan kencang ke dataran jika suasana hatinya sedang tidak mood.

  • Bumi Demam, Mozambik

Mitos Asal Usul Gempa Bumi Dari Berbagai Negara

Bagi orang-orang di Mozambik gempa bumi yang terjadi diakibatkan oleh bumi yang sedang mengalami demam sehingga bumipun bergetar. Bagi mereka bumi sama halnya dengan manusia yang bisa mengalami sakit serta perasaan yang gembira. Mereka menganggap bahwa bumi itu sama seperti manunsia, jika bumi demam maka bisa mengguncangkan dirinya sendiri. Begitupun saat bumi merasakan kegembiraan, maka dirinya pun juga akan beguncang seperti orang tertawa yang mengguncangkan tubuhnya.

  • Legenda Babi Rusa, Indonesia

Mitos Asal Usul Gempa Bumi Dari Berbagai Negara2

Gempa bumi biasanya disebabkan oleh pergerakan lempeng bumi atau gunung meletus. Di Indonesia sendiri legenda gempa bumi ada di daerah Sulawesi, yaitu gempa bumi terjadi karena adanya babi rusa raksasa yang merasakan gatal di tubuhnya. Karena gatal maka babi rusa tersebut kemudian menggosokkan badannya ke pohon palm sehingga terjadilah getaran hebat.

Demikian beberapa mitos aneh yang cukup banyak dipercayai oleh masyarakat termasuk di Indonesia. Meski mitos sering diibaratkan legenda yang hanya berupa cerita fiktif, namun kenyataanya masih menjadi sebuah kepercayaan bahkan tradisi aneh. Beberapa mitos seputar gempa bumi dari berbagai negara memang menjadi sebuah misteri.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top