Tips Kesehatan

Minuman Yang Harus Dikonsumsi Mereka Yang Baru Melahirkan

Minuman Yang Harus Dikonsumsi Mereka Yang Baru Melahirkan

Mungkin kita sering dianjurkan untuk memilih makanan sehat setelah kelahiran. Namun tak melulu soal makanan, bahkan kita juga harus tahu tentang minuman sehat untuk yang baru melahirkan supaya asupan nutrisi dan mineral tetap terpenuhi. Seperti kita ketahui, masa-masa kelahiran merupakan saat terpenting bagi seorang ibu, selain fokus pada pemulihan tubuh setelah melahirkan juga harus menyiapkan berbagai gizi untuk mengembalikan vitalitas dan meningkatkan fase menyusui. Selain makanan, inilah daftar minuman wajib dikonsumsi untuk mereka yang baru melahirkan.

Minuman Yang Harus Dikonsumsi Mereka Yang Baru Melahirkan

Sponsor: kezia skin expert

  • Susu hangat

Minum susu setelah melahirkan ternyata bisa sangat bermanfaat untuk memulihkan energi. Susu dibutuhkan tubuh sekitar 12% kebutuhan kalsium harian. Itu sebabnya susu berguna bagi ibu menyusui karena panting untuk bayi dan tubuh ibu sendiri. Kendati demikian, ternyata masih banyak ibu yang belum bisa mencukupi kebutuhan ASI untuk anaknya sehingga perlu konsumsi susu tambahan untuk mempertahankan produksi ASI. Dan seperti diketahui, susu merupakan sumber kalsium tingggi. Seperti yang diungkap oleh The Alabama Cooperative Extension System dimana ibu setelah melahirkan dianjurkan meminum tiga gelas susu serta makanan kaya kalsium. Artinya, susu berguna demi mempertahankan tubuh agar tetap sehat supaya kualitas dan kuantitas produksi ASI akan terpenuhi dengan baik.

Minuman Yang Harus Dikonsumsi Mereka Yang Baru Melahirkan

  • Air rebusan adas

Meminum air rebusan adas juga berguna bagi kelancara ASI ibu yang baru melahirkan. Banyak yang percaya jika meminum air rebusan adas dapat mempercepat proses penyembuhan usai melahirkan. Tak hanya itu, masyarakat tempo dulu juga mengenal adas sebagai herba galactagogue yakni zat yang berguna memperlancar ASI. Untuk bisa menggunakannya, bagian tanaman yang kerap kali dipakai adalah biji dan daunnya. Jika ingin cara berbeda, adas bisa dikonsumsi daunnya setelah dikukus.

Minuman Yang Harus Dikonsumsi Mereka Yang Baru Melahirkan

  • Jus buah bit

Buah bit juga menjadi salah satu rahasia sehat untuk ibu pasca persalinan. Bahkan dalam tahap kehamilan pun buah bit sangat baik demi menunjang kesehatan ibu hamil dan janinnya. Meski buah ini sangat jarang bisa tumbuh di Indonesia, namun Anda bisa mendapatkannya di supermarket. Yah buah bit sendiri sangat kaya manfaat seperti pencegah kanker. Terdapat kandungan bahan alami berupa vitamin C, magnesium, serat, kalsium, fosfor dan kumarin yang ampuh melawan kanker. Jus buah bit yang dikonsumsi ibu bisa membantu mempercepat pertumbuhan bayi berkat kandungan kalsiumnya yang tinggi. Bit membantu prosuksi ASI sehingga kecukupan gizi buah hati bisa terpenuhi supaya tulang bayi menjadi lebih kuat.

Minuman Yang Harus Dikonsumsi Mereka Yang Baru Melahirkan

  • Jus bayam

Selain enak dijadikan lalapan dan sayuran, bayam juga bisa dijadikan jus atau minuman bergizi. Tak hanya sanggup memenuhi kebutuhan pangan harian, sayuran bayam ternyata sangat berguna untuk ibu pasca melahirkan. Bayam sendiri mengandung zat besi dan sejumlah nutrisi makro yang berperan untuk mencegah kurangnya sel darah merah. Bayam juga baik untuk memenuhi asupan gizi selama kemhamilan, memulihkan tubuh parca kelahiran dan mempertahankan jumlah ASI. Jika Anda bosan dan ingin varian yang berbeda bisa tumis bayam. Karena kalsium dan zat besinya, bayam bisa membantu memberu asupan ASI untuk bayi yang berkualitas.

Minuman Yang Harus Dikonsumsi Mereka Yang Baru Melahirkan

  • Susu kunyit

Manfaat susu kunyit tak hanya baik bagi kesehatan namun juga ibu pasca melahirkan. Kunyit adalah salah satu tanaman herbal yang banyak dipakai untuk pengobatan dan jamu tradisional. Tak hanya baik bagi kecantikan namun juga berpotensi menjaga dan memulihkan kesehatan ibu pasca melahirkan. Bahkan khasiat susu kunyit juga sangat baik untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Sifat anti bakteri dan anti mikroba pada kunyit berperan penting dalam membantu proses penyembuhan luka pasca melahirkan terutama mereka yang melakukan operasi caecar. Semenatara kalsium dari susu berperan penting dalam mendukung kebutuhan nutrisi.

Minuman Yang Harus Dikonsumsi Mereka Yang Baru Melahirkan

  • Air putih

Saat menyusi atau setelah masa persalinan usai, tubuh ibu tentu sangat membutuhakn asupan air yang cukup. Air akan membantu mempertahankan jumlah cairan dalam tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi yang membuat tubuh lemas dan organ tak berfungsi baik. Tubuh manusia mengandung hampir 80 persen lebih air, jika jumlah mineral ini berkurang maka bisa berpengaruh pada suplai produksi ASI. Dan perlu diingat, ketika Anda tengah menyusui maka tubuh akan melepas hormon oksitosin yakni hormon yang membuat ibu merasa haus. Untuk itu pastikan kebutuhan air dalam tubuh terpenuhi dengan cara rutin meminum air putih agar rasa haus bisa terkendali.

Minuman Yang Harus Dikonsumsi Mereka Yang Baru Melahirkan

  • Jus Daun katuk

Minuman berkhasiat yang bermanfaat untuk ibu pasca melahirkan terakhir adalah daun katuk. Sudah bukan hal asing lagi jika sari daun katuk bermanfaat untuk memperlancar dan menambah produksi ASI. Daun katuk adalah sumber alami berguna untuk penambah ASI. Tak hanya dapat diolah sebagai tumisan, daun katuk juga dapat diminum dengan cara di jus. Daun katut akan membantu meningkatkan jumlah serta kualitas ASI ibu, itu sebabnya sangat baik bagi pendamping makanan pendamping atau MP-ASI.

Demikian minuman-minuman berkhasiat yang bisa Anda gunakan untuk membantu meningkatkan jumlah dan mutu ASI. Selain itu, beberapa minuman diatas terbukti bisa sembuhkan sakit setelah masa persalinan. Jadi sangat sayang bukan apabila Anda tidak memanfaatkan minuman berkhasiat diatas untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan buah hati.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top