Manfaat Tanaman

Meski Cantik Dipandang, Ada Khasiat Bunga Alamanda Untuk Kesehatan

Meski Cantik Dipandang, Ada Khasiat Bunga Alamanda Untuk Kesehatan

Bunga alamanda atau Allamanda cathartica adalah salah satu bunga hias yang banyak dilirik orang. Alamanda juga sering disebut Terompet Emas, lonceng kuning, atau bunga buttercup. Awalnya bunga ini berasal dari dataran Amerika Tengah dan Selatan juga banyak ditemukan di wilayah Brazil.

Sponsor: cream pemutih wajah

Bunga alamanda terkenal akan keindahannya, dan termasuk suku Apocynaceae cukup banyak dicari orang untuk dijadikan tanaman hias di pekarangan. Meskipun menjadi salah satu tanaman hias populer, sayangnya khasiat bunga Alamanda untuk kesehatan tubuh tidak cukup banyak diketahui orang.

Alamanda termasuk tanaman golongan perdu yang berkayu dengan tingginya bisa mencapai 2 meter. Alamanda memiliki sifat evergreen, berbatang kayu yang jika menua akan berwarna coklat, dan bertunas. Daun alamanda berbentuk lancip dengan permukaan kasar 6 – 16 cm, dan berwarna hijau. Sementara bunga Alamanda berwarna kuning mirip terompet, beraroma harum khas bunga. Di alam liar Alamanda banyak dijumpai di daerah sekitar sungai dan tempat terbuka yang banyak sinar matahari. Tanaman ini juga menyukai unsur hujan dan daerah tropis yang hangat sejuk.

Saat diolah menjadi obat herbal, bagian tanaman yang paling banyak digunakan adalah daun, akar, dan tentunya bunga. Manfaat alamanda bisa dilihat dari kandungan alami yang terdapat didalamnya. Pada daun Alamanda terdapat kandungan alkaloida atau senyawa basa bernitrogen. Kemudian pada kulit batang dan buahnya mengandung senyawa saponin atau antioksidan alami. Di bagian kulit batangnya juga mengandung tannin. Bagian lain yang baik adalah buah alamanda dengan kandungan flavonoida serta polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Bunga alamanda bersifat antibiotik pada bakteri Staphylococcus, sedangkan getah bunga Alamanda mengandung sifat antibakteri dan antibiotik dengan warnanya yang putih.

Meski Cantik Dipandang, Ada Khasiat Bunga Alamanda Untuk Kesehatan

Khasiat alamanda bisa didapat dari hampir seluruh bagian tanaman tak hanya bunga namun daun, akar hingga buahnya. Berikut manfaat alamanda yang baik untuk kesehatan tubuh.

  • Getah alamanda:

Pada getah alamanda bersifat anti bakteri atau antibiotik yang berfungsi sebagai obat penyakit kanker, pencegah kuman dan bakteri. Manfaat lainnya adalah untuk belatung dan jentik nyamuk.

  • Bunga alamanda:

Sementara bunganya baik digunakan untuk mencegah komplikasi penyakit akibat malaria serta pembengkakan limpa. Bunganya juga bermanfaat untuk pengobatan penyakit kuning akibat masalah oada hati/liver. Manfaat bunga lainnya adalah untuk atasi bisul dan kurap, dan obat disentri.

  • Daun alamanda:

Khasiat daun alamanda diantaranya untuk atasi masalah akibat keracunan. Caranya dengan rebus 15 gram daun alamanda, cuci bersih dan rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit hingga mendidih. Meminum air seduhan daun alamanda mampu mengatasi sembelit. Daunnya juga bisa untuk ramuan herbal penyakit bisul, abses, eksim, dan kurap dengan rasanya sedikit pedas, pahit, bersifat laksatif (pencahar) dan atasi penyebab muntah (emetik).

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top