Tips & Trik Parent

Menyiapkan Anak Masuk PAUD, Ini Yang Perlu Moms Lakukan

yang perlu dipersiapkan untuk anak masuk paud

Pendidikan adalah hal terpenting di dalam hidup manusia, karena dengan pendidikan manusia akan mendapatkan sebuah ilmu untuk bekalnya hidup serta untuk masa depannya kelak ketika dewasa,  untuk itu pendidikan hendaknya ditanamkan dalam diri manusia sejak usia kanak-kanak atau balita. Ketika anak sudah mulai menginjak usia diatas 3 tahun sudah saatnya anak mendapatkan pendidikan pertamanya yaitu mulai masuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) atau TK (Taman Kanak-kanak). Anak yang akan masuk ke TK ada baiknya orang tua khususnya bagi kaum ibu untuk mempersiapkan segalanya. Inilah yang perlu dipersiapkan untuk anak masuk PAUD.

yang perlu dipersiapkan untuk anak masuk paud

Sponsor: halojasa

Hal pertama yang wajib dilakukan oleh para orang tua khususnya para ibu sebelum buah hatinya masuk sekolah TK adalah mengunjungi terlebih dahulu sekolahan yang akan dipilihnya bersama-sama. Hal ini bertujuan agar anak tidak merasa kaget dan canggung dengan lingkungan baru tersebut serta pengenalan pertama pada anak. Para ibu dapat mengajak buah hati untuk sekedar berjalan-jalan, berkeliling, serta melihat-lihat seisi sekolahan tersebut dengan suasana yang santai dan tidak terlalu formal.

Selain dengan mengjunjungi sekolah bersama-sama para ibu juga dianjurkan untuk membacakan buku-buku cerita mengenai pengalaman pertama kali masuk sekolah ataupun pengalaman pribadi dahulu saat pertama masuk sekolah. Berikanlah cerita-cerita yang menyenangkan mengenai pengalaman pertama masuk sekolah, hal ini bertujuan agar anak tidak merasa takut untuk masuk sekolah serta membuat anak bersemangat untuk sekolah.

Langkah yang berikutnya adalah denngan membiasakan dan menyesuaikan jadwal harian anak dengan jadwal sekolah. Untuk membuat anak terbiasa dengan jadwal yang padat sekolah sehari-hari Ana dapat mulai mengajarkan kepada anak satu atau dua minggu sebelum masuk sekolah untuk melakukan kebiasaan baik pagi hari sebel;um berangkat sekolah maupun siang hai selepas pulang sekolah. Kebiasaan seperti mandi pagi, sarapan mulai dibiasakan dipagi hari serta ganti baju dan makan siang setelah pulang sekolah haruslah mulai dilatih dan dibiasakan.

Ketika ada tetangga atau kerabat yang anaknya akan masuk sekolah yang sama dengan buah hati Anda ada baiknya Anda mengajaknya untuk bermain bersama terlebih dahulu agar kenal dan terbiasa dengan anak-anak seusianya yang akan ditemuinya di sekolah nantinya. Hal ini juga bertujuan untuk melatih anak untuk bersosialisasi dan berbaur dengan banyak orang agar tidak canggung dan minder.

Terakhir. untuk mempersiapkan anak yang akan masuk sekolah TK/ PAUD ada baiknya Anda sebagai orang tua juga mulai menerapkan sebuah peraturan sederhana yang telah disepakati bersama. Hal ini bertujuan agar anak berlatih untuk bersikap disiplin setiap hari seperti mengatur waktu untuk istirahat dan belajar.

Demikian kiat penting yang bisa orang tua persiapkan untuk anak. Jika masih ragu, Anda bisa coba berkonsultasi dengan guru les privat untuk mempersiapkan anak belajar bahasa inggir.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top