Makanan Kesehatan

Menu Sarapan Sehat Yang Harus Dikonsumsi

Menu Sarapan Sehat Yang Harus Dikonsumsi

Berbagai cara untuk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sepanjang hari bisa dilakukan dengan memilih sarapan sehat yang harus dikonsumsi setiap saat. Bagi Anda yang memiliki anak usia produktif, sarapan pagi sangat baik untuk menjaga daya konsentrasi selama pelajaran sekolah dimulai. Sarapan pagi sangat baik bagi mereka yang sedang bekerja. Meskipun sarapan pagi sangat penting, tetapi memberikan asupan makanan yang sehat harus terpenuhi agar tubuh dapat bekerja secara optimal. Intinya, memilih sarapan pagi yang lebih bergizi dan sehat sangat dianjurkan.

Sponsor: kezia skin expert

Sarapan pagi yang sehat harus juga memenuhi unsur nutrisi dan mineral yang cukup. Jika asupan yang dibutuhkan tak seimbang, bisa saja mengakibatkan tubuh kekurangan vitamin atau mineral, kelebihan lemak, atau munculnya rasa kantuk yang berlebih. Perlu diketahui, bahwa memilih menu sarapan bukan asal mengenyangkan saja. pakar diet Victoria Djajadi, MnutrDiet., APD, bahwa sarapan pagi sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi sebanyak 20%. Sedangakan menurut Krista Yoder Latortue, M.P.H., R.D., Women’s Health US, dalam satu menu sarapan pagi setidaknya ada ½ bagian dari buah-buahan dan sayuran, ¼ karbohidrat dan ¼ protein. Mengkonsumsi sarapan yang hanya mengandung karbohidrat saja justru akan membuat metabolism tubuh tidak bekerja dengan baik. Selanjutnya Krista juga menambahkan bahwa tidak memasukkan protein pada sarapan justru akan membuat tubuh merasa lebih lapar pada siang harinya. Beberapa sumber protein terbaik yang bisa didapat yaitu berasal dari daging, keju, yogurt., tahu dan tempe atau biji-bijian.

Karena pentingnya sarapan pagi bagi tubuh, maka sarapan adalah asupan pertama yang penting untuk otak dan tubuh memulai aktifitasnya. Agar sarapan pagi jadi lebih berfariasi dan pastinya sehat, maka pemilihan bahan makanan juga penting. Bagi Anda yang ingin membuat menu pagi yang sehat, berikut beberapa rekomendasi menu sarapan yang mudah dan praktis.

1. Roti tawar dan susu

Jika Anda tak ingin repot memasak atau membuat menu sarapan berat, maka bisa menyajikan segelas susu segar dan roti tawar. Kedua menu ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan energy tubuh sebab telah mengandung karbohidrat dan kalsium.

2. Sereal dan Susu

Sama dengan menu sebelumnya, sarapan praktis selanjutnya yaitu dengan menyajikan sereal dan susu. Menyantap sereal bisa memberikan tambahan serat dan zat besi sebab sereal umumnya terbuat dari gandum yang memberikan nutrisi dan serat alami. Jika Anda kurang suka mengkonsumsi sereal, bisa menggantinya dengan oatmeal yang terbuat dari bahan gandum yang sama.

3. Omlete dan Telur rebus

Jika ingin sarapan dengan menu yang sedikit matang, maka bisa tambahkan nasi omlete. Nasi ini terbuat dari campuran telur yang digoreng. Sajian telur ini dapat memberikan tambahan nutrisi dan protein sekaligus bergizi dan lezat. Namun jika ada anggota keluarga Anda yang tidak menykai sarapan dengan omlete bisa menggantinya dengan telur rebus matang atau setengah matang. Menurut pakar nutrisi bernama Susan Mitchell, Ph.D., RD mengungkap bahwa sebutir telur mengandung banyak protein yang bisa membuat perut kenyang dan membantu menjaga masa otot.

4. Pisang

Mengkonsumsi satu atau dua buah pisang pada pagi hari, cukup membuat perut terasa kenyang. Pisang mengandung serat, potassium, dan vitamin C. Kombinasi ketiganya dapat menghasilkan energy yang diperlukan tubuh, membuat rasa kenyang lebih lama dan mengontrol tekanan darah. Anda juga bisa memasukkan buah-buahan lain seperti berry atau apel. Buah apel juga baik dikonsumsi pada pagi hari karena memberikan rasa segar dan nyaman di lambung.

5. Air

Jangan lupa untuk menambahkan air minum setelah selesai makan. Air minum yang cukup akan memberikan tubuh cairan yang cukup sehingga menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Air putih juga dapat membantu melancarkan metabolisme dan pencernaan. Setidaknya minum air putih setiap pagi sebanyak 500 ml untuk membantu tubuh mengeluarkan racun. Sesekali Anda juga bisa menambahkan asupan air lainnya seperti teh hijau yang hangat untuk menambah konsentrasi. Mengonsumsi secangkir teh hijau di pagi hari justru dapat merangsang tubuh lebih aktif bergerak, memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan meminimalkan  kadar kolesterol. Teh hijau juga bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap ideal.

6. Minuman lainnya

Untuk fariasi minuman lainnya, Anda bisa mencoba air lemon, the jahe, atau minuman kunyit. Air lemon hangat di pagi hari dapat memberikan vitamin dan mineral untuk meningkatkan energy tubuh. Air lemon juga bermanfaat untuk membantu pergerakan usus, melindungi kerja hati dan menenangkan sendi dan otot. Sementara teh jahe sangat baik untuk meningkatkan system kekebalan tubuh, mengurangi stress selama kerja atau belajar sekaligus memperbaiki sirkulasi darah. Untuk minuman kunyit, terbukti memiliki kandungan antiokasidan yang bersifat anti kanker yang bekerja sangat baik bila dikonsumsi pada pagi hari.

7. Jus sayuran

Jika Anda penggemar vegetarian, tidak salahnya mencoba menu sarapan pagi dengan jus sayuran. Beberapa jus sayuran yang bisa dikombinasikan yaitu jus dari buah tomat, wortel, seledri dan sebagainya. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan maka menambahkan jus sayuran bisa lebih nikmat dengan menambahkan beberapa sendik madu. Jus sayuran bisa untuk memenuhi vitamin dan nutrisi sepanjang hari.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top