Makanan Kesehatan

Menu Ketupat Sambal Teri Yang Lezat untuk Buka Puasa

 Menu Ketupat Sambal Teri Yang Lezat untuk Buka Puasa

Tidak sabar ya rasanya menunggu momen lebaran yang sudah didepan mata. Yah, lebaran adalah waktu dimana warga muslim di seluruh penjuru dunia berbondong-bondong merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasan menahan lapar, haus, nafsu, dan amarah. Dan salah satu hidangan yang jadi wajib menjelang lebaran adalah ketupat.

Sponsor: perawatan wajah terbaik

Tak perlu menunggu lebaran, menu ketupat juga bisa kok disajikan di waktu berbuka puasa. Menikmati ketupat jadi makin istimewa jika diracik dengan citarasa lezat dan menggoda lidah. Jika Anda membayangkan sedapnya sayur ketupat, pasti ingin mencobanya bukan? Berikut ini disajikan cara mudah membuat menu ketupat sambal teri yang lezat untuk buka puasa keluarga. Silahkan mencoba!

Memasuki waktu berbuka, berbagai menu takjil seperti es campur, kolak atau makanan gorengan menjadi menu pertama kali disajikan. Selepas itu, baru hidangan utama seperti nasi, sayur beserta lauk pauknya. Jika Anda bosan dengan nasi, ketupat bisa jadi pilihan enak sebab tekturnya yang empuk cocok untuk Anda yang ingin mencoba variasi lain.

Bahan yang harus dipersiapkan untuk ketupat sambal teri yang lezat yaitu sediakan 1 sendok makan gula pasir, ½ kg teri yang sudah di haluskan atau bisa pilih teri rebon, 250 gr sambal yang sudah jadi atau cabe yang telah dilumatkan, dan beras untuk membuat ketupat. Sebelum membuat resep, pertama kali yang harus dibuat adalah ketupat.

Menu Ketupat Sambal Teri Yang Lezat untuk Buka Puasa

Cara membuat Ketupat istimewa:

Untuk membuat ketupat matang sebelumnya harus mempersiapkan daun kelapa yang sudah dibuat ketupat. Selanjutnya isi tiap-tiap wadah ketupat dengan beras yang sudah dicuci bersih. Kukus ketupat diatas wadah yang telah diisi air dan letakkan saringan di dalamnya. Masukkan ketupat kedalamnya dan kukus selama 4-5 jam hingga nasi dalam ketupat benar-benar matang dan empuk.

Perlu diingat jika ingin membuat daun ketupat harus dipilih yang bersih dan bagus. Jika perlu bisa rendam daun ketupat sebelum dikukus dengan air kapur sirih agar tekstur ketupat nantinya lebih awet dan kenyal. Ketika merebus usahakan untuk merendamnya dengan air mendidih dan kalo sudah matang bisa lansung siram dengan air dingin dan langsung gantung ke tempat yang terkena angin supaya kandungan airnya cepat hilang dan ketupat tidak mudah basi.

Menu Ketupat Sambal Teri Yang Lezat untuk Buka Puasa

Cara membuat sambal teri pedas:

Setelah semua bahan untuk sambal teri sudah disiapkan selanjutnya beralih ke proses masak. Pertama siapkan wajan berisi sediki minyak dan panaskan dengan api sedang. Setelah itu masukkan teri halus atau bisa teri rebon. Masak hingga sedikit harum. Tambahkan sambal dan aduk kembali udang dan sambalnya. Jika perlu tambahkan sedikit gula untuk menambah citarasa sambal. Jika sudah sedikit garing, angkat dan tuangkan dalam wadah. Sajikan bersama ketupat dan hidangkan selagi masih hangat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top