Tubuh ku

Cara Menjaga Berat Badan Yang Ideal

Menjaga tubuh ideal memang bagi sebagian orang menjadi prioritas yang diharuskan, karena masalah berat badan diangggap dapat menentukan penampilan seseorang. Sebenarnya banyak jenis bentuk badan ,namun yang sering menjadi prioritas adalah jenis bentuk badan jam pasir . Realitas sosial yang terjadi dalam pergaulan sehari-hari terkadang mendiskriminasi orang yang memiliki berat badan terlalu over, pun juga bagi mereka yang terlalu kurus. Maka banyak orang yang mati-matian ingin mendapatkan tubuh secara ideal, bukan hanya mereka yang gemuk ingin kurus, ternyata yang kurus juga pengen berisi. Menaikan berat bedan juga ternyata tidak kalah susahnya dengan menurunkan berat badan. So ,untuk kalian jangan khawatir disini kita akan bahas bagaimana cara menjaga berat badan yang ideal.

Menjaga Berat Badan Yang Ideal

sponsor: kezia skin expert.

 Orang yang memiliki badan kurus biasanya sulit untuk makan, karena itu sudah menjadi kebiasaaanya, dan mungkin juga tubuhnya belum siap menghadapi perubahan. Akan tetapi bukan berarti tidak bisa, kalau anda mau berusaha bersungguh-sungguh dan memiliki komitmen yang tinggi untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan baru, pasti berat badan ideal bisa anda dapatkan. Ini ada beberapa langkah yang bisa anda ikuti, supaya anda memiliki tubuh yang berisi dan tidak kurus. Sehinggga tubuh ideal yang anda inginkan bisa anda miliki. Ini dia cara agar tubuh berisi tidak kurus:

  1. Tambahkan Porsi Makanan

Salah satu cara agar tubuh berisi adalah dengan menambah lebih banyak porsi makan anda. Tapi lebih baik disarankan menambah atau memperbanyak waktu makan ketimbang jumlah porsinya sih, misal, makan 5-6 kali sehari dengan porsi kecil-kecil akan lebih baik ketimbang anda menghajar porsi super jumbo dalam sekali makan. Biasanya untuk pemula tidak akan bisa melakukannya . Setelah menambah jatah makan, diimbangi juga dengan menambah buah-buahan. Konsepnya sederhana, jika kalori yang masuk kedalam tubuh lebih banyak ketimbang yang dibakar untuk aktivitas anda, maka kalori yang tersimpan itu akan menjadi lemak, dan itu lah yang akan menambah beban tubuh anda sehingga tubuh akan keliatan lebih berisi. Bisa juga dengan ngemil makanan ringan.

  1. Minum Susu

Minum susu 2 gelas setiap hari dan diimbangi juga dengan minum air putih kurang lebih 8-9 gelas setiap harinya dapat mempercepat berat badan anda meningkat. Karena susu merupakan minuman yang kaya akan kandungan lemak, sehingga susu dapat membantu dalam meningkatkan asupan jumlah lemak dalam tubuh. Susu yang anda konsumsi bisa susu sapi ataupun suplemen otot. Kandungan protein, lemak dan zat gizi lainnya akan mencukupi kebutuhan tubuh anda. Jika anda tipe orang yang tidak suka susu sapi, anda bisa menggantinya dengan olahan lainnya seperti susu kedelai ataupun yoghurt maupun keju.

  1. Olahraga Teratur

Untuk mendapatkan tubuh yang ideal, olahraga secara teratur sangat dianjurkan. Jika anda belum terbiasa olahraga berat maka disarankan yang ringan-ringan dulu, yang paling penting hancurkan dulu susunan otot-otot anda, kemudian tubuh diberi asupan gizi yang cukup. Maka tubuh menjadi lebih berisi dan berotot, sehingga tubuh ideal bisa anda dapatkan. Dalam berolahraga anda juga harus tetap memperhatikan kalori anda, jangan terlalu lama berolahraga yang bisa membuang kalori terlalu banyak, seperti olahraga kardio (renang, futsal, lari, dll) yang dampaknya anda akan kehabisan kalori tubuh.Karena kalori untuk membangun otot-otot anda.

  1. Memperbanyak Ngemil Sehat

Apabila anda tidak terlalu sering makan, Salah satu cara yang paling mudah untuk menambah berat badan adalah dengan cara sering ngemil, lakukanlah kebiasan ngemil sehat, luangkan sedikit waktu buat menyantap roti, empek-empek, tahu goreng ataupun cemilan sehat lainnya. Disamping menambah asupan gizi, ngemil sehat juga menyenangkan dan juga bisa merevitalisasi energi diantara dua waktu makan. Cemilan sehat itu bisa makanan ringan yang tidak hanya mengandung kalori kosong saja, tetapi juga mengandung zat gizi yang diperlukan tubuh.

  1. Istirahat Cukup

Kurangi waktu begadang anda jika anda tipe orang yang suka begadang. Dan gunakan waktu senggang untuk istirahat, karena istirahat bisa memberikan tubuh lebih rileks dan santai sehingga tidak menimbulkan stress. Jika tubuh mengalami stress maka menyebabkan tubuh anda terlihat lesu, layu dan tidak bersemangat, yang pada akhirnya malas makan, malas kerja dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, perhatikanlah waktu istirahat anda, minimal terpenuhi 6-8 jam dalam sehari untuk tubuh anda beristirahat. Sehingga badan terlihat fresh, segar dan yang pasti sehat. Tidur juga dapat memperbaiki metabolisme tubuh semakin baik.

  1. Tambahkan Kalori

Untuk menaikkan berat badan anda, menambahkan dan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori itu penting. Makanan ini bisa anda konsumsi ketika waktu santai, atau sebagai cemilan juga bisa. Beberapa contoh makanan yang banyak mengandung banyak kalori seperti alpukat, keju, gandum, popcorn, mentega dan lain sebaginya. Semua itu untuk memastikan bahwa asupan kalori yang masuk ketubuh anda itu lebih besar dari kalori yang dibakar.

  1. Makanan Pedas

Dalam program menggemukan badan memang lumayan susah kalau tidak terbiasa makan banyak, apalagi yang biasa makan dengan porsi kecil, akan tetapi tuntutan kalori dan asupan gizi mengharuskan anda untuk banyak makan dan sering ngemil. Salah satu cara mengatasi hal itu adalah dengan makan-makanan yang sedikit pedas. Makanan pedas akan sedikit merangsang nafsu makan anda, sehingga makan anda lebih lahap dan berselera. Terus kalau yang tidak suka pedas bagaimana? Jangan bingung, ada trik untuk mengakali nafsu makan, yaitu berjalanlah atau melakukan aktifitas fisik sebelum jam makan tiba. Kalau sudah waktu jam makan tiba tapi belum lapar?, makanlah makanan yang anda sukai, yang paling digemari, ini untuk merangsang supaya nafsu makan anda muncul. Bukan hanya makanan pedas, makanan yang sedikit manis juga sebagian orang merangsang dan bisa meningkatkan nafsu makan.

  1. Konsumsi Multivitamin

Mengkonsumsi multivitamin sangat dianjurkan, terutama vitamin B yang sangat membantu dalam proses pencernaan nutrisi yang anda makan. Percuma saja bila anda banyak makan tapi tidak bisa di cerna dengan baik oleh tubuh anda. Mutivitamin banyak dijual di toko suplemen, tetapi sebelum mengkonsumsi multivitamin dianjurkan konsultasi dulu sama dokter kesehatan, multivitamin apa yang pas dan sehat serta aman buat kesehatan tubuh anda.

  1. Perbanyak Makanan Sumber Protein

Dengan mengkonsumsi makanan sumber protein secara berkala membuat tubuh anda lebih berisi. Karena kandungan protein berfungsi untuk memperbaiki serat otot pada tubuh. makanan yang banyak mengandung protein terdapat pada ikan tuna, dada ayam, salmon, daging merah, dan kacang-kacangan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top