Wajah ku

Mengobati Iritasi Pada Kulit Wajah

Mengobati iritasi pada kulit wajah– Kulit sensitif adalah jenis kulit yang membutuhan perawatan yang lebih dan hati-hati. Jika salah sedikit saja dalam merawatnya dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan. Masalah yang mungkin terjadi adalah seperti jerawat, luka, kemerahan, iritasi, dan semisalnya. Diatara beberapa masalah tersebut yang sering terjadi adalah iritasi. Oleh sebab itu Anda harus tahu bagaimana cara mengobati iritasi pada kulit wajah.

Mengobati Iritasi Pada Kulit Wajah

sponsor: dr rochelle skin expert.

Iritasi pada kulit wajah biasanya ditandai dengan adanya penipisan kulit, timbul rasa perih, luka pada lapisan luar kulit, serta warna kulit wajah yang kemerah-merahan. Selain dapat mengganggu penampilan, iritasi pada kulit wajah juga dapat menimbulkan rasa sakit sehingga harus segera diobati.

Penyebab Iritasi pada Kulit wajah

Iritasi pada kulit wajah yang sensitif dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya seperti di bawah ini:

  • Penggunaan produk kecantikan yang kurang tepat.
  • Adanya residu, kotoran, atau bahan berbahaya tertentu yang menempel pada kulit wajah Anda dan telat dibersihkan.
  • Paparan sinar matahari secara terus-menerus.
  • Berada di ruangan dengan suhu yang tidak dapat ditolerir oleh kulit dalam jangka waktu yang lama.
  • Mengonsumsi makanan yang memicu alergi, dan lain-lain.

Dalam artikel ini kita akan membahas secara khusus cara mengobati iritasi pada kulit wajah yang disebabkan oleh penggunaan produk kecantikan yang tidak sesusai dengan kondisi kulit. Oleh sebab itu hendaknya kita lebih berhati-hati dalam memilih produk kecantikan untuk perawatan kulit, terutama untuk wajah.

Sebaiknya Anda memperhatikan jenis kulit Anda sebelum membeli produk kecantikan untuk perawatan kulit wajah. Karena biasanya produk kecantikan dibuat dan disesuaikan untuk setiap jenis kulit yang berbeda. Anda dapat mendisuksikannya dengan dokter atau ahli kecantikan untuk menentukannya.

Selain memilih produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit, Anda juga harus memperhatikan bahan-bahan dari produk tersebut. Pastikan tidak ada bahan berbahaya seperti merkuri dan hidrokinon. Kedua bahan ini sangat berbahaya dan dilarang penggunaanya sebagai bahan untuk membuat produk kecantikan. Merkuri dan hidrokinon akan membuat pengelupasan kulit secara paksa, dan mematikan sel melanin yang bertugas untuk menjaga dan melindungi kulit dari sinar matahari.

Untuk itu Anda harus hati-hati dalam memilih produk kecantikan terutama produk pemutih kulit. Agar lebih aman Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti bengkoang, lemon, susu dan semisalnya. Anda juga dapat menanyakan kepada teman atau orang-orang terdekat mengenai produk kecantikan yang akan Anda beli. Akan lebih baik jika Anda mengonsultasikannya kepada ahli kecantikan atau seorang dokter.

Cara Mengobati Iritasi pada Kulit Wajah Secara alami

Saat terjadi iritasi pada kulit wajah Anda, biasanya akan disertai dengan rasa perih yang sangat mengganggu. Hal ini terjadi karena adanya penipisan kulit atau luka yang terjadi di sekitar area kulit yang teriritasi. Untuk mengobati iritasi pada kulit wajah tersebut Anda dapat menggunakan bahan-bahan seperti di bawah ini:

  1. Masker mentimun

Masker mentimun dapat memberikan sensasi dingin pada kulit wajah Anda, sehingga sangat baik untuk mengurangi rasa perih yang diakibatkan oleh iritasi. Anda juga dapat menyampurkan madu secukupnya untuk membantu mempercepat proses penyembuhan iritasi. Penggunaan masker mentimun ini selain dapat mendinginkan dan mengurangi rasa perih pada kulit wjah Anda, juga dapat menambah nutrisi dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh kulit sehingga kulit Anda akan menjadi lebih cerah dan sehat.

  1. Masker bengkoang

Masker bengkoang juga dapat dijadikan pilihan untuk mengurangi rasa perih saat terjadi iritasi pada kulit wajah Anda. Penggunaan masker bengkoang juga akan memberikan rasa dingin dan mengurangi rasa perih pada kulit wajah. Bengkoang mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga dapat membantu proses penyembuhan luka ataupun iritasi dengan baik. Selain itu bengkoang juga mampu memutihkan kulit wajah Anda secara alami.

Agar mendapatkan hasil yang lebih baik, Anda dapat membuat masker bengkoang yang dicampur dengan minyak zaitun. Kedua campuran bahan tersebut dapat digunakan sebagai obat peradangan dan moisturizer alami untuk kulit wajah Anda.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah moisturizer alami untuk kulit dan juga dapat berperan sebagai anti-inflamasi atau anti peradangan. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang cukup tinggi sehingga dapat membantu regenerasi sel kulit Anda dengan baik. Vitamin E sangat bermanfaat bagi tubuh untuk memperbarui sel-sel kulit di sekitar area kulit yang teriritasi, terutama bagi kulit yang sensitif. Sehingga dengan asupan vitamin E yang cukup, kulit wajah anda yang mengalami iritasi dapat disembuhkan dengan lebih cepat.

Minyak zaitun juga sangat baik untuk menghaluskan kulit wajah, tangan, telapak kaki, dan juga mampu mengatasi kerutan pada wajah. Minyak zaitun dapat melembabkan kulit dengan baik, sehingga sangat bermanfaat untuk kulit yang kering. Minyak zaitun akan memaksimalkan kerja kelenjar minyak di bawah kulit agar produksi minyak alami dapat tetap terjaga.

  1. Madu

Cara mengobati iritasi pada kulit wajah yang terakhir adalah dengan menggunakan madu. Seperti halnya minyak zaitun, madu juga dapat dijadikan sebagai moisturizer dan anti-inflamasi. Namun madu akan terasa lebih lengket jika dibandingkan dengan minyak zaitun pada saat digunakan. Madu juga dapat menyembuhkan iritasi pada kulit wajah Anda dengan cepat. Anda dapat menyampurkan madu dengan mentimun agar dapat memberikan rasa dingin, dan mengurangi rasa perih.

Demikian beberapa cara mengobati iritasi pada kulit wajah serta penyebab dan sedikit pembahasan mengenai iritasi pada wajah. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top