Tips Kesehatan

Mengenali Kanker Payudara Sejak Dini

Mengenali Kanker Payudara Sejak Dini

Mengenali Kanker Payudara Sejak Dini

Apa yang terlintas di benak kita jika mendengan kanker payudara? Mendengar kata kanker pasti yang terbayang adalah kesan menyeramkan dan menakutkan. Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang terkenal cukup mematikan di muka bumi jika tidak segera ditangani dan diobati sedini mungkin. Salah satu jenis kanker yang banyak diidap oleh wanita adalah kanker payudara. Meskipun memiliki resiko yang jauh lebih rendah, kaum pria ternyata juga dapat mengalami kanker payudara. Wanita yang memiliki keluarga dengan riwayat kanker payudara, juga harus lebih proaktif dan waspada terhadap segala kemungkinan terjadinya perubahan pada payudara dari sedini mungkin. Kesadaran dan deteksi dini terhadapsegala gejala pada payudara diharapkan dapat meningkatkantaraf keberhasilan pengobatan dan harapan hidup jika menderita kanker payudara.

Dalam dunia kesehatan wanita, kanker serviks memang masih menduduki posisi pertama jenis kanker yang banyak menyerang wanita. Selanjutnya, di posisi kedua adalah kanker payudara yang turut mengancam kesehatan wanita. Sebagai langkah antisipasi, baik mencegah dan mengobati, perlu sekali mengetahui gejala perubahan dan kanker pada payudara sejak dini. Mendeteksi segala bentuk perubahan pada payudara, terutama pada kaum wanita, dapat dilakukan sendiri secara rutin. Aktivitas mengenali sejak dini segala hal yang berhubungan dengan gejala kanker payudara dapat dilakukan melalui pemeriksaan payudara sendiri atau yang lebih dikenal dengan istilah SADARI.

Dalam kondisi awam, sebagian besar pasien penderita kanker payudara datang berobat sudah dalam keadaan stadium lanjut. Padahal, jika gejala kanker payudara sudah dikenali dari sejak awal, maka penderitanya bisa diterapi dan diobati, sehingga sel kanker yang menyerang dapat dikalahkan dan disembuhkan. Oleh sebab itu, kaum wanita sebaiknya lebih memahami apa saja yang dirasakan pada organ payudaranya. Deteksi dini melalui SADARI dilakukan dengan tujuan untuk mendeteksi adanya kelainan pada payudara, sehingga kelainan tersebut bisa diketahui sedini mungkin, sehingga lebih mudah diobati dan diatasi secara maksimal.

SADARI dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Melakukan pemeriksaan dengan penglihatan
  2. Berdiri di depan cermin atau kaca tanpa busana, kemudian kita memperhatikan secara teliti payudara yang terlihat di cermin. Kedua tangan harus lurus ke bawah.

Yang perlu diperhatikan secara seksama tentang payudara adalah kelainan atau perubahan bentuk pada kedua payudara atau pada bagian puting. Sebagai wanita perlu sekali mengamati secara teliti berbagai kelainan yang mungkin ada, di antaranya perubahan warna kulit, perubahan pada puting yang tertarik ke dalam atau mungkin mengeluarkan cairan.

  1. Perhatikan dengan seksama ketika kedua tangan diangkat di atas kepala, apakah terdapat kelainan pada kedua payudara atau bagian puting.
  2. Selanjutnya, pemeriksaan dengan penglihatan dilakukan dengan meletakkan kedua tangan di depan payudara dengan siku mengarah di bagian samping. Kemudian, kedua telapak tangan saling menekan satu dengan yang lain dengan kuat, agar otot-otot dada tegang, sehingga dapat diketahui dan dilihat dengan jelas di cermin jika ada perubahan seperti cekungan atau benjolan pada payudara.
  3. Melakukan pemeriksaan dengan tangan
  4. Yang perlu dilakukan melalui pemeriksaan dengan tangan adalah dengan memberikan tekanan di daerah sekitar puting di kedua payudara dengan pelan atau lembut untuk mengetahui ada tidaknya kemungkinan keluarnya cairan yang tidak normal.
  5. Pemeriksaan dengan tangan dapat dilakukan dengan posisi berbaring, yaitu dengan meletakkan tangan kanan di bawah kepala, dan meletakkan bantal kecil di bawah punggung kanan. Tangan kiri kemudian meraba seluruh payudara bagian kanan dengan 3 jari tengah yang dirapatkan. Lakukan gerakan memutar dengan tekanan lembut dan mantap, dimulai dari tepi dengan arah putaran searah jarum jam. Lakukan pemeriksaan dengan cara yang sama untuk bagian payudara sebelah kiri.

Wanita hendaknya lebih sensitif terhadap organ payudara yang dimilikinya. Berikan pula perhatian khusus pada payudara yang bagiannya berwarna gelap, karena di situ biasanya sering ditemukan tumor atau gejala kanker. Jika seorang wanita betul-betul memahami bagian payudaranya dengan maksimal, maka akan lebih mudah mengenali jika terjadi perubahan berupa kelainan payudara yang beresiko tumor atau kanker. Jika terjadi demikian, maka segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter ahli yang terkait untuk mendapatkan penanganan medis lebih dini dan komprehensif.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top