Info Kedokteran

Mengenali Ciri Bedak Bayi Berbahaya

Sadar atau tidak, ada keterikatan yang sangat erat antara bayi dengan bedak. Ya, masyarakat awam selalu mengaplikasikan bedak di kulit bayi. Alasannya pun beragam salah satunya untuk menjaga kondisi kulit bayi. Kita tahu bahwa bayi memiliki kulit yang sangat sensitive yang akan sangat mudah terkena iritasi dari perubahan cuaca yang terjadi. Nah, bedak inilah yang dianggap sebagai bahan yang ampuh untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi. Selain itu, bau harum dari bedak bayi juga menjadi alasan kenapa orang tua sering memoleskan bedak pada kulit bayi mereka. Namun, perlu diketahui bahwa kini banyak terdapat bedak palsu yang sangat berbahaya untuk kesehatan kulit bayi. Bukannya akan mencegah iritasi, bedak yang berbahaya justru akan membuat kulit bayi menjadi terluka. Demi keamanan saat memilih, Anda tentunya harus tahu bagaimana mengenali ciri bedak bayi berbahaya berikut ini.

Mengenali Ciri Bedak Bayi Berbahaya.2

Sponsor : perawatan wajah

  1. Tidak mencamtumkan izin BPOM

Hal paling pertama yang harus diperhatikan saat hendak memilih bedak untuk bayi Anda adalah dengan melihat izin BPOM pada kemasan bedak tersebut. Ya, BPOM adalah badan yang mengawasi masalah makanan dan juga kosmetik yang aman di Indonesia. Izin dari badan inilah yang dapat menjadi indikasi bahwa bedak bayi yang hendak Anda beli adalah aman karena sudah melalui proses pengujian dan verifikasi yang ketat. Nah, jika Anda menemukan produk bedak bayi yang tidak dilengkapi dengan izin BPOM, maka hendaknya Anda tidak memilihnya. Hal ini dikhawatirkan merupakan indikasi dari bedak palsu yang tidak melalui verifikasi dan mengandung bahan yang berbahaya. Anda memang harus jeli dan tidak asal memilih demi keamanan penggunaan.

  1. Tidak berlabel halal

Label halal menjadi hal yang cukup krusial saat Anda hendak memilih beberapa makanan dan kosmetik kebutuhan sehari-hari, termasuk produk bedak bayi. Adanya label halal menunjukkan bahwa produk bedak yang hendak Anda pilih di buat dengan bahan-bahan yang berkualitas dan aman bagi kulit si bayi. Tidak hanya itu, bedak yang berlabel halal juga menggunakan bahan berkualitas. Jika Anda menemukan produk bedak bayi tanpa label halal, maka lebih baik ditinggalkan. Tidak adanya cap halal di kemasan bedak bayi tersebut menandakan bahwa produk yang Anda temukan adalah bedak abal-abal yang harus dihindari.

  1. Kemasan yang rusak

Hal lain yang harus Anda perhatikan saat hendak memilih produk bedak bayi untuk menjaga kulit bayi dari iritasi adalah kemasan dari bedak tersebut. Kemasan dari bedak juga menunjukkan bagaimana kualitas dari bedak bayi yang hendak Anda pilih. Nah, dalam hal ini ciri dari bedak bayi yang berbahaya adalah kemasan bedak yang rusak. Rusaknya kemasan dari bedak bayi menunjukkan bahwa kondisi bedak tersebut sudah tidak baik. Bisa saja, produk bedak tersebut sudah kadaluwarsa. Selain itu, rusaknya kemasan pada bedak tersebut juga dapat menyebabkan adanya benda lain yang masuk ke dalam kemasan bedak dan bereaksi dengan mengubah komposisi bedak. Usahakan selalu memilih produk bedak bayi dengan kemasan yang utuh dan masih bersegel.

  1. Komposisi yang tidak disarankan

Selain beberapa hal di atas, memang untuk memilih bedak bayi yang berkualitas, Anda harus melihat komposisi yang digunakan oleh pembuatnya. Komposisi dari bedak akan sangat mempengaruhi kegunaan dan manfaat bedak yang akan Anda aplikasikan pada kulit bayi Anda. Sebagaimana kita tahu bahwa kulit bayi sangat sensitive terhadap apapun, termasuk bahan yang digunakan dalam produk bedak bayi tersebut. Nah, adanya bahan yang tidak disarankan dalam produk bedak bayi menjadi ciri dari produk yang berbahaya dan tentu saja sebaiknya tidak Anda pilih. Komposisi yang tidak seimbang misalnya adanya kandungan menthol yang terlalu banyak atau adanya merkuri dalam bedak tersebut. Coba browsing mengenai beberapa bahan yang berbahaya dalam bedak bayi untuk pegangan saat memilih produk.

  1. Bau yang menyengat

Salah satu alasan kenapa orang tua memilih bedak dan mengaplikasikannya pada bayi meraka adalah keharuman yang ada dalam bedak tersebut. Aroma harum yang terkandung pada bedak dapat membuat anak Anda terkesan lebih segar dan juga menyenangkan. Nah, lantas bagaimana ciri bedak bayi yang berbahaya? Berkaitan dengan aroma dari bedak, bau yang menyengat merupakan ciri dari bedak yang berbahaya. Bau tidak sedap yang muncul dari produk bedak tersebut merupakan tAnda bahwa kondisi bedak sudah tidak bagus dan bisa saja sudah kadaluwarsa. Selain melihat kemasan, coba cek bau bedak dari produk yang hendak Anda pilih sebelum menyesal di kemudian hari.

Beberapa ciri dari bedak bayi yang berbahaya untuk digunakan tentu saja harus menjadi sebuah koreksi diri sendiri saat hendak memilih produk yang akan Anda gunakan. Bedak yang seharusnya bisa digunakan untuk mengatasi masalah iritasi kulit bayi bisa saja menjadi benda yang berbahaya jika salah memilih. Dengan beberapa ciri sebagaimana disebutkan di atas, agaknya Anda bisa terbantu untuk membedakan mana bedak yang baik dan tidak. Usahakan pula untuk memilih produk bedak bayi dari produsen yang sudah ternama untuk jaminan. Umumnya produk dari produsen ternama tidak akan menggunakan bahan-bahan berbahaya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top