Entertaiment

Mengenal Tes Flanagan Aptitude Clasification ( FACT )

Baik sebelum memasuki dunia pendidikan dan dunia kerja, kita perlu mengetahui apa dan seberapa besar kemampuan yang dimiliki. Berbagai alat tes pengukur bakat tersedia. Tergantung sebuah instansi ingin memakai alat tes apa. Tes Flanagan Aptitude Clasification yakni salah satu alat tes pengukur kemampuan seseorang. Pertama disusun oleh J.C. Flanagan, ialah seorang profesor psikologi pada universitas Pittsburgh yang juga direktur American Institute for Reaseach. Tes ini ia buat sebagai usaha dalam mendapatkan suatu system klasifikasi baku dalam penetuan bakat dan kemampuan dasar seseorang pada tugas-tugas tertentu.

Tes Flanagan Aptitude Clasification

Sponsor: kezia skin expert

Di samping itu pula tes tersebut digunakan sebagai alat bantu untuk memprediksi keberhasilan kerja dan perencanaan program latihan dalam rangka konseling pekerjaan dan sebagai alat seleksi dan penempatan karyawan.

Tes ini sendiri terbagi menjadi 14 tes, yaitu :

  1. Inspection

Tes inspection ini mengukur kemampuan secara cepat dan akurat dengan melihat kekurangan – kekurangan atau titik – titik robek pada gambar – gambar objek atau serangkaian artikel. Jadi tes inpeksi ini dipergunakan untuk mengetes ketajaman persepsi detail. Untuk itu tesnya dapat disebut juga tes persepsi detail. Kemampuan tersebut dibutuhkan dalam memeriksa hasil – hasil pabrik yang hampir selesai atau sudah selesai.

  1. Coding

Dalam konseling pekerjaan sebagai alat bantu guna memprediksi keberhasilan kerja berdasarkan kemampuan khusus, juga  sebagai petunjuk dalam peencanaan program pelajaran sekolah yang cocok. Bisa pula digunakan dalam seleksi dan penempatan karyawan

  1. Memory
  2. Precisison

Tes ini mengukur kecepatan dan keakuratan dalam gerakan – gerakan jadi secara melingkar dengan satu tangan dan dengan kedua tangan, kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam kecepatan bekerja dengan objek – objek kecil.

  1. Assembly

Sama dengan sub tes yang lain dari FACT, sehingga Tes Merakit Objek ini berguna untuk memprediksi mengenai bakat dan kemampuan seseorang untuk meramalkan keberhasilan kerja pada berbagai bidang tugas.

Tes Merakit Objek diperuntukan mengukur kemampuan dalam mengetahui, mengenal, dan membayangkan bentuk suatu objek yang disusun dari bagian – bagian yang telah terpisah-pisah.

  1. Scales

Tes Scales atau biasa disebut Skala dan Grafik tersebut mengukur kecepatan dan ketepatan dalam membaca skala, grafik dan peta. Studi kasus yang diambil untuk menyusun tes ini berupa bentuk – bentuk yang biasa terdapat pada bidang permesinan dan bidang teknik pada umumnya.

Penggunaan tes ini ditujukan guna menunjukan dan mengukur bakat atau kemampuan dalam membaca skala, grafik dan peta. Pada umumnya tes Skala dan Grafik digunakan sebagai salah satu komponen dari suatu batere tes untuk mendeteksi bakat seseorang.

Menurut Flanagan, Tes Skala dan Grafik ini diperlukan untuk dapat melihat “Cretical Fact Elements untuk :

  1. Biological Scientist
  2. Mathematician
  3. Chemist
  4. Nurse
  5. Clerk
  6. Physician
  7. Drfatsman
  8. Physicist
  9. Engineer
  10. Pilot Airplane

  1. Coordination

 Tes ini mengukur kemampuan untuk menkoordinasikan gerakan – gerakan lengan dan tangan (hand – and – arm coordination).

  1. Judgemen and Comprehension

Pada umumnya sub tes ini dan sub tes yang lain maka alat ini berguna untuk memprediksi keberhasilan seseorang di dalam pekerjaannya berdasarkan bakat yang dipunya.

Tes judgemen and comprehension berfungsi mengukur kemampuan membaca serta memahami untuk melihat alasan yang logis serta mengambil keputusan dengan menangkap makna dari suatu situasi yang praktis. Tes tersebut dimaksudkan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam memproduksi outline dari pola – pola yang sederhana dengan cara tepat akurat.

  1. Arithmatic

Tes ini mengukur profisiensi atau kecakapan dalam 4 hal proses berhitung dalam penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian (+, -, x, :). Kemampuan ini amat penting bagi juru bayar toko.

  1. Patterns

Tes ini dimaksudkan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam memproduksi outline dari pola – pola yang sederhana dengan cara tepat akurat.

  1. Components

Tes Komponen bertujuan untuk mengukur kemampuan mengidentifikasikan komponen – komponen yang penting. Bersama dengan sub tes yang lainnya dari FACT,  maka tes ini berguna untuk keperluan konseling pekerjaan yaitu untuk memprediksi kesuksesan kerja berdasar bakat. Tujuan yang lain ialah seleksi dan penempatan pegawai.

  1. Tables

Aspek yang diukur adalah kemampuan membaca tabel. Dalam hal ini ada dua macam tabel, yakni :

  1. Tabel yang terdiri angka – angka
  2. Tabel yang terdiri atas kat adan huruf alfabet Mechanics

Tujuannya ialah sebagai informasi atau bahan pertimbangan dalam personnel selection atau vocational guidance terutama untuk beberapa jenis pekerjaan seperti : sekretaris, stenographer, akuntan, typest, dan lain – lain.

  1. Expression

Tes ini mengukur perasaan. Pun guna mengetahui pengetahuan tentang bahasa. Selain itu juga dapat untuk mengungkap kemampuan untuk berkomunikasi melalui tulisan serta kemampuan berkomunikasi secara verbal.

Tes ungkapan ini untuk kebutuhan Vocationl Counseling. Adalah sebuah tes sebagai alat Bantu untuk memprediksi keberhasilan seseorang dalam bekerja sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Dapat juga digunakan untuk Educational Guidance sehingga membantu dalam pengarahan (sebagai tes bakat penjurusan). Namun perlu dicatat bahwa tes ini sebenarnya lebih berorientasi kepada “Vocational Counseling” daripada“Educational Guidance.”

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top