Makanan Kesehatan

Mengenal Quinoa Makanan Super Yang Penuh Gizi

Mengenal Quinoa Makanan Super Yang Penuh Gizi

Di seluruh penjuru dunia, banyak jenis makanan sehat dan bergizi bisa disajikan. Salah satu makanan yang mungkin sedikit asing bagi Anda adalah quinoa. Dari teksturnya, sekilas makanan ini mirip biji wijen namun sebenarnya cukup berbeda. Quinoa adalah adalah salah satu produk makanan sehat yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa. Biji quinoa sudah ada sejak 5000 tahun silam dan tumbuh sebagai tanaman asli daerah Ekuador, Andean Peru, Kolombia  dan Bolivia.

Sponsor: cream pemutih wajah

Mengenal quiona makanan super yang penuh gizi rasanya masih kurang jika kita belum membahas kandungan gizi yang baik untuk pencernaan dan tubuh. Karena menjadi super food istimewa, Quinoa banyak dibudidayakan di negara Amerika Serikat dan negara-negara lain di Eropa dan daerah utara India. Sementara di Indonesia, quiona dijual dua jenis yaitu merah dan putih.

Mengenal Quinoa Makanan Super Yang Penuh Gizi

Kandungan Nutrisi Quiona untuk Kesehatan:

Kandungan gizi paling utama pada quiona yaitu tinggi protein, lemak tak jenuh, vitamin dan mineral juga kaya serat. Setiap 100 gram quiona mengandung sebanyak 399 kalori, 16.5 gram protein, 6.3 gram lemak dan 69 karbohidrat. Jumlah energi yang dihasilkan lebih tinggi ketimbang beras dan gandum. Kemudian protein dan lemaknya juga cukup tinggi dari beras dan gandum namun rendah karbohidrat.

Salah satu keunggulan quinoa yakni memiliki kadar protein jauh lebih unggul yang terbentuk dari delapan asam amino essensial yang penting untuk anak-anak dan orang dewasa diantaranya isoleucin, leucine, methionine, tryptophan, phenylalanin, lysine, threonine, dan valine. Setengah asam lemak essensial quiona berupa omega 3 (linolenic) dan omega 6 (linoleic). Selanjutnya pada kandungan seratnya sangat tinggi dibanding biji lainnya meskipun lebih rendah ketimbang serat pada kacang-kacangan. Terakhir, quinoa murni mengandung sejumlah mineral berupa zat besi, mangan, copper, fosfor, vitamin B dan E yang bekerja sebagai anti oksidan alami penangkal radikal bebas.

Manfaat Quinoa untuk Kesehatan?

Quiona adalah super food yang tidak mengandung gluten sama sekali namun baik sebagai pengganti karbohidrat untuk orang yang intoleransi pada gluten. Makanan ini juga baik untuk penderita diabetes karena kandungan seratnya mampu mengontrol pelepasan gula dalam pembulu darah sehingga mengontrol kerja insulin. Tak hanya itu, quinoa baik untuk mereka yang sedang diet sebab mampu memberi rasa kenyang lebih lama sekaligus melancarkan saluran pencernaan. Terdapa lysine  yang bertugas sebagai zat penyembuhan otot-otot yang sakit dalam tubuh. Sementara mineral copper dan mangan bertugas untuk penangkan radikal bebas, menjaga kepadatan dan kekuatan tulang, fosfor dan zat penting juga penting untuk proses pembentuk energi untuk aktivitas.

Cara sehat mengkonsumsi Quinoa:

Kita bisa mendapatkan makanan ini di supermarket atau toko online. Sebelum dikonsumsi pastikan cuci hingga bersih dari saponin penyebab rasa pahit. Atau bisa memilih yang sudah dicuci sebelum dikemas. Untuk cara memasknya sama dengan menanak nasi yaitu masukkan 1 gelas quinoa dan 2 gelas air kemudian rebus selama 5 menit. Quinoa berasa tawar, oleh sebab itu paling nikmat bisa disajikan dengan mencampur bahan sayur dan bumbu lainnya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top