Makanan Kesehatan

Mengenal Muesli Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Mengenal Muesli Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Mengenal manfaat muesli bagi kesehatan tubuh adalah salah satu jalan menuju gaya hidup sehat. Muesli sendiri merupakan jenis makanan alternatif yang ada dari sekian banyak jenis makanan beradam lainnya. Awalnya, makanan ini serin dikonsumsi oleh masyarakat Swiss sebagai sarapan pagi. Bahkan di Jerman, sarapan ini menjadi salah satu menu wajib. Muesli adalah makanan yang terbuat dari olahan gandum yakni raw rolled oats ditambah dried fruit, biji atau kacang-kacangan dan biasanya dimakan bersama yogurt atau jus segar.

Mengenal Muesli Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Sponsor: pemutih wajah

Muesli pertama kali ada sejak tahun 1900 oleh Maximilian Bircher-Benner yang menyajikan sarapan ini untuk para pasien di rumah sakit. Awalnya, makanan ini berbentuk sereal yang dikeringkan dengan campuran beradam oat, kacang, buah lalu dipanggang hingga teksturnya menjadi kering. Namun kini, sajian ini bisa didapat dalam bentuk gluten atau bubur seperti fresh muesli. Kadang kala bisa disajikan dengan campuran rice crispy.

Mengenal Muesli Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat mengkonsumsi muesli bagi tubuh:

Muesli mengandung jumlah kalori cukup ringan dibanding gandum dan lebih tinggi dibanding granola. Hal itu karena, adanya beragam campuran pada muesli seperti susu atau yogurt, kacang, biji atau buah-buahan. Sementara manfaat nutrisis yang terdapat didalam muesli diantaranya, jenis sereal lengkap dengan jumlah kalori dan gula paling rendah dibanding jenis sereal lain. Kemudian ada kandungan sera sangat tinggi berkat campuran gandum didalamnya sehingga baik untuk sistem pencernaan cocok untuk diet.

Kandungan berbagai macam kacang didalam muesli membuat menu yang satu ini kaya akan sumber protein sangat baik termasuk omega-3 yang berasal dari walnuts. Muesli  juga sumber antioksidan tinggi pelindung tubuh dan sel dari radikal penyebab kanker dan penyakit lain. Berkat sumber proteinnya yang tinggi, seseorang yang rajin mengkonsumsi muesli dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kolesterol hingga tekanan darah. Cara paling baik mengkonsusmi muesli adalah dengan kombinasi susu berguna menambah tingkat sistem kekebalan tubuh.

Mengenal Muesli Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Pentingnya mengkonsusmi muesli untuk menu sarapan:

Sebelum memulai aktifitas padat di pagi hari, sarapan adalah waktu penting untuk memasok energi. Kadar gula dan kalori yang cukup (tidak terlalu tinggi) bisa membantu memenuhi kebutuhan energi serta menghindari rasa lemas. Proteinnya bisa membantu perut lebih kenyang dan tahan lama sehingga baik untuk diet di pagi hari. Ditambah dengan susu non-fat akan membuat kebutuhan energi akan tulang dan otot sehingga bisa digunakan untuk berbagai aktifitas gerak selama sehari penuh.

Mengenal Muesli Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Tata cara menyiapkan muesli untuk menu sarapan bergizi:

Sebelum mengolah muesli, usahakan untuk memilih susu rendah lemak supaya kadar kalori dan gulanya tidak berlebihan. Jika tak ingin susu bisa ganti dengan yogurt. Untuk mendapatkan muesli kaya antioksidan, Anda bisa mencampurkan dengan kacang panggang sambil menambah asupan protein dan omega-3 melalui sumber kacang seperti kenari. Untuk menjadikan muesli sebagai sarapan tinggi serat dan protein namun rendah kalori maka pilih produk dengan label kemasan tanpa gula. Hindari menambahkan buah kering supaya kadar gulanya tak berlebihan.

Beberapa langkah yang harus dipersiapkan sebelum mengkonsumsi muesli adalah dengan ambil 3-4 sendok makan muesli kemasan. Agar gizinya lebih lengkap pilih produk muesli dengan beraneka campuran seperti kacang dan buah kering. Siapkan satu buah pisang dan apel segar lalu potong kecil-kecil. Ambil yogurt dan masukkan kedalam mangkuk berisi muesli. Jika perlu bisa tambahkan aneka buah lain seperti kiwi, strawberry, atau buah berry. Aduk rata dan hidangkan.

Mengenal Muesli Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Tips mendapatkan produk muesli terbaik

Kebanyakan produk muesli itu dijual. Dengan banyaknya produk, sehigga Anda harus mengerti mana produk yang baik dan bermanfaat.

  • Pertama perhatikan komposisi produk dengan cara mengecek kadar gizi pada kemasan. Pastikan tidak memilih produk yang mengandung gula tambahan karena bisa memberi asupan karbohidrat, lemak dan kalori berlebih.
  • Kedua, pilih produk muesli yang unroasted atau melalui proses pemanggangan ringan supaya seluru nutrisi yang terkandun tetap terjag sehingga tubuh tetap bisa mendapatkan manfaat sehat dari muesli.
  • Langkah ketiga adalah melihat kadar karbohidrat muesli dengan jumlah maksimal 20 gr dalam sekali penyajian. Lebih dari itu, tubuh bisa kelebihan asupan kalori atau lemak. Patikan juga lemakk jenuh yang dikonsumsi tak lebih dari 3 gram setiap 100 gr muesli.
  • Terakhir adalah memperhatikan jumlah takaran setiap akan menyajikan. Patuhi selalu saran penyajian yang ada pada kemasan. Jika terlalu banyak menyajikan muesli justru tidka baik untuk kesehatan. Gunakan takaran tak lebih dari 112,5 gr dalam setiap penyajian.

Demikian sekiranya manfaat muesli bagi kesehatan tubuh serta cara dan tips menyajikan menu sarapan ini. Paling penting sebelum mengkonsusminya adalah membantasi asupan buah kering guna mengontrol kadar gulanya terbilang tinggi.  Muesli merupakan salah satu menu sarapan yang sehat dan bernutrisi tinggi. Lengkap dengan varian buah, kacang atau biji-bijian dan ditambah susu membuat sarapan ini mampu memberi asupan energi bagi tubuh. Dengan komposisi nutrisi yang lengkap, namun rendah kalori membuat menu ini bisa menunjang program diet. Semoga sajian muesli yang telah disampaikan ini bisa bermanfaat.

1
20%
like
3
60%
love
0
0%
haha
1
20%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top