Manfaat Tanaman

Mengenal Chia Seed, Biji-bijian Yang Punya Banyak Manfaat

 Mengenal Chia Seed, Biji-bijian Yang Punya Banyak Manfaat

Bagi yang baru mengenal chia seed, mungkin menjadi salah satu nama paling asing yang pernah Anda dengar. Chia seed menjadi salah satu yang dimanfaatkan karena tergolong tanaman yang organik. Chia seed diyakini memiliki manfaat sangat baik bagi tubuh, terutama yang ingin menurunkan berat badan. Sebenarnya seperti apakah chia sheed itu?

Sponsor: pemutih wajah

Manfaat chia seed bagi tubuh memang masih dipertanyakan, sebab banyak dari kita yang belum mengenalnya. Tetapi makanan yang tergolong jenis biji-bijian kecil ini  berasal dari tanaman Salvia hispanica L, dimana tanaman ini tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Meski begitu, chia seed mulai masuk ke Indonesia dan menjadi salah satu makanan organik cukup favorit. Bagi yang ingin mengenal rasanya, chia seed sendiri memiliki rasa yang hambar. Sementara bagi yang ingin memakannya, cukup dengan merendamnya ke dalam air atau cairan beberapa menit. Lebih nikmat lagi jika dicampur dengan minuman atau makanan lain.

Mengenal Chia Seed, Biji-bijian Yang Punya Banyak Manfaat

Kandungan nutrisi chia sheed:

Biji tanaman ini diyakini memiliki beberapa khasiat bagi kesehatan, salah satunya yakni membantu program penurunan berat badan. Bentuk dari biji-bijian ini yaitu kecil mirip mata mata katak atau biji selasih. Sesaat setelah direndam di dalam air, maka biji chia seed akan mengembang. Jika dikonsumsi chia seed akan memberi rasa kenyang lebih lama dan tahan lama. Banyak juga yang percaya bahwa bijian ini mampu menurunkan berat badan.

Chia seed terdiri dari kandungan alami yakni asam lemak omega-3. Dimana asam ini yang mampu menurunkan trigliserida. Selain itu, chia seed mengandung cukup serat yakni sekitat 10 gram setiap 28 gram nya. Chia seed juga mengandung beragam nutrisi lain seperti kalsium 18%, manga 30%, fosfor 27%, protein 5 gram, karbohidrat 12 gram, 8 gram lemak, dan energi atau kalori sebanyak 138. Bahan lainnya terdiri dari sejumlah tembaga, kalium, dan zinc. Tak cukup disitu, tanaman ini memiliki senyawa Triptofan sejenis asam amino essensial yang baik untuk memperbaiki gangguan pada sistem pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. Kalsiumnya pun sangat baik bagi kesehatan tulang dimana mampu mempertahankan kepadatan tulang dan gigi, artinya bijian ini mampu mencegah pengapuran sekaligus osteoporosis sejak dini.

Manfaat Chia seed Bagi Kesegatan:

Karena termasuk sumber makanan organik maka cocok untuk diet sehat yang alami. Beragam manfaat chia seed antara lain:

1. Menurunkan berat badan

Chia sheed mengandung serat cukup tinggi sementara kandungan kalorinya cukup rendah. Karena hal itu, membuat bijian ini bermanfaat  untuk menurunkan berat badan dan seratnya mampu memberi rasa kenyang lebih lama.

2. Bermanfaat untuk penderita divertikulosis

Divertikulosis adalah kondisi dimana terdapat kantung yang terbentuk pada dinding usus dan menonjol ke luar ke rongga perut. Kandungan serat tinggi pada chia seed akan bermanfaat untuk memperlancar pergerakan peristaltik usus sehingga memungkinkan banyak air yang terserap. Makan chia seed yang berserat juga membantu mengurangi peradangan serta tekanan di usus besar.

3. Detok alami bagi tubuh dan pencernaan

Chia seed mampu membantu membersihkan empedu dan empedu sehingga dua organ akan berfungsi mengeluarkan racun sisa metabolisme. Racun akan keluar dalam bentuk feses atau keringat. Chia sheed juga membantu memperlancar buang air secara teratur dan dipercaya dapat membantu kesehatan dan kelancaran pencernaan.

4. Menurunkan kolesterol

Makanan tinggi serat seperti chia sheed ini mampu menghambat risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung koroner. Selain itu, seratnya yang tinggi serat juga dapat menjaga kadat gula darah, baik unutuk
menurunkan kolestetol jahat atau LDL sekaligus dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk aritmia dan trombosis. Asam lemak omega-3 sangat baik untuk menurunkan risiko stroke, serangan jantung, atau kematian mendadak akibat jantung bermasalah.

5. Mengendalikan kadar gula darah

Manfaat chia seed selain mampu menurunkan kolesteror yang tak kalah pentingnya yakni mampu mengendalikan jumlah atau kadar gula dalam darah. Seperti yang kita ketahui, jumlah kadar gula yang meningkat menjadi satu dari sekian banyak masalah yang bisa mengancam kesehatan. Chia seed adalah makanan terbaik yang berperan sebagai pengontrol kadar gula darah, membantu mengurangi resistensi insulin dan berperan bagi Anda yang ingin mengatasi penyakit diabetes.

Cara mengolah chia sheed agar lebih nikmat:

Untuk mendapat manfaat chia sheed, Anda perlu mengolahnya dengan baik. Contoh kasus, ada seorang yang menderita gangguan menelan makanan, maka chia seed dapat menyumbat saluran makanan (esofagus). Hal ini terjadi akibat chia seed bersifat mudah menyerap air. Biji ini juga bisa mengembang hingga 27 kali saat ditelan. Pengolahannya yang benar yakni dengan cara dijadikan campuran puding, minuman, muffin, dan sebagainya.

Meski mengandung sejumlah manfaat diatas, chia sheed hanya perlu dikonsumsi dalam takaran yang pas dan tak berlebihan. Terlalu banyak mengkonsumsi chia seed dapat menyebabkan tenggorokan sakit dimana penderitanya kesulitan dalam menelan makanan yang ia kunyah. Kemudian tidak cocok untuk mereka yang berbadan kurus sebab mengkonsumsi makanan ini dapat membakar lemak sekaligus menekan rasa lapar bagi yang sedang menjalankan program diet sehat. Dan sebaliknya tidak dianjurkan bagi orang dengan tubuh kurus karena dapat menyebabkan kehilangan nafsu makan sehingga dikhawatirkan menyebabkan tubuh jadi lebih kurus. Masalah lainnya dapat menyebabkan perut kembung, nyeri pada ulu hati dan alergi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top