Gaya Hidup

Mengatur Media Sosial Agar Tidak Mengganggu Pekerjaan

Produktifitas kerja tentunya adalah suatu hal yang harus menjadi tujuan bagi setiap pekerja. Hal tersebut tidak lepas karena produktifitas kerja akan membuat pekerjaan menjadi lebih berharga dan tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Namun ternyata memiliki produktifitas kerja memang bukanlah sebuah perkara gampang. Dimana produktifitas kerja akan sulit didapatkan apabila bekerja masih terganggu dengan berbagai distraksi. Distraksi sendiri masih bisa datang berbagai cara maupun berbagai sumber. Namun untuk masa sekarang, biasanya distraksi kerja berasal dari satu sumber yang sama. Yakni media sosial. Trend menggunakan media sosial memang telah terjadi sudah dari beberapa tahun yang lalu. Dan sepertinya memang terlihat sangat mustahil apabila di masa sekarang untuk tidak menggunakan media sosial sama sekali. Apalagi apabila melihat nilai positif yang dimiliki oleh media sosial. Seperti yang diketahui, media sosial bisa membangun jaringan, mendapatkan informasi secara cepat dan juga semakin menguatkan relasi. Namun bukan berarti serta merta media sosial juga tidak memiliki nilai negatif di dalamnya. Dimana nilai negatif yang paling sering terjadi dan paling banyak dirasakan oleh semua orang adalah pemakaian media sosial secara berlebihan. Tentu hal ini sangat menganggu terutama bagi mereka yang sedang bekerja. Karena nantinya produktifitas bekerja pasti sulit untuk didapatkan apabila waktu bekerja tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. Untuk itulah, berikut ini akan dijabarkan cara mengatur media sosial agar tidak mengganggu pekerjaan.

Mengatur Media Sosial Agar Tidak Mengganggu Pekerjaan

sponsor: produk pemutih wajah.

Mengatur Media Sosial Agar Tidak Mengganggu Pekerjaan

  1. Jangan Terlalu Larut Menggunakan Media Sosial

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatur media sosial adalah untuk mengatur kebiasaan agar tidak terlalu larut di dalamnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa bermain media sosial juga memberikan ketagihan sendiri. Hal tersebut bisa terjadi dengan berbagai alasan. Namun yang paling menyita waktu adalah apabila kita terus-terus membaca dan membuka link yang tersebar banyak di media sosial. Biasanya awalnya kita hanya ingin membuka satu link berita saja. Namun tanpa disadari ternyata kita malah membuka banyak link. Sesuatu yang tentunya kemudian menyita banyak waktu kita. Untuk itulah, apabila kita ingin mengaturnya maka hal pertama yang perlu dilakukana adalah jangan terlalu larut menggunakan media sosial. Tahan diri kita apabila ingin membuka link dari media sosial. Karena itu biasanya akan membentuk semacam kebiasaan untuk membuka link yang lain secara terus menerus. Usahakan apabila memang ingin bermain media sosial maka atur waktunya dan juga apabila ingin membuka link maka pastikan link tersebut bermanfaat untuk pekerjaan kita. Agar nantinya kita tidak menghabiskan waktu untuk membaca link yang tidak terlalu penting maupun bermanfaat untuk pekerjaan kita sendiri.

  1. Atur Waktu Membuka Email

Mengatur Media Sosial Agar Tidak Mengganggu Pekerjaan

E-mail tentunya tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Bukan semata-mata sebagai hiburan karena pada kenyataannya email seringkali membantu banyak dalam pekerjaan. Namun hal tersebut terkadang juga menjadi semacam bumerang tersendiri. Karena terlalu asyik membuka dan membalas email maka banyak waktu yang terbuang. Untuk itu apabila tidak ingin membuang waktu secara sia-sia maka atur pemakaian email. Dimana hal tersebut dilakukan dengan cara membuat semacam jadwal dalam penggunaan email tersebut. Jadwal tersebut bisa diisi dengan 30 menit ketika di pagi hari dan 10 menit ketika makan siang. Dimana tentunya kita harus mematuhi jadwal tersebut. Yaitu hanya pada jadwal tersebutlah, kita membuka dan juga membalas email tersebut. Hal ini dilakukan agar penggunaan email lebih efektif dan tidak digunakan untuk hal lainnya yang nyatanya malah tidak bermanfaat.

  1. Matikan Aplikasi Pesan Yang Menyala

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu distraksi paling menganggu sekaligus yang paling sering terjadi adalah ketika bekerja dan kemudian handphone menyala. Dimana biasanya hal tersebut terjadi karena ada pesan yang masuk atau notifikasi dari media sosial. Sesuatu yang tentunya ingin segera dibuka untuk mengetahui isinya. Hal inilah yang kemudian seringkali menghabiskan banyak waktu ketika sedang bekerja. Apalagi menurut sebuah penelitian mereka yang terdistraksi dengan pesan yang menyala tersebut biasanya akan membutuhkan waktu hingga setengah jam untuk kembali dalam mood bekerja. Sesuatu yang tentunya akan membuat produktifitas bekerja sulit didapatkan. Maka yang bisa dilakukan adalah mematikan aplikasi pesan yang menyala di telepon genggam. Berilah sebuah waktu khusus untuk kita membalas pesan-pesan tersebut tanpa harus menganggu waktu kerja kita sendiri.

  1. Mengingat Biaya Dari Internet Itu Sendiri

Mengatur Media Sosial Agar Tidak Mengganggu Pekerjaan

Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menjadi reminder bagi diri sendiri. Bahwa biaya internet akan semakin mahal apabila internet itu sering digunakan. Belum ditambah apabila banyak sosial media yang diakses dalam waktu bersaman. Sehingga dengan mengingat biaya internet yang tidak murah bisa menjadi pengingat diri sendiri untuk tidak menggunakan media sosial secara berlebihan. Walaupun terkadang tidak bisa dipungkiri banyak yang menggunakan fasilitas internet dari kantor. Namun tetap saja biaya internet tersebut akan ditanggungkan oleh kantor. Sesuatu yang juga harus menjadi semacam tanggung jawab tersendiri bagi kita sebagai karyawannya. Jadi bijaklah dalam menggunakan media sosial agar manfaat yang dimilikinyalah yang kita rasakan bukan malah sisi negatifnya. Yakni waktu terbuang sia-sia dan membuat produktifitas kerja menjadi menurun.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top