Career Tips

Mengatasi Pertanyaan Kelebihan Dan Kekurangan Wawancara

Mengatasi Pertanyaan Kelebihan Dan Kekurangan Wawancara

Mengatasi pertanyaan kelebihan dan kekurangan wawancara – Persaingan dunia kerja saat ini memamng sudah sangat ketat. Baik itu pada perusahaan swasta maupun perusahaan negri. Banyaknya freshgraduate yang sedang mencari pekerjaan masih belum seimbang dengan ketersediaan lowongan pekerjaan saat ini. Masih banyak freshgraduate yang belum mendapatkan pekerjaan hingga saat ini. Hal tersebut dikarenakan dari masalah internal yaitu masalah pribadinya sendiri ataupun masalah eksternal.

Mengatasi Pertanyaan Kelebihan Dan Kekurangan Wawancara

sponsor: dr rochelle skin expert.

Sulitnya mencari pekerjaan saat ini memang berbeda dengan jaman dahulu. Tingkat persaingan yang sangat ketat mebuat banyak perusahaan membuka lowongan pekerjaan dengan berbagai macam cara. Banyak perusahaan membuka jalur lowongan pekerjaan dengan beberapa tahapan. Muali dari psikotes, wawancara, pengenalan diri, Forum Group Discussion (FGD) dan lain sebagainya. Beberapa orang telah berhasil masuk setelah melalui semua tahapan yang diberikan. Namun ada juga beberapa yang gagal pada tahap wawancara maupun psikotes. Biasanya kebanyakan orang lolos pada tahap administrasi, yaitu penyeleksian berkas. Setelah itu pencari kerja akan melakukan tahap selanjytnya yaitu wawancara tahap awal atau psikotes awal. Pada tahap wawancara awal ini biasanya penanya hanya menanyakan beberapa identitas diri kita dan latar belakang diri kita. Dan ada juga yang menanyakan sedikit mengenai latar belakang tentang perusahaan.

Mengatasi Pertanyaan Kelebihan Dan Kekurangan Wawancara

Setelah lolos tahap wawancara awal biasanya pencari kerja akan melakukan tahapan wawancara user atau wawancara tahap akhir. Dimana pada tahap ini topik pembicaraan sudah mulai mendalam. Seperti menyakan posisi yang dilamar, menanyakan lebih detail tentang perusahaan, menanyakan potensi diri, kelebihan dan kelurangan diri, menanyakan solusi-solusi yang akan dilakukan jika mengalami beberapa tantangan, serta menanyakan gaji yang diinginkan. Tidak banyak orang yang diambil oleh perusahaan dalam proses ini. Biasanya perusahaan kecil hanya mengambil beberpa saja, ataupun perusahaan besar jika pembukaannya secara reguler pasti akan mengambil beberapa untuk mengisi posisi yang dibutuhkan saja. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah-masalah yang ada ketika sedang wawancara kerja. Beberapa pertanyaan yang diberikan emamng harus dijawab dengan jujur untuk melihat potensi pada posisi yang dilamar. Tentunya seorang pewawancara atau hrd biasanya menanyakan potensi diri kita yaitu mengenai kelebihan dan kekurangan diri. Pertanyaan ini sudah banyak di tanyakn oleh hrg. Tidak lain tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk mengetahui potensi pada diri kita, dan untuk melihat keselarasan antara potensi diri dengan posisi pekerjaan yang diambil. Serta untuk melihat karakter pekerja ketika nantinya dihadapkan dengan suatu masalah.

Berikut tips dan cara menjawab pertanyaan interview ketika pewawancara menanyakan kelebihan dan kekurangan diri:

  1. Kekurangan

Cara mengatasi untuk menjawab pertanyaan kekurangan yaitu:

  • Ceritakanlah Kekurangan Dengan Seminimal Mungkin Dan Beri Solusi Untuk Menyelesaikannya

ketika anda mendapat pertanyaan mengenai kekurangan tips yang pertaman adalah ceritakan atau sebutkan kekurangan anda tidak lebih dari dua. Jangan terlalu memberikan banyak kekurangan karena akan membuat perusahaan memberikan kesan jelek terhadap anda. Selain menceritakan kekurangan, sebaiknya anda juga memberikan contoh solusi untuk mengatasi kekurangan tersebut. Sehingga terkesan bahwa anda bisa mengelola kekurangan yanga da pada diri anda. Misalnya, kekurangan saya kurang perhatian terhadap hal-hal kecil, namun saya selalu membawa note dan mencatat hal-hal kecil tersebut supaya tidak lupa. Contoh berikutnya yaitu ketika saya fokus bekerja saya terkadang lupa makan dan istirahat, namun saya memiliki keluarga yang meberikan perhatian dan mengingatkan saya untuk makan dan istirahat ketika lelah bekerja.

  • Hindari Kekurangan Yang Sifatnya Secara Teknis

Kelemahan yang bersifat teknis yaitu kelemahan yang berkaitan dengan posisi pekerjaan. Sudah pasti anda tidak diterima dalam posisi tersebut. Misalkan anda melamar di posisi sales representative, ketika anda ditanya soal kekurangan anda menjawab kurang suka terhadap pekerjaan lapangan. Sudah pasti jawaban anda akan menggugurkan anda dari posisi yang dipilih. Karena posisi sales tersebut harus berani untuk bekerja dilapangan.

  • Menceritakan Perubahan Pada Kekurangan Yang Dimiliki

Pada dasarnya setiap orang memiliki kelemahan dalam beberapa bidang namun kelemahan tersebut dapat diatasi dengan adanya pelatihan. Jika anda memiliki kelemahan yaitu seorang yang pemalu, anda harus bekerja pada posisi yang berhubungan dengan banyak orang. Yang membutuhkan komunikasi dengan banyak orang, sehingga anda dapat mengatasi kekurangan tersebut. Sehingga nantinya ketika ditanya kekurangan, maka anda dapat menceritakan pengalaman kekurangan anda pada pekerjaan sebelumnya. Sehingga pewawancara tahu perubahan yang anda lakukan untuk mengatasi kekurangan tersebut.

  1. Kelebihan

Saat anda ditanya mengenai kelebihan, berikanlah jawaban yang membuat hrd terpukau dengan kemampuan anda. Berikanlah jawaban mengenai kelebihan anda yang sesuai dengan kualifikasi pekerjaan yang sedang anda lamar. Jangan menceritakan kelebihan yang tidak sesuai dengan kualifikasi pekerjaan. Hal tersebut akan membuat hrd merasa anda hanya omong kosong semata mengenai kelebihan. Jadi dalam menjawab kelebihan pun harus disesuaikan dengan posisi pekerjaan. Misalnya anda melamar pekerjaan pada posisi sebagai teknisi laboratorium. Ketika ditanyakan mengenai kelebihan jawaban yang tepat yaitu saya memiliki pengalaman pada bidang ini sebelumnya ketika kuliah dulu, pernah menjadi asiten laboratorium dalam 2 periode. Hal-hal seperti itulah yang dilihat karena bisa membantu meningkatkan kualitas diri anda juga dalam posisi yang di lamar.

Bagi anda para pencari kerja semoga tips ini dapat membantu anda ketika menghadapi wawancara. Masih banyak lagi contoh kasus lain untuk mengatasi pertanyaan ini. Sebaiknya tidak hanya secara teori saja tetapi dilakukan secara praktek juga dengan datangnya beberapa wawancara pada beberapa perusahaan, sehingga kita bisa mneyimpulkan jawaban yang terbaik dan sesuai untuk posisi yang akan kita ambil.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
1
100%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top