Kulit ku

Mengatasi Masalah Kulit Pada Remaja

Mengatasi Masalah Kulit Pada Remaja

Remaja sering kali mengalami berbagai masalah pada kulit. Hal ini wajar-wajar saja karena hormon pada remaja sedang mengalami pelonjakan dan kulit sedang melakukan penyesuaian terhadapnya. Meskipjn begitu hal ini perlu diatasi dengan benar agar tidak berkelanjutan. Apalagi berbagai masalah kulit tersebut sangat mengganggu aktivitas. Masalah kulit yang muncul tersebut juga dapat menurunkan rasa percaya diri pada remaja. Nah,kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mengatasi masalah kulit pada remaja :

sponsor: dr rochelle skin expert.

  1. Menghilangkan Jerawat.

Jerawat adalah salah satu masalah yang sering muncul pada remaja. Jerawat seringkali muncul pada dahi,hidung maupun pipi. Kemunculannya ditandai dengan munculnya benjolan pada kulit wajah yang biasanya berwadna merah,disertai dengan pori-pori yang melebar. Terkadang jerawat juga muncul disertai rasa hatal pada wajah. Jerawat memerlukan penanganan yang tepat agar tidak menjadi lebih parah dan meninggalkan bekas. Jadi pilihlah obat atau cream yang sesuai untuk menangani jerawat pada wajah anda. Jika anda ingin menghilangkan jerawat secara alami anda bisa menggunakan jeruk nipis. Cukup dengan mengoleskan potongan jeruk nipis pada wajah atau anda dapat memerasnya kemudian campurkan dengan madu baru oleskan pada wajah dan tunggu hingga kering. Kemudian bilas dengan air hangat.

  1. Keringat Yang Berlebih.

Remaja tentu sangat sangat rentan mengalami masalah keringat yang berlebuh. Terutama saat mereka melakukan aktivitas di luar rumah seperti olahraga dan aktivitas lainnya. Keringat yang berlebih sering muncul pada bagian ketiak,punggung,dada,serta di bagian lipatan tubuh lainnya. Apabila tidak ditangani dengan tepat dapat menimbulkan berkembangnya kuman pada tubuh. Hal ini juga dapat menimbulkan bau badan yang tidak sedap. Untuk mengatasinya anda dapat menggunakan deodoran ataupun parfum. Anda juga harus menjaga kebersihan tubuh anda jika anda mengalami keringat yang berlebih. Mandilah dengan teratur dan gunakan sabun yang dapat membunuh kuman yang ditimbulkan oleh keribgat yang berlebih.

  1. Bau Badan.

Sebelumnya kita membahas bahwa keringat yang berlebih dapat menimbulkan bau badan yang tidak sedap. Untuk mengatasinya anda fapat menggunakan deodoran atau untuk mencegah timbulnya bau badan anda dapat menggunakan daun sirih sebagai antiseptik alami. Daun sirih dapat membunuh kuman yang menempel pada tubuh. Juga dapat menghindarkan anda dari penyakit panu dan kutu air. Anda cukup merebus 3-5 helai daun sirih kemudian digunakan setelah mandi atau pada bilasan terakhir. Anda juga dapat menggunkan rebusan air daun sirih untuk mengobati jerawat pada wajah anda. Saat air rebusan mangih mengeluarkan uap anda dapat mengarahkan uap tersebut ke wajah anda kemudian setelah air dingin atau hangat anda dapat membasuh eajah anda dengan menggunakan air rebusan daun sirih tersebut. Anda alternatif lain untuk menghilangkan bau badan anda yaitu menggunakan kapur sirih. Pada saat mandi oleskan kapur sirih pada ketiak anda lalu bilas menggunakan air hingga bersih.

  1. Kulit Yang Terlalu Sensitif.

Kulit yang sensitif sangat rentan terhadap panas,alergi,gatal-gatal,dan timbul bercak merah karena pengaruh kosmetik. Bagi pemilik kulit yang sensitif sebaiknya memilih pembersih wajah yang tidak mengandung sukfat dan pilihlah pelembab yang sesuai dengan kulit. Hindari pemakaian produk kecantikan yang mengandung alkohol ataupun asam salisilat. Gunakan kosnetik yang kaya akan mineral lebih sesuai untuk kulit yang sensitif. Apabila anda memiliki alergi yang dapat menimbulkan kemerahan pada kulit sebaiknya hindari makanan yang dapat menimbulkan alergi tersebut. Anda jyga tidak boleh terlalu sering menggonta-ganti jenis make up yang anda gunakan karena dapat menilbulkan masalah pada kulit sensitif anda. Pastikan kulit sensitif anda terlindungi saat anda beraktivitas di luar ruangan.

  1. Munculnya Lingkaran Hitam Di Sekitar Mata.

Masalah kulit lainnya sering terjadi pada wajah. Salah satunya munvulnya lingkaran hitam pada daerah sekitar mata. Lingkaran hitam ini dapat disebabkan oleh dua hal yaitu karena keturunan dan karena usia. Apabila hal ini disebabkan karena keturunan maka anda tidak dapat mengobatinya,anda hanya dapat mencerahkannya dengan menggunakan eye cream. Jika hal ini disebabkan karena bertambahnya usia anda tidak dapat mencegahnya,anda bisa mengatasinya dengan sering memijat area sekitar mata agar peredaran darah berjalan dengan lancar dan mengurangi lingkaran hutam pada daerah sekitar mata anda.

  1. Masalah Kulit Kering Dan Pecah-Pecah.

Kulit kering dapat disebabkan berbagai macam hal. Untuk mencegahnya anda disarankan untuk perbanyak minum air putih. Karena air putih dapat menjaga kelembaban dan kesegaran kulit. Anda juga dapat mengoleskan bodylotion pada kulit anda untuk mengurangi kekeringan pada kulit anda. Sebaiknya anda merawat kulit anda dengan bodylotion sedari muda. Karena anda dapat lebih mudah menjaga kelembaban kulit anda sedari muda. Sehingga saat anda sudah bertambah umur masalah kulit kering tidak lagi ada.

  1. Kulit Kusam.

Masalah lain yang sering terjadi pada kulit adalah kulit kusam. Kulit yang kusam dapat membuat rasa percaya diri menjadi berkurang. Untuk mengatasinya anda dapat menggunakan lulur pada tubuh anda. Anda bisa menggunakan produk lulur siap pakai ataupun lulur alami yang bisa anda buat sendiri. Seperti kopi yang dapat anda gunakan sebagai scrub pada kulit. Atau anda dapat menggunakan lulur bengkoang,dengan cara menghaluskan bengkoang kemudian ambil sari airnya. Kemudian diamkan dalam mangkok sampai timbul endapan berwarna putih. Endapan itulah yabg dapar anda ghnakan sebagai lulur.

Itulah berbagai masalah yang dapat timbul pada kulit remaja dan cara untuk mengatasinya. Lakukan cara mengatasi masalah kulit pada remaja tersebut secara rutin agar hasil yang anda harapkan dapat tercapai.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top