Manfaat Buah

Mengaplikasikan Khasiat Jus Wortel Pada Konsumsi Harian

Mengaplikasikan Khasiat Jus Wortel Pada Konsumsi Harian

Wortel memang diciptakan sebagai sumber vitamin efektif yang membantu kesehatan mata juga tubuh. Selain nikmat dimanakan mentah, wortel juga dapat diolah menjadi minuman segar yang menyejukkan. Orang lebih senang menyebutnya jus wortel. Segelas jus wortel sudah memenuhi nutrisi harian tubuh salah satu paling berpengaruh adalah  senyawa beta-karoten yang penting untuk kesehatan mata.

Sponsor: cream perawatan wajah

Khasiat jus wortel pada konsumsi harian mampu meningkatkan kadar antioksidan sekaligus berperan menjaga kesehatan sistem  jantung, dan pembuluh darah. Disamping itu, manfaat jus wortel juga beragam. Buah kaya serat ini mampu melindungi sistem pencernaan dalam usus, pencegah gangguan diare dan sembelit. Akibat manfaatnya itu, sangat sayang jika wortel keluar dari menu harian kita.

Mengaplikasikan Khasiat Jus Wortel Pada Konsumsi Harian

Dalam 100 gram wortel tersimpan nutrisi sangat vital yakni mengandung vitamin A, C, D, dan vitamin E. Wortel adalah sumber karotenoid atau beta-karoten yang diperkaya serat dan antioksidan paling baik. Setidaknya ada kurang lebih 13 mg beta-karoten dalam wortel, vitamin B6 sekitar 30% dari angka kecukupan yang direkomendasikan. Buah sekaligus sayuran ini menjadi hidangan wajib di dalam setiap sajian sayur atau sop. Untuk menjaga kesegaran dan daya tahannya, wortel paling pas disimpan dalam kulkas dengan suhu dingin yang terjaga. Daya tahannya pun mampu hingga berminggu-minggu dalam frezer.

Saat diolah dalam bentuk minuman, jus wortel yang sehat dan lezat ini memiliki rasa yang kuat, dengan warnanya yang menggugah. Jus wortel mengandung sejumlah khasiat yakni meningkatkan kadar antioksidan dan menjaga sistem kardiovaskular. Menurut penelitian meminum sekitar 480 mL jus wortel secara teratur dapat meningkatkan kadar antioksidan dan menekan peroksidasi lipid. Yang paling penting adalah mengkonsumsinya dalam porsi sewajarnya. Kadar antioksidan juga dipercaya sebagai zat penjaga fungsi jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular). Meminum jus wortel dapat membuat tekanan darah sistolik menurun hingga 5%.

Manfaat lain adalah meningkatkan sistem imun akibat dari adanya sumber vitamin A. Vitamin A memiliki peranan dalam meregulasi sistem kekebalan tubuh terhadap perlawanan bakteri dan infeksi, sekaligus menstabilkan banyaknya sel-T untuk pelindung sirkulasi darah. Kemudian, jus wortel juga mampu menungkatkan aktivitas sel darah putih sebagai tempat perlindungan terhadap mikroba jahat dalam tubuh.

Paling utama adalah mengkonsumsi jus wortel yang paling segar, bukan yang telah lama di simpan dalam kulkas. Terlalu lama disimpan dalam kulkas dapat menyebabkan wortel mudah terkontaminasi bakteri botulisme. Segeralah minum saat jus wortel telah siap. Dan sebelum di blender, bersihkan dengan air. Selanjutnya, usahakan tidak mengonsumsi jus wortel secara berlebihan karena dapat menyebabkan karotenemia yaitu masuknya karoten terlalu tinggi dalam dalam darah. Tandanya, kulit akan menguning dalam waktu sementara atau disebut dengan pseudojaundice, dan akan kembali normal setelah penghentian.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top