Tips & Trik Parent

Mencegah Anak Kecanduan Game Online

Mencegah Anak Kecanduan GameBanyak anak sekarang bahkan hampir semua anak bermain Video game, permainan seperti ini banyak dimainkan pada zaman sekarang. Hal ini disebabkan oleh kemajuan zaman. Selain itu permainan zaman sekarang dapat dimainkan dimana saja seperti contoh memainkannya di Komputer atau PC, Console Gaming bahkan juga dapat dimainkan di ponsel. Banyak sekali orang tua sangat senang anaknya bermain game, dan berpendapat bahwa program-program dalam game adalah untuk pendidikan semata. Namun pada nyatanya adalah anak-anak memainkannya bukan untuk pendidikan namun untuk hiburan semata. Perlu orang tua ketahui bahwa tidak baik jika anak- anak memainkan game secara berlebihan maka akan membahayakan sang anak. Apalagi jika sampai kecanduan Game online, maka sulit sekali untuk melepasnya.

sponsor: cream pemutih wajah.

Tanda-tanda anak kecanduan pada game

Ada beberapa tanda tanda anak sedang kecanduan pada game, yang pertama, hampir semua waktu luang milik anak dihabiskan didepan PC atau console game lainnya untuk bermain game hingga ia lelah dan terus melakukan hal yang sama keesokan harinya. Yang kedua, jika anak menghabiskan masa lelahnya di sekolah dan di rumah hanya untuk bermain game maka anak sedang mengalami kecanduang game. Yang ketiga, sang anak jarang sekali mengerjakan tugas rumahnya bahkan ada juga yang tidak pernah mengerjakan tugas rumahnya sengan tepat waktu maka anak sedang kecanduan game. Yang keempat nilai anak selalu menurun dari biasanya karena sering main game dari pada belajar.

Selanjutnya, anak akan cenderung memilih untuk bermain game dan menghabiskan sebagian waktunya didepan Console game atau PC dari pada bermain dan bersenda hurau dengan teman sebayanya di rumah. Yang keenam, putusnya anak dari berbagai macam kegiatan sosial entah di rumah maupun juga di sekolah. Yang terakhir sang anak mudah sekali marah, bahkan sering sekali merasa gelisah pada saat tidak memainkan game kesayangannya tepat waktu. Namun  ada cara untuk mengatasi dan mencegah agar anak lepas dari kecanduan game tersebut dan kembali menjadi anak-anak yang normal pada umumnya.

Cara mencegah anak kecanduan game:

  • Bolehkan sang anak bermain game namun sesaat setelah ia mengerjakan tugas dari sekolahnya dan juga setelah belajar dan makan.
  • Membatasi penggunaan game yang digunakan oleh sang anak, agar anak tidak sering sering memainkannya hingga ia menjadi kecanduan game.
  • Mengekspose anak ke aktifitas lainnya sangat perlu agar anak tidak hanya melihat gamenya sehari hari dengan cara apapun itu yang membuatnya merasa senang.
  • Melakukan Rekreasi keluarga, dengan mengajak anak ke suatu tempat hingga anak tidak menyentuh game-nya pada hari itu, itu akan sedikit membantu agar anak tidak terlalu kecanduan game.
  • Mengikuti kegiatan olahraga sangat berguna bagi anak selain menyehatkan untuk tubuh sang anak itu akan membuat anak sedikit jauh dari gamenya dan fokus kepada kegiatan olahraga yang ia lakukan.
  • Kegiatan agama juga sangat penting sekali untuk mendekatkan diri anak terhadap sang pencipta dan mengenal agama lebih luas agar dapat berguna kelak.
0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top